Inilah 5 Manfaat Buah Lemon Buat Wajah yang Jarang Diketahui

Buah lemon dikenal sebagai buah dengan cita rasa asam dan juga segar. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun, ternyata terdapat manfaat buah lemon buat wajah kita sob. Hebatnya lagi, tidak ada efek samping yang harus kita alami ketika menggunakannya.

manfaat-lemon-buat-muka

Penggunaan buah dari keluarga lime tersebut untuk perawatan wajah juga cukup mudah untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: Ketahuilah 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Cukup dengan langkah mudah dan murah meriah, muka kalian dapat terjaga kesegaran dan kesehatannya. Bukan hal yang mengagetkan apabila banyak ditemui produk kecantikan yang berbahan dasar lime ataupun sitrus.

Nah, tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak berbagai manfaatnya berikut ini.

Manfaat Buah Lemon Buat Wajah


1. Membuat Muka Tampak Lebih Cerah


Manfaat buah lemon buat wajah yang pertama yaitu mampu membuat wajah sobat menjadi lebih cerah. Bahannya yang alami membuat lemon dapat digunakan untuk perawatan setiap hari. 

Sobat dapat menggunakannya sebagai bahan untuk masker kulit wajah. Lakukanlah hal tersebut secara rutin. Dengan begitu, kulit wajah sobat akan menjadi lebih cerah dibandingkan sebelumnya. Kandungan vitamin dan nutrisi pada buah tersebut dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit sobat.

Cara Pembuatan Masker:


  • Pertama, siapkan lemon, madu (satu sendok teh) dan air bersih.
  • Kemudian, campurkan bahan tersebut.
  • Gunakan campuran tersebut ke wajah secara merata.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit
  • Bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


2. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat


Selain mencerahkan wajah, manfaat lainnya adalah mencegah dan menghilangkan jerawat. Seperti yang diketahui, jerawat memang menjadi suatu hal yang mengganggu terutama dalam hal kepercayaan diri.


Nah, dengan rutin menggunakan masker ataupun mengonsumsi buah lime, kulit wajah sobat dapat terjaga dan terlindungi dari datangnya jerawat. 


Cara Mengatasi Jerawat dengan Lime:


  • Pertama, siapkan terlebih dahulu buah lemon, air bersih, cotton bud atau kapas.
  • Kemudian, peras 1 buah dan campurkan dengan air sebanyak 3 gelas.
  • Ambil cotton bud atau kapas dan oleh ke campuran yang telah dibuat sebelumnya.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat secara perlahan.
  • Biarkan kurang lebih selama 15 menit
  • Lakukan hal ini dengan rutin agar hasilnya optimal.
Baca juga: 11 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Selain menjadikan campuran masker, sobat juga dapat mengatasi jerawat dari dalam dengan cara meminum air perasan lime. 

Caranya mudah, cukup peras 1 lemon dan campur dengan air sebanyak tiga gelas. Simpan dalam botol dan konsumsilah secara rutin. 

Selain menghilangkan jerawat, buah tersebut juga mampu untuk menyamarkan bekas jerawat yang membandel. 

Cukup usapkan perasan ke bekas jerawat yang ada diwajah dan diamkan kurang lebih 10 menit. Lakukan secara rutin sampai bekas jerawat hilang.

3. Melenyapkan Komedo di Wajah


Manfaat buah lemon buat wajah yang selanjutnya adalah mampu melenyapkan komedo membandel yang berada di bagian wajah. Mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang cukup tinggi membuat air lemon mampu mengangkat kotoran yang dapat menyebabkan munculnya komedo. 

Cara Melenyapkan Komedo dengan Lemon:

  • Siapkan air perasan lemon 
  • Kemudian oleskan pada daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan kapas atau cotton bud.
  • Lakukanlah cara ini setiap hari agar komedo tidak mau datang lagi di wajah sobat.

4. Menghilangkan Minyak Berlebih 


Wajah berminyak menjadi salah satu masalah wajah yang menjengkelkan. Namun, sobat tidak perlu khawatir lagi dengan hal itu. Manfaat buah lemon buat wajah ternyata juga mampu untuk menghilangkan minyak berlebih.


Rajin mengonsumsi lemon dapat membuat wajah mengurangi produksi minyak yang berlebihan. Konsumsilah air lemon secara rutin untuk mendapatkan wajah sehat, bersih, dan bebas dari minyak.

5. Menjadi Anti-Aging Alami


Menjadi tua itu pasti akan dialami oleh semua orang di dunia ini, namun apa jadinya jika proses penuaan tersebut terjadi lebih cepat? Tentu sobat semua tidak ingin mengalami hal tersebut kan?


Nah, sobat tidak perlu cemas sekarang. Hal tersebut karena manfaat buah lemon buat wajah berikutnya adalah mampu menghambat terjadinya penuaan dini. Berbagai masalah penuaan seperti pigmentasi dan kulit keriput dapat sobat atasi oleh lemon.


Hal tersebut karena pada lemon terkandung vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan begitu, buah lemon dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. 


Antioksidan yang terdapat pada buah lemon akan meregenerasi sel pada kulit wajah dengan sangat baik. Produksi kolagen pada kulit juga akan meningkat sehingga proses penuaan dini tidak akan sobat alami.

Baca juga: Dahsyat! Inilah Berbagai Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Manfaat buah lemon buat wajah kita memang banyak sekali. Cukup menggunakan bahan sederhana dan alami, sobat dapat menjaga kesehatan kulit wajah. Meskipun begitu, sobat tetap harus rajin dalam menjaga kebersihan wajah sobat. Jangan lupa untuk selalu mencuci muka setelah berkegiatan terutama saat menggunakan make up.