Yuk! Kenali 8 Jenis Bau yang Tidak Disukai Kucing

Kucing dikenal sebagai hewan dengan penciuman sangat tajam. Kekuatan atau kepekaan penciumannya konon katanya lebih tajam 14 kali jika dibandingkan manusia. Dengan kemampuan tersebut tentu ada jenis bau yang tidak disukai kucing pada umumnya. 

bau-yang-tidak-disukai-kucing


Jawabannya adalah ada. Sebagian besar bau-bauan yang dibenci oleh hewan lucu satu ini berasal dari tanaman herbal. Hal tersebut karena si empus memang tercipta sebagai hewan karnivora di mana makanan utamanya adalah daging. 

Kelemahan ini dapat sobat manfaatkan untuk melatih perilakunya agar tidak melakukan hal mengganggu seperti mencuri lauk, masuk ke kebun, ataupun tempat lainnya. Untuk mengatasinya, kita dapat mencegahnya dengan menyemprotkan bau-bau seperti di bawah ini.

8 Bau yang Tidak Disukai Kucing


1. Aroma Pedas (Rempah Cabe)




Aroma pertama yang dibenci si empus adalah pedas. Aroma pedas seperti pada makanan merupakan hasil dari perpaduan rempah dan bumbu yang terdiri dari tanaman herbal. Bagi manusia, aroma tersebut tentu akan menggugah dan membangkitkan selera makan kita.

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada kucing. Ia akan cenderung tidak menyukai aroma pedas tersebut. Menurut instingnya, bau-bauan seperti itu merupakan suatu ancaman yang membuatnya akan langsung menyelamatkan diri dan menghindar dari aroma tersebut.

Bagi sobat yang ingin menggunakan aroma pedas untuk mengusirnya sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu. Hal tersebut karena aroma pedas rupanya dapat menyakitinya. Jika sobat ingin mengusir atau mencegahnya memasuki suatu area, lebih baik sobat gunakan cara lain yang lebih halus.

2. Aroma Citrus


Aroma citrus menjadi daftar berikutnya yang dibenci oleh kucing. Buah-buahan jenis ini dapat kita temui dengan mudah di berbagai belahan dunia. Kita dapat membelinya di pasar, super market, ataupun outlet buah di pinggiran jalan.

Umumnya, buah jenis citrus memiliki aroma menyegarkan. Hal tersebut karena adanya kandungan vitamin C pada buah-buahan citrus seperti jeruk limau, jeruk bali, lemon, dan lain sebagainya.

Namun, hal tersebut rupanya tidak dialami oleh kucing. Bagi makhluk ini, aroma citrus merupakan hal yang wajib untuk dihindari. Selain karena dianggap terlalu menyengat untuk hidungnya, buah citrus rupanya merupakan buah beracun bagi si empus.

Oleh karena itu, secara naluri Ia akan menghindari buah-buahan jenis citrus tersebut. Nah, bagi sobat yang ingin melindungi halaman atau area penting dari gangguan kucing, sobat dapat menggunakan potongan kulit citrus. Dengan begitu, makhluk imut ini tidak akan mendekat ataupun mengganggu.

3. Aroma Tanaman Herbal


Mimin telah sebutkan pada bagian sebelumnya bahwa bau tanaman herbal merupakan salah satu bau yang tidak disukai kucing kita. Menurut kucing, bau dari tanaman herbal sangat sensitif bagi hidung mereka. Beberapa contoh tanaman herbal tersebut adalah rosemary, lavender, lemon balm, dan jenis herbal lainnya.

Nah, penggunaan tanaman herbal untuk mengusir ini terbilang cukup ampuh dan aman. Sobat dapat menanam beberapa jenis tanaman herbal tersebut di kebun agar tidak ada kucing yang merusak kebun ataupun taman miliki sobat.

4. Aroma Parfum


Bau yang tidak disukai kucing berikutnya adalah parfum. Hal tersebut karena kini telah banyak parfum yang menggunakan bahan dasar tanaman herbal yang tidak disukai oleh kucing. Tentu dengan aroma tersebut kucing akan langsung sensitif dan menghindar dari bebauan tersebut.

Apabila sobat ingin mendisiplinkan kucing atau mengusir kucing liar sebaiknya jangan menggunakan parfum ini. Hal tersebut karena pada parfum terdapat bahan kimia juga yang digunakan. 

Untuk mengusir kucing liar agar tidak merusak kebun atau taman, sobat dapat pilih menggunakan bau-bauan alami seperti citrus atau tanaman herbal.

5. Aroma Minyak Esensial


Selain tidak menyukai bau langsung dari beberapa tanaman herbal, rupanya kucing juga tidak menyukai bau dari olahan tanaman yang telah dijadikan minyak. Cara ini dapat sobat lakukan untuk mengusir atau mendisiplinkan kucing dengan aman.

6.  Aroma Berbagai Macam Asap 


Bau asap rasanya tidak hanya dibenci oleh manusia tetapi juga oleh kucing. Secara umum, keberadaan asap sangatlah mengganggu terutama untuk saluran pernafasan. Hal tersebut juga dirasakan oleh makhluk lain seperti binatang dan juga tumbuhan.

Bau asap dibenci kucing karena dapat menyebabkan berbagai masalah seperti merusak imunitas ataupun penyakit lainnya. Oleh karena itulah secara insting kucing akan membenci dan menghindari bau dari asap seperti rokok, asap kendaraan, dan jenis asap lainnya. 

7. Aroma Menthol


Bau menthol bagi manusia dianggap memiliki aroma menyegarkan. Namun, hal tersebut rupanya tidak dirasakan oleh kucing. 

Bau menthol tersebut seperti minyak angin, balsem, dan olahan lainnya yang berbahan dasar menthol. Alasan kucing tidak menyukai aroma menthol mungkin karena tajamnya aroma yang dikeluarkan oleh menthol terlalu menyengat untuk penciuman kucing yang tajam. 

8. Aroma Kamper 


Bau yang dibenci yang terakhir adalah bau kamper. Bau kamper tidak hanya yang berbau citrus saja melainkan semua jenis bau kamper. Hal tersebut karena bau-bauan yang dikeluarkan kamper dapat mengganggu penciuman tajam milik si kucing.

Oleh karena itu, banyak kucing memilih menghindari ruangan yang memiliki bau kamper yang cukup tajam untuk penciuman kucing.

Nah, itu tadi berbagai jenis bau yang tidak disukai kucing yang mimin telah rangkum. Semoga info tersebut dapat bermanfaat untuk sobat cat lover semuanya. Well, sampai di sini saja artikel kali ini,