5 Cara Mudah Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi HP Xiaomi

Halo sobat info. Kembali lagi dengan mimin di Blog Mister Songga. Pada kesempatan kali ini, mimin akan memberikan sedikit informasi tentang cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi pada HP Xiaomi sob.

cara-mengatasi-fingerprint-tidak-berfungsi-pada-hp-xiaomi
(source: pixabay.com)



Hal seperti itu tentu sering dialami oleh para pengguna HP asal China tersebut. Tidak berfungsinya fingerprint tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal baik yang bersifat teknis ataupun non-teknis. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? 



Untuk mengatasi hal tersebut, sobat dapat langsung simak saja informasi berikut ini.


Baca juga: 2 Cara Mengatasi Lupa Password Mi Account HP Xiaomi



5 Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Pada HP Xiaomi



1. Bersihkan Jari dan Sensor Fingerprint



Cara pertama untuk mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi adalah dengan membersihkan jari kita. Memang terdengar sepele, tetapi sidik jari yang kotor dapat menghalangi sensor fingerprint untuk melakukan pemindaian. Oleh karena itu, sebaiknya sobat mengakses fingerprint dalam keadaan bersih.



Selain itu, sobat juga harus membersihkan sensor fingerprint yang ada pada HP. Bisa saja, sensor tersebut kotor dan menghalangi proses pemindaian sidik jari sehingga membuatnya tidak dapat digunakan. Bersihkan sensor tersebut menggunakan kapas atau tisu sebelum meletakkan jari sobat.



2. Memulai Ulang HP Xiaomi



Cara berikutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan melakukan restart atau memulai ulang HP Xiaomi. Terkadang, tidak berfungsinya sensor fingerprint disebabkan oleh kinerja HP yang sudah terlalu berat sehingga membuat respons-nya menjadi tidak bagus atau lambat.



Nah, dengan melakukan restart HP Xiaomi maka semua sistem yang sebelumnya berjalan dapat kembali fresh. Berbagai macam program dan fitur yang ada pada ponsel kalian dapat kembali berfungsi dengan normal.



3. Update MIUI



Cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi pada HP Xiaomi berikutnya adalah melakukan update MIUI. Hal tersebut karena tidak berfungsinya fingerprint dapat disebabkan oleh bug yang ada pada MIUI yang sedang sobat gunakan.



Nah, untuk mengatasi hal tersebut melakukan update MIUI adalah jalan yang tepat. Dengan melakukan update, berbagai macam bug yang ada pada versi sebelumnya telah teratasi di versi yang lebih baru termasuk juga bug fingerprint yang sobat alami.



4. Gunakan ROM Resmi



Salah satu penyebab lain fingerprint pada handphone kalilan tidak berfungsi adalah karena ROM yang digunakan abal-abal. Seperti kita tahu, ROM abal-abal atau distributor memiliki banyak sekali bug dan iklan mengganggu di dalamnya.



Hal tersebu membuat harga dari smartphone dengan rom abal-abal lebih murah jika dibandingkan dengan Xiaomi dengan ROM resmi. Nah, bagi sobat yang telanjur beli ROM abal-abal dan mengalami gangguan pada fingerprint, tidak ada salahnya untuk mengganti ROM menjadi official atau Global.



Dengan begitu, sobat dapat menikmati berbagai macam fitur Xiaomi tanpa mengalami gangguan seperti bug dan juga iklan.

5. Xiaomi Service Center


Cara terakhir untuk mengatasi fingerprint HP Xiaomi tidak berfungsi adalah membawanya ke service center Xiaomi terdekat. Tentu cara ini dapat sobat pilih ketika cara-cara sebelumnya tidak berhasil untuk dilakukan.



Namun, tentu terdapat biaya yang harus sobat keluarkan pada saat melakukan service. Tetapi tenang saja, biaya yang harus sobat keluarkan tidak sebesar ketika mengganti IC dan layar LCD kok.



Itulah tadi beberapa cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi pada HP Xiaomi. Semoga dengan membaca info ini sobat tidak akan kesulitan lagi jika sewaktu-waktu fingerprint Xiaomi sobat tidak berfungsi. Well, sampai di sini saja artikel kali ini, jika sobat merasa info ini bermanfaat jangan lupa share ke orang lain. Bye-bye.