Info dan Update Gaji Pegawai Hotel di Indonesia Terbaru

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh turis lokal maupun internasional. Untuk itu, tidak mengherankan jika bisnis perhotelan begitu menjamur. Hal tersebut tentu juga berimbas pada besaran gaji pegawai hotel yang ada di Indonesia. Terlebih lagi bagi para pegawai hotel bintang lima. 

gaji-karyawan-hotel


Terkait dengan hal tersebut, kali ini mimin akan memberikan informasi seputar dunia perhotelan meliputi gaji dan fasilitas yang diperolehnya. Tertarik? Makanya jangan buru-buru untuk close tab. Sebaiknya simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini sob.

Gaji Pegawai Hotel di Indonesia


Pada umumnya, setiap pegawai hotel akan mendapatkan gaji yang terdiri dari gaji pokok dan tambahan dari uang tip (untuk karyawan yang berkaitan dalam hal pelayanan customer) ataupun service charge.



Untuk besarannya sendiri tergantung pada kualitas hotenya sendiri sob. Contohnya, para pegawai dan karyawan tingkat housekeeper hotel dengan label bintang 5 akan mendapatkan gaji sekitar 4 sampai dengan 5 juta rupiah setiap bulannya. Belum lagi ditambah dengan uang tip dari para customer tentu akan menambah pundi-pundi kantongnya.



Selain itu, tingkat occupancy dari hotel juga menjadi salah satu tolok ukur besaran gaji para pegawai hotel sob. Hotel dengan occupancy yang tinggi (Lebih dari 90%) maka akan memberikan pengaruh terhadap gaji setiap pegawainya.



Sementara itu, untuk hotel yang memiliki kelas bintang 4 di Jakarta dengan occupancy rataan mencapai 70% akan memberikan salary dikisaran 3 jutaan setiap bulannya. Di sisi lain, para pegawai di hotel Bali dapat menerima gaji kurang lebih 5 juta setiap bulan. Jadi, terdapat banyak faktor yang menentukan jumlah salarynya sob.


Fasilitas Karyawan Hotel


Para pegawai hotel pada umumnya berasal dari lulusan sekolah khusus perhotelan ataupun kuliah ilmu perhotelan. Selain itu, peluang juga terbuka bagi siapa saja yang berminat untuk menekuni bidang tersebut asalkan mampu memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku.



Setelah sebelumnya membahas tentang kisaran gaji karyawan hotel di bagian sebelumnya, kali ini lanjut ke fasilitas-fasilitas yang diterima oleh para pegawai. Apa sajakah fasilitas yang diterima?



Pertama, para pegawai akan memperoleh fasilitas bernama meal allowance atau makan gratis. Biasanya, para karyawan akan memperoleh jatah makan gratis ini sekali setiap hari.



Selain itu, para karyawan yang berhubungan dengan tamu seperti housekeeper, front office, dan posisi lain yang serupa dapat memperoleh tip dari para tamu dan customer. Tentu tip tersebut diberikan sebagai apresiasi atas pelayanan memuaskan yang dirasakan oleh para tamu.



Para pegawai juga memiliki fasilitas lain seperti medical check up 24 jam, pelatihan karier, laundry gratis, dan tentunya fasilitas seragam berkerja.



Itulah beberapa informasi terkait gaji pegawai hotel  di Indonesia beserta fasilitas yang didapatkannya. Bagaimana? Apakah sobat tertarik untuk mencoba bergabung di dunia perhotelan? Jika iya, segera persiapkan segala persyaratannya sob. Well, sampai di sini saja artikel kali ini, sampai jumpa di artikel mister songga selanjutnya sobat.