Cara Memunculkan Artikel Blog di Google Dalam Waktu Singkat

Halo sobat info semuanya. Memunculkan artikel blog di google merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap blogger. Mengapa? Karena bagaimana orang bisa mampir ke blog atau websitejika artikel atau blog tidak muncul di pencarian?


cara-memunculkan-artikel-blog-di-mesin-pencarian-google


Sebenarnya, setiap artikel yang diposting cepat atau lambat akan terindex oleh google. Namun, terdapat cara memunculkan artikel blog di google lebih cepat yakni menggunakan google search console. Bagaimana cara kerjanya? Langsung saja simak infonya di bawah ini.

Apa Itu Google Search Console?


Google Search Console adalah suatu layanan yang diberikan oleh Google kepada para pengelola website atau blog untuk menambah besar peluang situs dan blognya untuk muncul di hasil pencarian.

Selain itu, kita dapat melihat laporan index blog atau website yang telah didaftarkan sebelumnya melalui website ini. Intinya adalah alat atau website ini akan membuat blog atau artikel dapat terindex lebih cepat.

Selain melakukan indexing, website ini juga dapat melakukan beberapa hal lain terkait dengan urusan indexing seperti validasi robot.txt, perayapan, submit sitemap, submit url, dan lain sebagainya. Semua fitur tersebut dapat memunculkan artikel blog di Goole dengan lebih cepat.

Pada awal kemunculannya, situs tersebut dikenal dengan nama Google Webmaster. Seiring dengan pengembangan yang dilakukan google, tepatnya pada bulan Mei 2015 Google Webmaster resmi mengubah namanya.



Kapan Waktu yang Tepat Mendaftar Google Search Console?


Waktu yang tepat mendaftar menurut mimin adalah pada saat sobat sudah memiliki website sejak awal. Semakin cepat blog atau website terindex google tentu akan semakin baik juga untuk performanya.


Oh iya sobat, kita dapat mendaftarkan lebih dari satu property. Jadi, bagi sobat yang berencana ingin membuat blog atau website dalam jumlah banyak dapat mendaftarkannya sekaligus.


Apa Saja Fungsi Google Search Console?


Seperti yang mimin sampaikan sebelumnya, website ini memiliki banyak sekali manfaat bagi blog atau website. Fungsi utama tentu memunculkan artikel blog di google. Namun, ada fungsi lain yang perlu diketahui. Apa saja itu? Simak informasinya di bawah ini.

1. Mengetahui Page Terpopuler di Situs


Pada setiap blog atau situs, pasti memiliki page yang paling populer di pencarian Google. Nah, dengan mendaftarkan situs ke website ini, pemilik website dapat mengetahui page mana yang memiliki popularitas paling tinggi untuk mendatangkan visitor.

Untuk mempermudah identifikasi halaman, sobat dapat urutkan page situs yang dimiliki dari CTR ataupun impression di Google Search Console. Dengan begitu, sobat dapat membuat konten yang disukai oleh visitor berdasarkan hal tersebut.

2. Mengetahui Keyword Paling Populer di Situs


Seseorang dapat menjangkau suatu situs blog melalui beragam keyword yang diketikkan di google. Nah, dengan menggunakan situs ini, kita dapat mengidentifikasi kata kunci mana yang paling sering dicari dan diketikkan di mesin pencarian google. 

Pada Google Search Console ini, kita dapat mencari tahu kemunculan website di halaman pencarian untuk berbagai macam kata kunci. Dengan begitu, pencarian kata kunci blog dapat menjadi lebih efektif dan dapat bersaing di mesin pencari google.

3. Mengatahui Perangkat Visitor


Informasi lain yang dapat diperoleh dari Google Search Console ini adalah perangkat yang digunakan oleh visitor yang mengunjungi situs kita. Kita dapat mengetahui apakah visitor yang datang banyak menggunakan perangkat PC atau gadget untuk mengunjungi suatu website.

4. Mengetahui Asal Visitor


Selain mengetahui perangkat yang digunakan visitor, kita juga dapat melihat lokasi visitor yang datang ke situs kita. Dengan fitur ini, kita dapat melihat dan menyesuaikan konten dengan demografi visitor blog sehingga proses optimisasi konten untuk visitor dapat lebih efektif.

5. Mengetahui Backlink Situs 


Memiliki backlink merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan peringkat dari website kita di mata mesin pencari. Nah, di website ini, kita dapat melihat backlink pada menu Link to Your Site.

Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat mengetahui situs mana yang menggunakan backlink ke situs kita. Wah, keren sekali bukan sob?

6.  Fitur Mobile Usability


Hal penting lain dari suatu situs, website, atau blog adalah mampu diakses dengan baik di perangkat mobile atau smartphone. Hal tersebut karena kini telah banyak orang yang memilih menggunakan smartphone untuk melakukan aktivitas internet seperti browsing ataupun streaming.

Nah, untuk itu, kita harus membuat tampilan dari website kita ramah dan dapat diakses dengan baik di perangkat smartphone. Pada situs ini, kita dapat mengecek Mobile Usability terhadap website kita.

Dengan begitu, kita dapat meningkatkan kinerja dan tampilan website kita di perangkat mobile seperti smartphone ataupun tablet. Google Search Console juga dapat memberikan rekomendasi dan langkah untuk meningkatkan mobile usability website kita.

7. Melakukan Submit Sitemap


Hal menarik lain dari situs ini adalah kita dapat mensubmit Sitemap dari website kita. Dengan begitu kita dapat memunculkan artikel blog di Google lebih cepat lagi. Blog kita juga akan semakin cepat dirayapi oleh google sehingga proses indexing dapat menjadi lebih cepat. 

8. Mengecek Broken Link


Adanya broken link pada website kita tentu akan membuat penilainan blog di mata Google menjadi jelek. Blog atau situs kita akan dianggap tidak ramah visitor sehingga akan tidak akan diprioritaskan oleh Google untuk di index. 

Nah, pada situs ini sobat dapat mengatasi semua hal tersebut. Sobat dapat mengecek link url broke yang ada pada website. Dengan begitu link dapat diperbaiki dengan segera untuk membuat situs blog menjadi lebih baik lagi.

9. Mengecek Security Website


Keamanan website merupakan hal penting bagi pemilik blog, toko online, ataupun platform website lainnya. Terdapat banyak sekali isu keamanan yang dapat menyerang situs seperti hacking, pencurian data, dan isu keamanan lainnya.

Bagusnya, pada situs ini kita dapat mengecek sekaligus mengidentifikasi masalah security di situs kita. Apabila terjadi hal yang mencurigakan, kita akan mendapatkan notifikasi dari Google Search Console agar kita dapat memperbaikinya dengan segera.

10. Menghapus URL


Pada saat melakukan perbaikan blog atau situs, biasanya kita akan menemukan masalah seperti broken URL atau error 404. Jika dibiarkan, tentu hal tersebut akan membuat visitor tidak nyaman ketika masuk dan klik URL tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan redirect url atau menghapus URL. Jika sobat ingin menghapus url, kini hal tersebut juga dapat dilakukan di situs ini. Kita cukup masukkan saja link url yang error dan ingin di hapus tersebut ke sana. Tunggu beberapa waktu, maka url tersebut akan hilang dari pencarian.

Bagaimana Cara Mendaftar Google Search Console?


Untuk mendaftarkan blog di situs ini sangatlah mudah. Hal yang kita butuhkan hanya situs saja. Pendaftaran ini juga bersifat gratis sehingga semua orang dapat mendaftarkan blognya. Bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini.


  1. Pertama, login akun google dan buka Google Search Console
  2. Pilih Add Property
  3. Kemudian, sobat akan diberikan pilihan untuk memasukkan URL. Kalau mimin lebih memilih yang bagian kanan sob karena lebih mudah ketika mensubmit url. 
    memunculkan-artikel-blog-di-hasil-pencarian-google
  4. Masukkan URL situs dengan lengkap
  5. Pilih "Continue"
  6. Selanjutnya, sobat akan disuruh pilih cara verifikasi. Terdapat banyak cara untuk verifikasi seperti lewat DNS server (untuk domain TLD), kode HTML, dan lain sebagainya. Jika sobat menggunakan blogspot, gunakan verifikasi Tag HTML sudah cukup. Untuk domain TLD, dapat lakukan verifikasi DNS server. 
  7. Selesai.
  8. Selanjutnya sobat tinggal menambahkan sitemap blog ataupun submit url.


Bagaimana Cara Submit URL dan Sitemap?


Cara submit url di situs ini sangat mudah sobat. Kita hanya perlu pilih pada menu "URL Inspection" dan masukkan link url yang ingin kita index. Ingat, waktu indexing url kita agar muncul di pencarian google berbeda-beda. 

cara-memunculkan-artikel-blog-di-mesin-pencarian-google


Semakin sering dan banyak konten atau url yang sobat submit biasanya akan membuat waktu indexing semakin cepat. Mimin pernah mencoba untuk mensubmit url blog sebanyak satu kali perhari. Hasilnya, proses indexing yang tadinya hanya hitungan detik menjadi hitungan hari.

Kemudian, mimin coba mulai menambah intensitas submit URL lebih banyak lagi setiap harinya. Hasilnya, proses indexing url menjadi lebih cepat lagi yakni hitungan detik saja. Itu menurut pengalaman mimin pribadi lho sob, jadi ya boleh diikuti boleh tidak. hehe

Sementara, untuk mengumpulkan sitemap, kita hanya perlu pilih pada bagian menu sitemap dan mensubmitnya. Sitemap yang saya gunakan pada blog ini sebenarnya hanya 3 yakni /sitemap.xml, /feeds/posts/default?orderby=updated, dan /atom.xml.

cara-memunculkan-artikel-blog-di-mesin-pencarian-google

Itulah tadi cara memunculkan artikel blog di google dengan cepat dan mudah. Tentu akan lebih mudah lagi jika sobat langsung mempraktekkannya kepada website atau blog yang dimiliki. Dengan begitu, sobat dapat memahami kegunaan situs ini untuk pengembangan website kalian.