20 Daftar Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang hampir disukai oleh banyak orang. Bersyukurnya, kita tinggal negara dengan banyak sekali destinasi wisata yang dapat kita kunjungi. Nah, salah satu destinasi populer adalah kota Surabaya. Tempat wisata di Surabaya dikenal memiliki panorama indah dan khas akan wisata alamnya.

tempat-wisata-di-surabaya



Selain itu, kalian juga akan dibuat ketagihan dengan berbagai masakan kuliner khas kota pahlawan tersebut. Penasaran apa sajakah tempat-tempat tersebut? Langsung saja mimin berikan informasinya untuk kalian semua berikut ini.


Daftar Tempat Wisata di Surabaya



1. Wisata Mangrove



Lokasi pertama tempat wisata di Surabaya adalah ekowisata Mangrove. Ekowisata tersebut berada tepatnya di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Kecamatan Rungkut, Surabaya sob. Jika berpatokan pada pusat kota, kalian tidak perlu menempuh waktu yang lama karena jaraknya tidak terlalu jauh.


Untuk masuk ke tempat tersebut, kalian harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tenang, cukup dengan 5 ribu rupiah per orang saja kalian sudah dapat masuk dan menikmati rimbunnya hutan mangrove tersebut.


Tidak hanya itu saja, Ekowisata Mangrove juga memberikan wisata edukasi terutama tentang tanaman bakau. Jadi, sangat cocok sekali apabila kalian membawa serta anak-anak ketika berlibur di wisata hutan bakau ini. Anak dapat belajar mengenal lingkungan dan menjaga kelestarian alam khususnya tentang tanaman bakau atau Mangrove.


2. Bambu Keputih



Masih seputar wisata alam, tempat wisata di Surabaya berikutnya adalah Hutan Bambu Keputih. Sesuai dengan namanya, tempat tersebut merupakan hutan bambu. Tidak hanya satu jenis bambu saja, namun terdapat berbagai macam jenis bambu yang tumbuh di hutan tersebut.


Oh iya sob, sebelum dijadikan sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Surabaya, Hutan Bambu Putih adalah tempat pembuangan sampah yang sudah tidak digunakan. Namun, tempat tersebut kemudian disulap menjadi ruang hidup tanaman hijau dan berbagai macam jenis bambu.


Selain pohon bambu, adanya pohon sakura juga menjadi salah satu daya tarik tempat tersebut. Banyak orang berfoto menggunakan latar bunga sakura yang dikenal sangat indah. Tertarik sob? Jika iya, kalian dapat langsung saja ke lokasinya yang beralamat di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya. Dijamin deh kalian tidak akan menyesal. Ok sob?


3. Kebun Bibit



Jika sobat ingin mencari tempat wisata yang berhubungan dengan satwa atau fauna, Kebun Bibit merupakan salah satu jawabannya. Tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Manyar No 80A, Baratajaya, Gubeng, Kota Surabaya tersebut menawarkan keindahan alam dan juga faunanya.


Kebun Bibit memiliki suasana suasana taman yang rimbun dan juga asri. Sementara bagi yang mengajak anak, kalian dapat membawanya ke wahana Outbond ataupun tempat Playground yang disediakan oleh pihak pengelola kebun.


Selain menikmati alam yang asri nan sejuk, para pengunjung juga dapat berinteraksi dengan rusa. Lalu, berapa tiket masuknya min? Hmm, sobat tidak usah khawatir, untuk memasuki kawasan Kebun Bibit ini tidak dikenai biaya masuk. Bagaimana sob? Menarik bukan?


4. Food Junction Grand Pakuwon



Lanjut ke destinasi wisata yang berikutnya yakni Food Junction Grand Pakuwon. Melihat dari namanya, sobat pasti tahu tempat seperti apa ini. Yap, betul sekali. Tempat tersebut merupakan destinasi wisata yang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam tetapi juga kulinernya sob.


Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Grand Banjar Boulevaed, Tandes Margomulyo, Banjar Sugihan, Surabaya Barat tersebut didesain dengan luar biasa. Para pengunjung dapat menikmati indahnya danau buatan dan berbagai macam kuliner lezat baik dari lokal ataupun mancanegara.


Mimin jamin sob, kalian pasti akan mengalami kebingungan ketika memilih makanan. Kenapa? Karena terdapat lebih dari 100 stand makanan yang dapat kalian pilih sob. Bingung deh bingung.


5. Ken Park Surabaya



Ken Park atau Kenjeran Park menjadi tempat wisata di Surabaya berikutnya yang tidak boleh sobat lewatkan. Lokasi ken park tidak jauh dari Pantai Kenjeran yakni kurang lebih hanya 1 km. Beberapa objek yang dapat kalian kunjungi di Ken Park adalah Replika Temple of Heaven China, Klenteng Sanggar Agung, dan berbagai objek menarik lainnya.


Bagi sobat yang gemar berfoto ria, tempat wisata yang berlokasi di Jalan Pantai Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Kota Surabaya ini merupakan pilihan yang tepat.


6. Tanjung Perak



Siapa yang tidak tahu nama tempat wisata yang satu ini. Bahkan, terdapat sebuah lagu yang membahas mengenai tempat tersebut. Yap, tempat tersebut adalah Tanjung Perak atau orang menyebutnya Pelabuhan Tanjung Perak.


Tempat wisata di Surabaya ini sangat cocok bagi sobat yang gemar fotografi nih. Soalnya, pelabuhan khas kota Surabaya tersebut dikenal memiliki pemandangan senja yang begitu indah dan eksotis. Warna khas langit sore jingga ditambah dengan siluet dari kapal-kapal di laut tentu akan menghasilkan hasil jepretan yang begitu indah sob.


Jika kalian tertarik untuk mendatangi tempat wisata di Surabaya yang satu ini, kalian dapat langsung saja cari alamat Kelurahan Perak Timur, Pabean Cantikan, Kota Surabaya. Langsung saja cari di google maps pasti ada sob. Cus lah kuy!


7. Air Mancur Menari 



Lanjut ke tempat wisata di Surabaya selanjutnya yakni Air Mancur Menari. Air mancur tersebut terletak di kawasan pesisir Pantai Kenjeran sob. Objek tersebut merupakan salah satu bagian dari jembatan megah sepanjang 800 meter. Air mancur tersebut dibuat untuk “Menari” dengan iringan lagu dari Surabaya.


Selain terkenal dengan air mancur menari, pada jembatan Kenjeran tersebut juga sering dijadikan spot foto selfie oleh banyak orang. Hal tersebut karena pada bagian jembatan dihiasi oleh lampu gemerlap yang begitu indah di malam hari.


8. Surabaya Carnival Night Market



Surabaya Carnival Night Market memiliki konsep yang hampir sama dengan Batu Night Spectacular. Pada tempat wisata di Surabaya tersebut, para pengunjung akan disuguhi dengan berbagai macam wahana menarik. Sesuai namanya, tempat tersebut dapat kalian nikmati pada malam hari sob.


Untuk tiket masuk, harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal kok. Cukup 10 ribu rupiah saja, kalian dapat masuk ke lokasi tersebut. Namun, untuk mencoba berbagai wahana di dalamnya, kalian akan dikenakan biaya lagi sekitar 15 ribuan saja setiap wahana. Menarik bukan?


Oh iya, untuk alamat lengkap dari Surabaya Carnival Night Market adalah di Jalan Ahmad Yani No. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya. Jadi, jangan sampai salah lokasi ya sob!


9. Surabaya North Quay



Tempat wisata di Surabaya yang satu ini cukup unik sob. Hal tersebut karena Surabaya North Quay berada di lantai dua dan tiga pada Terminal Gapura Surya Nusantara, Perak Utara, Surabaya. Perlu kalian ketahui, tempat tersebut merupakan salah satu tempat berlabuhnya kapal pesiar internasional sob.


Hal yang ditawarkan di Surabaya North Quay adalah pemandangan malam yang begitu indah. Para pengunjung dapat melihat pemandangan malam nan indah di sepanjang Pelabuhan Tanjung Perak dari tempat tersebut.


10. Balai Kota Surabaya



Bagi sobat yang menggemari seni arsitektur klasik, rasanya sangat tepat untuk mengunjungi Balai Kota Surabaya. Pasalnya, kalian dapat menikmati swafoto dengan latar bangunan megah pada tempat wisata di Surabaya tersebut. Tidak hanya itu saja, terdapat juga tempat pameran yang menjual berbagai oleh-oleh khas kota Pahlawan ini.


Di malam hari, kalian juga dapat mengambil spot foto di Balai Kota Surabaya sob. Tepatnya, ada di bagian depan lokasi. Di sana, telah diaplikasikan tulisan yang dapat menyala sehingga dapat kalian jadikan latar belakang foto. Lokasi Balai Kota Surabaya ini terletak di jalan Walikota Mustajab, Surabaya.


11. Tugu Pahlawan



Dikenal sebagai kota pahlawan, tentu belum afdol rasanya jika belum mengunjungi tempat wisata di Surabaya yang penuh dengan sejarah. Nah, salah satu tempat tersebut adalah Tugu Pahlawan. Tugu tersebut merupakan salah satu ikon dari kota Surabaya sob, jadi tidak heran kalau keberadaannya dikenal oleh seantero negeri.


For your information, Tugu Pahlawan didirikan sebagai salah satu pengingat tentang peristiwa 10 November tahun 1945 silam sob. Pada waktu itu, para pejuang surabaya atau dikenal dengan arek Suroboyo berjuang mempertaruhkan nyawa untuk melawan pasukan Inggris dan Belanda sob. Berdasarkan perjuangan tersebut, pada tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari pahlawan. Begitu sob ceritanya.



Di lokasi tersebut, kita juga dapat mempelajari sejarah kota Surabaya melalui foto dan informasi yang terdapat di sekitaran Tugu Pahlawan sob. Jadi, selain dapat berfoto di bangunan ikonik dan bersejarah, kita juga dapat menambah pengetahuan dan jiwa nasionalisme kita sob. Keren bukan?


12. House of Sampoerna



Masih dari kategori wisata edukasi, tempat wisata di Surabaya berikutnya adalah House of Sampoerna. Destinasi tersebut merupakan sebuah museum sekaligus tempat edukasi mengenai hal yang berkaitan dengan industri rokok di Indonesia, khususnya produk Sampoerna.


Setelah puas berkeliling museum, kalian juga dapat lanjut untuk menaiki bus khusus wisatawan bernama Surabaya Heritage. Bus tersebut akan membawa pengunjung untuk melakukan tapak tilas masa lalu dari kota Surabaya. Kabar baiknya, untuk menikmati bus tersebut kalian tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.


Oh iya, alamat lengkap dari House of Sampoerna tersebut ada di Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Surabaya. Jadi, jangan sampai tersesat ya sobat. Hehehe.


13. Ciputra Waterpark



Pada saat tiba di Surabaya, mungkin kalian akan merasakan cuaca yang cukup terik dan panas. Jika sudah begitu, tentu tubuh kita ingin menikmati sesuatu yang segar dan dingin. Nah, jika benar demikian, kalian tidak perlu pusing sob akan hal tersebut. Langsung saja datang ke tempat wisata di Surabaya bernama Ciputra Waterpark.


Di Ciputra Waterpark yang berlokasi di Citraland, Sambikerep, Surabaya ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana air yang tentunya seru dan mengasyikkan. Wahana seluncuran, kolam arus, dan masih banyak lagi wahana lain yang dapat kalian coba.



Mimin rasa, membawa keluarga ke Ciputra Waterpark merupakan salah satu solusi untuk mengatasi gerah dan panasnya cuaca di Kota Pahlawan ini sob. Gerah hilang, kesejukan pun datang.


14. Taman Bungkul



Jika sobat sudah bosan berwisata sejarah dan alam, kalian dapat coba nih tempat wisata di Surabaya bernama Taman Bungkul. Ruang publik yang berada di daerah Wonokromo, Surabaya ini merupakan tempat berkumpulnya warga Surabaya dari berbagai macam komunitas seperti BMX, Skateboard, dan lain sebagainya.


Selain itu, pada Taman Bungkul juga dilengkapi dengan fasilitas WIFI gratis dan juga set panggung terbuka untuk mengadakan pertunjukan. Tentu dengan adanya hal tersebut, para pengunjung bisa betah untuk meluangkan waktunya di Taman Bungkul.


For your information nih sob, pemberian nama Bungkul menurut beberapa sumber diambil dari nama tokoh pemuka Agama Islam di Surabaya yaitu Ki Ageng Supo. Beliau sering disapa dengan nama Sunan Bungkul. 


Nah, beliau dinilai memberikan inspirasi bagi orang banyak untuk membuat taman. Maka dari itu, pemkot Surabaya terinspirasi dan menggunakan nama tersebut untuk Ruang Publiknya.


15. Kebun Binatang Surabaya



Tempat wisata di Surabaya yang dapat kalian kunjungi adalah Kebun Binatang Surabaya. Perlu kalian ketahui, kebun binatang tersebut merupakan salah satu yang tertua di Indonesia lho. Bahkan, menurut beberapa sumber, kebun binatang tersebut sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu.


Di kebun binatang tersebut, terdapat sekitar 315 spesies fauna yang hidup. Jadi, kalian akan dipuaskan dengan banyaknya variasi satwa di Kebun Binatang Surabaya.


Lanjut ke urusan tiket masuk. Untuk dapat memasuki kebun binatang ini, kalian diharuskan membayar tiket seharga 15 ribu rupiah di hari biasa dan sebesar 20 ribu rupiah di akhir pekan ataupun hari libur. Bagaimana sob? Tertarik untuk berkunjung di Kebun Binatang Surabaya ini?


16. Gereja Katolik Santa Perawan Maria



Setelah tadi dibahas tentang tempat wisata alam, fauna, ruang publik, kuliner, dan edukasi di Surabaya, sekarang lanjut ke tempat wisata di Surabaya khusus religi bagi umat katolik. Yap, tempat tersebut bernama gereja katolik Santa Perawan Maria.


Gereja tersebut dibangun dengan menggunakan style arsitektur ala Eropa sob. Sementara untuk bagian interior, Gereja Santa Perawan Maria memiliki desain yang begitu indah. Sebagai info tambahan nih sob, rupanya gereja tersebut merupakan gereja tertua di Kota Surabaya.


Orang yang berada di balik berdirinya gereja megah nan indah di Surabaya ini adalah seorang pastor dari Belanda bernama Hendricus Waanders. Meski bangunan tersebut telah berumur tua, namun hingga sampai saat ini Gereja Santa Perawan Maria masih berdiri kokoh di tengah kota Surabaya.


17. Kampung Bulak



Di Surabaya juga terdapat kampung wisata yang layak untuk kalian kunjungi sob. Kampung tersebut bernama Kampung Bulak. Konsep dari kampung tersebut hampir sama dengan kampung Warna-Warni yang ada di Malang. Rumah dari penduduk di Bulak dihiasi dengan cat berwarna merah, biru, dan juga hijau.


Di kampung tersebut, terdapat banyak spot foto yang instagramable sob. Jadi, kalian akan puas untuk berfoto ria di sana. Untuk masuk ke kampung wisata tersebut, para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar dua ribu rupiah saja.


Wisata Kampung Bulak di buka mulai dari jam 8 pagi sampai dengan 10 malam. Jadi, kalian tidak boleh sampai kelewatan untuk dapat berkunjung ke kampung yang terletak di utara Pantai Ria Kenjeran ini sob.


18. Monumen Kapal Selam



Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah Monumen Kapal Selam. Kapal pada monumen tersebut merupakan KRI Pasoepati 410 yang dulu pernah digunakan dalam operasi Trikora sob. Setelah kapal tersebut tidak digunakan, pada akhirnya dijadikanlah sebagai monumen.


Di monumen tersebut, sobat dapat merasakan keindahan interior dari sebuah kapal selam militer. Untuk menambah wawasan pengunjung, pihak pengelola juga menambahkan informasi pengoperasian kapal dan juga sejarah kapal tersebut. Para pengunjung juga dapat menyaksikan karya film pendek tentang pertempuran di Laut Aru.


Jika ingin mendatangi tempat wisata di Surabaya ini, kalian dapat langsung menuju Jalan Pemuda no 39, Embong Kaliasin, Genteng.


19. Jembatan Merah



Bagi para pelancong yang ingin menikmati suasana vintage bekas peninggalan Belanda, kalian dapat menjumpainya di Jembatan Merah. Menurut beberapa sumber, jembatan tersebut merupakan saksi bisu tentang perjuangan pahlawan pada masa perjuangan.


Suasana vintage khas Belanda begitu kental terlihat dari arsitektur bangunan Jembatan Merah. Oleh karena itu, banyak pelancong dan warga Surabaya yang memilih untuk menikmati suasana sore dan berselfie ria di tempat tersebut.


Jembatan Merah tersebut terletak di Jalan Kembang Jepun, Nyamplungan, Surabaya. Jadi, jika berada di Surabaya tidak ada salahnya mengunjungi tempat tersebut sob. Bisa juga bagi sobat yang ingin melakukan pre wedding di tempat tersebut. Pasti hasilnya begitu classy dan kesan vintage-nya begitu kuat.


20. Monumen Bambu Runcing



Tempat wisata di Surabaya terakhir yang layak kalian kunjungi adalah Monumen Bambu Runcing. Memiliki predikat Kota Pahlawan, tentu Surabaya memiliki berbagai macam Monumen kenangan tentang perjuangan rakyat Indonesia melawan para penjajah.


Pemberian nama bambu runcing dinilai dapat menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia sob karena perjuangan zaman dulu identik dengan senjata tersebut. Jika ingin ke Monumen Bambu Runcing, sobat langsung saja cari di Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya sob.  Oke?


Selain dapat memperoleh kesan perjuangan dalam merebut kemerdekaan, di Monumen Bambu Runcing juga menyediakan berbagai macam tempat menarik lainnya seperti kolam buatan, taman tanaman hias, dan juga air mancur. Jadi, pengunjung dapat bersantai dan berfoto ria di Monumen ini.


Itulah tadi beberapa tempat wisata di Surabaya yang layak untuk kalian kunjungi. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi sobat info semuanya yang akan dan ingin berlibur ke kota Pahlawan. Well, sampai di sini saja artikel kali ini dan sampai bertemu lagi di artikel Mister Songga berikutnya.