11 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pohon Kelor dipercaya kaya akan manfaat salah satunya bagian daunnya. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia tentu banyak sekali sob. Bahkan, daun tersebut telah menjadi salah satu ramuan tradisional yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat terdahulu. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Simak informasinya di bawah ini.

khasiat-daun-kelor


Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


1. Menjadi Sumber Nutrisi Tubuh


Pada daun ini terdapat kandungan mineral dan berbagai macam vitamin. Bahkan, pada 20 gram saja dapat memberikan kita beragam nutrisi seperti protein, vitamin C, Vitamin A, Zat Besi, Vitamin B6, dan berbagai nutrisi lainnya.

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Buah Lemon Buat Wajah yang Jarang Diketahui

2. Kaya Zat Antioksidan 

Pada daun kelor juga terkandung zat antioksidan yang tentunya sangat berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Paparan radikal bebas yang terlalu banyak pada tubuh kita tentu membuat sistem imun kita menjadi lemah sehingga berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan diabetes dapat kapan saja datang.

3. Meringankan Sakit Radang

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia selanjutnya adalah dapat meringankan sakit radang. Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan isotiosianat yang dapat berfungsi sebagai zat anti-radang. Dengan kandungan tersebut radang yang terjadi pada tubuh dapat diringankan daripada sebelumnya.

4. Menekan Kadar Kolesterol Tubuh


Selain menangkal serangan radikal bebas, manfaat lainnya adalah menekan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Maka tidak mengherankan apabila daun ini sering dicari untuk meredakan kolesterol. Secara keseluruhan, kelor memiliki kinerja yang hampir mirip seperti Almond dan juga Oat.

5. Menangkal Masuknya Arsenik Dalam Tubuh

Mengonsumsi daun kelor juga dapat menangkal masuknya zat arsenik berlebih dalam tubuh kita. Pada umumnya, arsen yang masuk ke tubuh kita berasal dari makanan dan juga air yang terpapar zat arsen secara berlebihan.

Baca juga: Ketahuilah 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Kita

6. Membantu Penyembuhan Kanker

Manfaat lain dari tanaman ini adalah dipercaya untuk membantu proses penyembuhan kanker sob. Maka dari itu, para penderita kanker sering menjadikan daun ini sebagai santapan rutin untuk membantu penyembuhan kanker pada saat masa kemoterapi. Wah, banyak sekali ya manfaat kanker untuk kesehatan tubuh manusia sob.


7. Membuat Daya Ingat Semakin Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada daun kelor terkandung banyak sekali zat nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Rupa-rupanya, hal tersebut juga dapat membantu proses penyembuhan radang yang terjadi pada otak kita. Kandungan tersebut juga mampu untuk meningkatkan kemampuan otak kita terutama dalam hal daya ingat.

8. Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Sebagai tanaman multi manfaat, daun kelor dinilai juga mampu mengatasi masalah dislipidemia. Dislipidemia adalah suatu penyakit pada jantung yang ditimbulkan karena tingkat trigliserida pada tubuh mengalami kenaikan yang banyak.

9. Melindungi Tubuh dari Anemia

Manfaat lain dari tanaman ini adalah melindungi tubuh dari potensi terkena penyakit anemia atau kekurangan darah. Hal tersebut karena pada tanaman ini disinyalir memiliki kadar zat besi yang begitu tinggi. Untuk itu, dengan mengonsumsi daun ini secara rutin dinilai mampu untuk mencegah kita mengalami penyakit anemia.


10. Meredakan Infeksi Bakteri

Pada kelor terdapat banyak kandungan yang bersifat anti mikrobial. Zat tersebut diyakini dapat meringankan dan meredakan infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh adanya bakteri. Bakteri yang dapat dikalahkan oleh daun kelor adalah bakteri dari jenis gram positif.

11. Baik Untuk Wanita Menopause

Bagi sobat yang sudah atau memiliki kerabat yang mengalami menopause sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur kelor. Hal tersebut karena pada orang yang menopause hormon esterogennya menurun sehingga akan mengalami penurunan kadar antioksidan pada tubuh.

Untuk itu, mengingat kandungan antioksidan dari pada kelor yang cukup baik tentu sedikit banyak dapat membantu orang yang menopause untuk mencukupi kebutuhan zat antioksidan dalam tubuh.

Baca juga: Luar Biasa! Inilah Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Wajah dan juga Diet 

Itulah tadi beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh manusia yang dapat mimin informasikan. Semoga dengan informasi tersebut kita dapat menjalani hidup dengan lebih sehat dan semangat lagi sob.