Inilah 6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sepedaan atau naik sepeda dapat menjadi salah satu alternatif olahraga yang mudah untuk dilakukan. Tidak perlu membeli sepeda baru, sepeda lama pun jadi. Dengan olahraga bersepeda, kita dapat olahraga sekaligus menikmati pemandangan luar. Nah, bagi sobat info yang sedang gemar dengan olahraga ini, berikut mimin telah rangkumkan beberapa manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan.

manfaat-bersepeda
source: pixabay



Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Kita



1. Menjaga Kesehatan Jantung 



Manfaat yang pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, paru-paru, dan berbagai macam penyakit kardiovaskular. Dengan mengayuh sepeda, otot jantung kita dapat menjadi kuat dan kadar lemak dalam darah dapat berkurang. 


Hal tersebut didukung dengan penelitian yang dilakukan di Denmark yang mengatakan bahwa orang yang rajin berolahraga sepeda memiliki risiko penyakit jantung yang rendah pada saat usia senja.


2. Menjaga Mengendalikan Berat Badan



Bagi sobat info yang bermasalah dengan berat badan, bersepeda dapat menjadi salah satu solusi untuk kalian coba. Hal tersebut karena dengan bersepeda metabolisme tubuh akan meningkat sehingga pembangunan otot serta pembakaran lemak akan meningkat.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan, kalian dapat mengombinasikan bersepeda dengan pengaturan pola makan sehat. Semakin lama intensitas dan jarak tempuh kita dalam bersepeda maka akan semakin banyak pula jumlah kalori yang akan dibakar. Hal itu sejalan dengan penelitian bahwa bersepeda rutin selama 30 menit setiap hari dapat membakar lemak sebanyak 5 Kg dalam setahun.


3. Terhindar dari Penyakit Diabetes



Penyakit diabetes memang menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Nah, agar terhindar dari penyakit tersebut, sobat info dapat mencegah dengan bersepeda secara rutin. 


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia, orang yang setiap hari melakukan olahraga ini minimal 30 menit akan memiliki risiko terkena penyakit diabetes yang lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukannya. Nah, mantap betul bukan sob?


4. Risiko Kanker Rendah




Manfaat bersepeda bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko kita untuk terkena penyakit kanker sob. Untuk mendapatkan hal tersebut tentu kita harus mengimbanginya dengan pola makan sehat dan gaya hidup bersih.


Berdasarkan Journal of American Medical Association, orang bertubuh bugar akan memiliki risiko terserang penyakit kanker kolorektal dan kanker paru lebih rendah dibandingkan orang yang jarang berolahraga. Nah, salah satu untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat tersebut adalah dengan bersepeda secara rutin.


5. Menjaga Pikiran dari Stres




Selain bermanfaat untuk organ vital kita, bersepeda juga dapat menjaga pikiran kita dari stres. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan bersepeda akan memicu tubuh kita untuk memproduksi hormon Dopamin yang mampu menimbulkan rasa bahagia. Otomatis jika hati bahagia pasti kita akan terhindar dari depresi ataupun stres.



6. Membangun Keseimbangan, Koordinasi Otot, dan Kekuatan Tubuh




Manfaat bersepeda bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat membangun keseimbangan, meningkatkan koordinasi otot, serta meningkatkan kekuatan tubuh. Menurut sebuah penelitian, bersepeda sangat baik dan cocok untuk para penderita osteoporosis. Hal tersebut karena bersepeda dinilai cukup ringan sehingga tidak menimbulkan beban yang terlalu berat pada sendi.



Itulah tadi beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan kita. Sobat dapat bersepeda santai dan menjelajah tempat-tempat baru menggunakan sepeda. Dengan begitu, badan kita akan sehat dan pikiran kita dapat menjadi fresh terhindar dari stres dan juga depresi. Oke sob, sampai di sini saja artikel kali ini, semoga informasi tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semuanya. Bye-bye.