Cuaca Ekstrem, Simak Tips Agar Tidak Tersambar Petir Berikut Ini

Halo sobat info semua. Di antara sobat semuanya, apakah ada yang takut pada petir? Tenang, itu hal yang wajar kok. Siapa sih di dunia ini yang tidak takut tersambar petir? Nah, untuk mengurangi rasa takut tersebut, mimin akan berikan nih tips agar tidak tersambar petir sob.

menghindari-sambaran-petir



Sebenarnya, munculnya petir yang menggelegar itu adalah hal yang alami dan wajar-wajar saja. Hanya saja, terkadang peting dapat menyambar benda-benda di sekitar kita termasuk manusia sob. Eits, tetapi tidak usah terlalu takut sob. Selama kita tahu cara untuk menghindarinya semua akan baik-baik saja.


Tips Agar Tidak Tersambar Petir



1. Hindari Berjalan Dengan Kaki Telanjang



Sambaran petir dapat menimbulkan efek tidak hanya di titik sambaran tetapi juga di daerah sekitarnya. Apabila petir menyambar tanah, maka efeknya akan dirasakan juga pada area sekitar sambaran. 


Untuk itu, apabila kita sedang berada di luar rumah pada saat ada petir lebih baik selalu menggunakan alas kaki. Hal ini bertujuan agar efek sambaran petir tidak merambat ke tubuh kita sob.


Namun, jika kita sedang berada di dalam ruangan, tidak terlalu menjadi masalah untuk tidak menggunakan alas kaki.


2. Berlindung di Dalam Bangunan



Tips berikutnya agar tidak tersambar petir adalah dengan berlindung di dalam sebuah bangunan. Namun, jangan berlindung di sembarang bangunan sob seperti gubuk dekat sawah dan sejenisnya. Berlindunglah pada bangunan yang kokoh seperti rumah atau gedung.


Oh iya, kita juga tidak disarankan untuk berlindung di bawah pohon yang tinggi sob. Hal itu karena kadang petir juga dapat menyambar pohon tinggi sehingga dapat membahayakan siapa saja yang berlindung di bawahnya. 

3. Jangan Menggunakan Telepon atau Ponsel



Bagi sobat yang masih memiliki dan berlangganan telepon rumah, ada baiknya untuk berhati-hati ketika petir melanda. Untuk mengantisipasi tersambar petir, lebih baik sobat cabut kabel telepon tersebut. 


Hal tersebut karena pada saluran tersebut terdapat pipa dari logam yang sangat baik untuk menghantarkan aliran listrik yang berasal dari sambaran petir.


Jika tidak, takutnya pada saat kita asyik telepon petir dapat menyambar sewaktu-waktu. Untuk itu, lebih baik sobat copot saja atau menghindari menggunakan telepon kabel rumah pada saat sedang terjadi hujan petir.


Selain telepon rumah, mimin juga sarankan agar sobat tidak menggunakan HP atau smartphone pada saat sedang terjadi hujan petir. Memang sih, ponsel atau smartphone tidak memiliki kabel di perangkatnya. Namun, elemen perangkat smartphone kan terbuat dari logam sob. 


Takut-takutnya nih, ponsel kita dapat menghantarkan listrik akibat sambaran petir yang dekat dengan sobat berada. Untuk keamanan, kita sebaiknya menahan diri dulu untuk tidak menggunakan ponsel atau telepon rumah pada saat terjadi hujan petir.


4. Jangan Main Air atau Berenang



Tips agar tidak tersambar petir yang terakhir adalah menghindari area yang ada airnya seperti kolam renang, kamar mandi, dan lain sebagainya. Jadi, jika sobat sedang asyik berenang dan cuaca sudah terlihat mendung, ada baiknya untuk segera menepi dan berhenti.


Ingat sob, air merupakan salah satu benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. Sambaran petir yang memiliki daya listrik yang besar tentu akan dapat merambat dengan mudah di air sob. Takutnya nih, pada saat asyik berenang kita akan terkena efek sambaran petir yang terjadi di dekat kita berada sob.


Nah, itulah tadi tips agar tidak tersambar petir yang dapat sobat lakukan. Mengingat negara Indonesia memiliki cuaca yang cukup ekstrem terutama di musim hujan, ada baiknya kita selalu waspada dan berusaha menghindari kemungkinan terburuk yang bisa menimpa seperti banjir, sambaran petir, dan lain sebagainya.