Inilah 5 Aplikasi Buatan Indonesia yang Sukses Mendunia

Halo sobat info semuanya. Kembali lagi kita berjumpa di blog Mister Songga. Nah, setelah pada beberapa waktu lalu mimin membahas smartphone buatan Indonesia, kali ini mimin akan membahas tentang aplikasi buatan Indonesia yang sukses nih sob.

aplikasi-buatan-indonesia
(source: pixabay.com)



Aplikasi-aplikasi tersebut tidak hanya dikenal di Indonesia saja sob tetapi sampai ke luar negeri. Wah, keren sekali kan? Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut ini mimin telah rangkum untuk sobat info semuanya.


5 Aplikasi Buatan Indonesia



1. PicMix



Aplikasi Android Buatan Indonesia yang pertama adalah PicMix. Aplikasi ini dibuat untuk sobat info yang senang dengan dunia editing foto.


Dari segi popularitas, PicMix ini cukup terkenal di kalangan pengguna smartphone. Namun, masih banyak yang tidak tahu bahwa apps tersebut merupakan buatan Indonesia.


Pada PicMix, kita dapat menjajal fitur seperti Photo Collage, Photo Editors, Cure Stickers, dan fitur menarik lainnya. PicMix juga mendukung kita untuk langsung membagikan hasil editan foto kita ke media sosial seperti Instagram.


Melihat kesuksesan PicMix di Indonesia rupanya menarik perhatian dari media asing salah satunya adalah Tech Crunch. Wah, keren sekali ya sob. 


2. GOJEK



Mendengar nama GOJEK tentu sudah biasa bagi masyarakat Indonesia pengguna smartphone. Pasalnya, aplikasi buatan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini telah digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia.


Berbagai macam layanan seperti Go ride, Go food, Go send, dan berbagai macam layanan lainnya hadir untuk memudahkan aktivitas kita.


Kesuksesan tersebut tidak hanya terdengar di Indonesia saja. Para media asing seperti Wall Street Journal juga tidak luput memberikan perhatian kepada Gojek lho sob. 


Pada awal kemunculannya, GOJEK lebih terfokus tentang menyediakan layanan kendaraan online yang bertujuan mengurai kemacetan di kota-kota besar. Namun, seiring berjalannya waktu, GOJEK mulai merambah ke layanan lain seperti layanan delivery makanan, pulsa, ojek online, massage, dan berbagai layanan menarik lainnya.


3. Ramen Chain



Aplikasi Android buatan Indonesia berikutnya adalah Ramen Chain. Berbeda dengan layanan GOJEK yang lebih ke penyedia layanan jasa, aplikasi Ramen Chain lebih ke arah kategori permainan.


Meski begitu, Ramen Chain rupanya mendapatkan respons yang sangat baik dari para pengguna smartphone.


Tidak hanya di Indonesia saja, rupanya Ramen Chain juga dikenal di negara lain. Bahkan, Ramen Chain ini pernah menjadi best Free Apps di negara Singapura dan juga Filipina. Wah, ternyata orang Indonesia dapat bersaing juga di level internasional ya sob. Keren sekali!


4. Qlue



Aplikasi buatan Indonesia yang satu ini dibuat untuk mendukung terciptanya smart city. Fungsi utama dari Qlue ini adalah menjadi platform pengaduan laporan dari masyarakat langsung ke pemerintah kota. 


Pada mulanya, aplikasi ini dibuat hanya untuk pemprov DKI Jakarta periode Ahok saja. Namun, karena melihat fungsinya yang baik, aplikasi ini juga mulai digunakan di daerah lain seperti Bima, Pekanbaru, Probolinggo, dan juga Manado.


Berkat fungsinya yang mampu membuat komunikasi antar masyarakat dan pemprov menjadi mudah, Qlue berhasil mendapatkan beragam penghargaan. Bahkan, Qlue pernah dinobatkan sebagai aplikasi terbaik di dunia untuk kategori pemerintahan. Mantap sekali bukan sobat? 


5. Catfiz Messenger



Aplikasi buatan Indonesia yang terakhir adalah Catfiz Messenger. Seperti namanya, Catfiz Messenger merupakan penyedia layanan pesan instan. Alat pesan instan ini merupakan hasil karya dari alumnus ITS Surabaya dan mulai dikembangkan pada bulan November tahun 2012 yang lalu.


Meski buatan lokal, Catfiz Messenger memiliki pengguna yang cukup banyak baik dalam negeri ataupun di luar negeri.


Namun, Catfiz ini tampaknya akan mengalami kesulitan untuk bersaing dengan layanan pesan instant lainnya seperti WhatsApp ataupun Line. Wah, harus kita berikan dukungan sob ini.


Well, itulah tadi beberapa aplikasi buatan Indonesia yang dikenal sampai ke manca negara. Sebagai warga Indonesia yang baik, tentu tidak ada salahnya kita mendukung produk aplikasi karya anak bangsa. Caranya cukup muda, kita dapat mulai dengan menggunakan aplikasi tersebut sob. Mudah sekali bukan? Semoga ke depannya ada aplikasi lain yang dibuat dan dapat bersaing dengan produk ternama yang sudah ada.