7 Cara Mengatasi Sariawan di Lidah dengan Mudah dan Alami

Sariawan memang bukanlah penyakit yang berbahaya. Meski begitu, terkena sariawan sangatlah mengganggu terlebih lagi jika sariawan muncul di lidah. Rasa perih dan tidak enak akan muncul pada saat makan dan minum. Sebenarnya, cara mengatasi sariawan di lidah tidak terlalu sulit.


penyebab-munculnya-sariawan


Nah, untuk lebih jelasnya, sobat dapat simak info tentang sariawan dan cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Munculnya Sariawan


Sariawan dapat terjadi karena berbagai macam hal medis seperti stress, infeksi HIV, merokok, efek samping obat, perubahan hormon, dan berbagai kondisi medis lain.

Selain karena kondisi medis, munculnya sariawan biasanya juga disebabkan karena adanya infeksi di mulut. Infeksi tersebut dipicu karena adanya jamur pada mulut.

Sariawan memiliki penampakan layaknya luka selaput yang berwarna putih. Sariawan tidak hanya muncul di bagian lidah tetapi juga pada bagian lain seperti amandel, gusi, dan tenggorokan bagian belakang.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah dengan obat anti jamur


Sariawan biasa atau yang bukan karena infeksi jamur pada umumnya akan sembuh sendiri dalam waktu tertentu. Akan tetapi, untuk sariawan yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur maka perlu adanya bantuan dari obat anti jamur.

Cara mengatasi sariawan di lidah dengan obat jamur perlu dilakukan untuk membuat pertumbuhan jamur di bagian yang luka berhenti. Obat yang bisa sobat konsumsi dapat berbentuk cair ataupun tablet.

Obat anti jamur yang mimin sarankan adalah Clomatrizole. Obat ini berbentuk tablet yang akan larut ketika dikunyah di mulut. Selain Clomatrizole, sobat juga dapat coba obat nystatin. Obat yang satu ini merupakan jenis obat kumur yang dapat ditelan.

Apabila sariawan tidak kunjung mengalami perkembangan positif, ada baiknya sobat memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada lidah sobat.

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah yang Bisa dilakukan di Rumah


Untuk mengurangi rasa perih dan sakit yang disebabkan sariawan, sobat dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Hindari Menggunakan Spray Obat Kumur


Langkah ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya flora pada mulut kita. Namun, apabila dokter merekomendasikan boleh menggunakan obat kumur ini, sobat boleh menggunakannya.

2. Menyikat Gigi


Terjadinya sariawan erat kaitannya dengan kebersihan mulut kita. Untuk itu, penting sekali menjaga kebersihan mulut kita. Sobat dapat menyikat gigi sebanyak 2 kali setiap hari.

Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi apabila sudah lama. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya jamur yang nantinya dapat menimbulkan infeksi.

Selain itu, sobat sebaiknya jangan berbagai sikat gigi dengan siapapun. Hal ini untuk menghindari adanya jamur atau bakteri yang ada pada orang lain.

3. Mengonsumsi Yoghurt


Cara mengatasi sariawan di lidah berikutnya adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Hal ini bertujuan untuk menormalkan bakteri baik yang ada pada tubuh kita.

Ingat, yoghurt yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang tanpa pemanis dengan kandungan lactobacillus acidophilus.

4. Konsumsi Air Putih


Minum air putih rupanya juga mampu untuk meringankan sakit sariawan sob. Minumlah air putih dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Apabila terasa sakit pada saat minum, sobat dapat menggunakan bantuan sedotan.

5. Konsumsi Makanan Lembut


Ketika sariawan melanda terlebih lagi di lidah tentu akan membuat sobat susah dan merasa sakit ketika mengonsumsi makanan biasa. Untuk mengurangi rasa perih dan sakit, sebaiknya sobat mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut seperti krim ataupun agar-agar.

6. Mengurangi Asupan Makanan yang mengandung ragi dan gula


Hal ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab infeksi sariawan menjadi lebih luas lagi.

7. Kumur Menggunakan Air Campur Garam


Cara yang terakhir adalah dengan berkumur dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan garam. Caranya cukup dengan mencampur air hangat dengan setengah sendok teh garam.

Kemudian, kumur dengan air campuran tersebut dan buang. Untuk mendapatkan hasil yang baik, sobat dapat melakukan kumur air garam ini dalam beberapa kali sehari.

Cara mengatasi sariawan di lidah seperti di atas dapat sobat coba ketika penyakit tersebut datang. Namun, sebaiknya sobat menjaga kebersihan mulut daripada harus mengalami sariawan yang mengganggu.