5 Penyebab Telkomsel Lag Main Mobile Legends

Game Mobile Legends kini tengah menjadi primadona dikalangan pecinta game smartphone. Berbagai macam kalangan baik muda hingga dewasa semua memainkan game tersebut. Meski begitu, rupanya keluhan juga masih ada. Banyak player sering mengeluhkan Telkomsel lag main mobile legends.

telkomsel-lag-mobile-legends
(source: pixabay.com)


Menanggapi hal tersebut, banyak spekulasi berhembus seperti Telkomsel tidak support ML dan lain sebagainya. Namun, sebelum masuk ke ranah tersebut, ada baiknya kita cek terlebih dahulu faktor lain yang mungkin menyebabkan telkomsel lag pada saat bermain game ini.

Nah, berikut ini Mister Songga berikan beberapa informasi mengenai apa saja yang mungkin dapat menyebabkan lag pada saat kita sedang bermain game.


Baca juga: Cara Main Mobile Legends di PC dan Laptop

Telkomsel Lag Main Mobile Legends ? mungkin ini penyebabnya!


1. RAM Tidak Mencukupi


Sebelum menyalahkan Telkomsel lag main mobile legends, sebaiknya kita cek terlebih dahulu RAM pada smartphone. Kadang kala, kapasitas RAM yang tidak mumpuni juga dapat berpengaruh pada berjalannya game atau aplikasi.

Seperti yang diketahui, syarat RAM minimal untuk dapat memainkan game MOBA ini adalah 1,5 GB. Perlu digaris bawahi di sini adalah RAM 1,5 GB adalah syarat minimum. 

Jadi, sebaiknya gunakan smartphone dengan RAM di atas 2 GB untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih baik.


2. Terdapat Aplikasi Berjalan di Background


Nah, alasan ini mungkin seringkali diabaikan oleh para gamers di smartphone. Padahal, aplikasi yang berjalan pada background tetap akan memakan memori dan juga kuota. 

Hal itu terkadang dapat mengganggu aplikasi yang sedang dibuka, entah itu lag, jaringan menjadi lemot, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebaiknya sebelum bermain, pastikan dulu telah menutup aplikasi yang berjalan di background. 

Jadi jangan terburu-buru untuk menyalahkan Telkomsel lag main mobile legends. Padahal, penyebab hal itu semua karena kita kurang aware dengan hal-hal seperti ini.


3. Kualitas Grafis Tidak Sesuai dengan Perangkat Smartphone


Hal mengenai kualitas grafis sering kali juga menjadi faktor penyebab terjadinya lag pada saat bermain buatan Moonton ini. 


Berbicara mengenai grafis tentu erat kaitannya dengan RAM. Semakin tinggi settingan grafis tentu akan semakin menambah beban RAM. Oleh karena itu, sebaiknya kita sesuaikan kualitas grafis dengan kapasitas RAM pada smartphone.


Apabila RAM smartphone kecil atau pas-pasan, lebih baik untuk mengubah pengaturan grafis menjadi low atau mid. Memang, visual tentu tidak sejernih dan sebaik kualitas High grafis, akan tetapi hal tersebut dapat membuat game ini dapat dijalankan dengan lancar jaya pada grafis low.


Untuk masuk ke pengaturan grafis, kita tap saja logo gerigi pada bagian kanan atas. Selanjutnya kita scroll ke bawah dan cari bagian grafis. Tap saja pada bagian low atau mid. Jika tidak ada masalah dengan RAM sobat, game dapat berjalan dengan baik tanpa mengalami lag berlebihan.

4. Bermain Sambil Mengisi Daya Baterai


Bermain game ini sambil mengisi daya mungkin hampir dilakukan oleh semua player game ini. Namun, siapa sangka kebiasaan tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya lag pada saat bermain game ini. 


Kebiasaan mengisi daya sambil bermain game tidak hanya membuat permainan game menjadi lag saja namun juga dapat merusak smartphone sobat. Bahkan, pernah ada kejadian smartphone meledak karena menggunakan sambil dicas.


Meskipun sudah ada kejadian tersebut, masih ada saja player ngeyel dan tetap bertahan dengan kebiasaan buruk tersebut. 

5. Bermain Saat Hujan


Penyebab terakhir ini dapat dibilang sih masih dapat diperdebatkan. Banyak yang beranggapan bahwa faktor cuaca seperti datangnya hujan dapat mempengaruhi kualitas sinyal pada saat bermain. Namun, ada juga sebagian orang yang tidak mempercayai hal tersebut.


Bagi yang masih ragu akan hal tersebut, lebih baik untuk menahan diri tidak bermain pada saat hujan turun. Ya mungkin tangan sobat sudah gatal kalau harus menunggu hujan reda, namun dari pada kita mengalami lag dan kehilangan bintang lebih baik bersabar sebentar.

Itu tadi alasan dan penyebab utama terjadinya lag saat bermain game. Sebelum menyalahkan telkomsel lag main mobile legends sebaiknya sobat cek terlebih dahulu beberapa hal di atas ya. Apabila masih mengalami lag juga, mungkin provider yang digunakan jaringannya tidak bagus di daerah sobat.