7 Smartphone dan HP Buatan Indonesia yang Pernah Berjaya

Dunia smartphone kini memang telah mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai macam merek berlomba menghadirkan smartphone dengan kualitas terbaik. Namun, tahukah sobat bahwa ada lho HP buatan Indonesia yang pernah berjaya di pasar gadget Indonesia.

smartphone-buatan-indonesia
(source: pixabay.com)


Mungkin bagi sobat semuanya lebih akrab mendengar merek seperti Xiaomi, Samsung, iPhone, dan lain sebagainya. Namun, kita patut berbangga nih bahwa ada produk smartphone yang asli buatan Indonesia. Apa sajakah merek tersebut? Simak saja infonya di bawah ini.


7 Daftar HP Buatan Indonesia



1. Mito



Merek HP buatan Indonesia pertama adalah Mito. Nama Mito mungkin bagi generasi sekarang tidak banyak yang mengetahuinya. Namun, sejarah pernah mencatat bahwa Mito pernah menjadi 3 besar pabrikan smartphone di Indonesia lho sob!


Bahkan, pabrikan Mito ini bisa dikatakan sebagai pelopor munculnya pabrikan smartphone di Indonesia. Pabrikan ini resmi berdiri pada tahun 2006 silam sob. Target yang dituju oleh Mito kebanyakan kalangan menengah ke bawah. Oleh karena itu, kebanyakan produk Mito memiliki harga terjangkau sob.


2. Evercoss



Merek HP asli Indonesia selanjutnya adalah Evercoss. Sebelum bernama Evercoss, produk smartphone ini lebih dikenal dengan nama Cross Mobile. Pabrikan Evercoss memiliki pasar target serupa dengan Mito yakni kalangan menengah ke bawah.


Vendor Evercoss resmi berdiri pada tahun 2008 silam ini telah banyak membuat berbagai macam produk seperti tablet dan juga ponsel. Memiliki target kalangan menengah membuat harga dari produk Evercoss sangatlah terjangkau sob. 


Meski dikelola dan berdiri di Indonesia, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua komponen pembuatan produk smartphone Evercoss asli dari Indonesia. 


Terdapat juga komponen yang masih menggunakan produk buatan Jerman dan juga China. Well, meski begitu, pada masanya Evercoss pernah menjadi incaran banyak pecinta gadget lho sob.


3. Polytron



Nama Polytron tentu sudah tidak asing lagi bagi pengguna produk elektronik Indonesia. Pasalnya, nama Polytron merupakan produsen elektronik terkemuka sejak tahun 1970-an. Berbagai macam produk seperti TV, radio, dan tidak ketinggalan juga smartphone telah mereka produksi di Indonesia.


Sama seperti kedua produk sebelumnya, smartphone buatan Polytron juga memiliki harga terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Meski begitu, smartphone Polytron telah menggunakan beberapa spesifikasi yang lumayan. 


4. HiMax



HP buatan Indonesia selanjutnya adalah HiMax. Merek smartphone asli Indonesia ini resmi berdiri tepatnya pada bulan Oktober tahun 2012. Meski berlabel asli Indonesia, kenyataannya produk ini dimiliki oleh suatu tim asal jepang.


Produk smartphone HiMax dapat dikatakan memiliki spesifikasi dan tampilan yang keren sob. Bahkan, banyak orang yang kerap membandingkan produk buatan HiMax dengan produk smartphone ternama buatan Asus ataupun Xiaomi.


5. Digicoop



HP buatan Indonesia berikutnya ini dibuat oleh tim yang berasal dari ITB nih sob. Produk tersebut mereka beri nama Digicoop. Produk smartphone yang satu ini dibuat sesuai dengan syarat TKDN yang dianjurkan oleh Memkominfo Indonesia.


Smartphone ini digadang-gadang telah menggunakan koneksi LTE. Menariknya lagi, produk ini dikabarkan akan dijual dengan harga sekitar 1 jutaan saja. Wah, patut ditunggu nih sob kelanjutan dari pemasaran smartphone karya anak bangsa yang satu ini.


6. Advan



Nama Advan termasuk sudah akrab di telinga pecinta smartphone Indonesia. Pasalnya, vendor yang satu ini telah meluncurkan banyak produk smartphone. Vendor lokal ini resmi berdiri mulai tahun 2007 silam tepatnya di Jakarta sob.


Kehadiran smartphone Advan di pasar gadget Indonesia sempat memberikan warna baru bagi pecinta gadget Indonesia. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Advan adalah produk smartphone yang dibuatnya memiliki spesifikasi menawan namun harganya sangat terjangkau oleh berbagai kalangan.


7. Zyrex



Smartphone buatan Indonesia yang terakhir adalah Zyrex. Pada mulanya, merek yang satu ini hanya fokus di bidang komputer saja. Namun, melihat potensi besar pada dunia smartphone membuat vendor ini mulai memproduksi smartphonenya sendiri.


Smartphone buatan Zyrex dikenal memiliki spesifikasi yang lumayan gahar dengan harga yang terjangkau untuk berbagai kalangan masyarakat. Salah satu produk smartphone unggulan dari Zyrex adalah tablet SA-7321.


Itulah tadi 7 daftar HP buatan Indonesia yang pernah beredar di pasar gadget Indonesia. Bagaimana sob? Apakah ada salah satu merek yang pernah sobat gunakan? 


Well, sampai di sini saja artikel kali ini. Semoga informasi ini dapat berguna bagi sobat info semuanya ya. Jangan lupa share artikel ini jika sobat rasa dapat bermanfaat bagi orang lain.