Pengertian Off lane, Mid lane, dan Safe lane di Game Mobile Legends: Bang-Bang

Mobile Legends bisa dibilang menjadi salah satu game mobile paling sukses saat ini. Bagaimana tidak, sudah lebih dari 3 tahun setelah release game ini masih banyak digandrungi oleh para gamers. Namun, meski telah lama release, ternyata masih banyak player yang belum tahu pengertian offlane, mid lane, dan side line di Mobile Legends: Bang-bang.

hero-offlaner-mobile-legends



Hal tersebut wajar sih sob. Karena tidak semua player game ini serius dalam permainan. Bahkan, pada tier bawah seperti Epic, grandmaster, dan master masih sering dijumpai player yang AFK. Namun, sebagai player yang baik, kita wajib hukumnya mengetahui pengertian lane yang ada di Mobile Legends sob. Apa sajakah itu? Simak informasinya di bawah ini.


Pengertian Off Lane, Mid Lane, dan Safe Lane di Mobile Legends: Bang-Bang



Offlane atau Hard Lane



Offlane atau hard lane ini adalah lane yang ada di atas sob alias top lane. Disebut dengan hard lane karena pada lane ini kondisinya sulit seperti tidak ada buff untuk hero yang menjaga lane dan biasanya lane ini hanya dijaga oleh seorang hero saja alias solo. Biasanya, hero yang dipilih untuk menjadi offlaner adalah yang memiliki ketahanan dan mobilitas yang baik sehingga dapat bertahan dari serangan lawan.


Bermain sebagai offlaner sangat membutuhkan mekanik dan pengambilan keputusan yang tepat sob. Kita harus bermain aman dan berusaha untuk tidak cepat mati ketika di gank oleh lawan. Meski berada dekat dengan gold buff, tentu bukan hal yang mudah untuk menjaganya. Biasanya, offlaner akan menjadi target empuk bagi lawan untuk disergap.


Peran offlaner dalam war mungkin baru terlihat ketika permainan memasuki mid game hingga late game. Dengan item yang telah jadi, seorang offlaner diharapkan mampu mengobrak-abrik formasi lawan ketika war berlangsung di pertengahan sampai akhir pertandingan.


Roaming Offlaner



Sebagai offlaner, prioritas utama kita adalah menjaga lane dan melakukan push turret. Sementara untuk roaming, kita tidak terlalu diutamakan. Seperti yang mimin bilang, fokus utama adalah menjaga lane dan mencuri turret lawan.


Hal penting lainnya adalah kita wajib untuk mengamankan gold buff untuk tim kita. Biasanya, gold buff ini akan diberikan untuk seorang midlaner, namun jika kondisi tertekan seorang offlaner bisa saja mengamankannya. Yang paling penting, gold tetap didapatkan untuk tim kita. 


Baca juga: 6 Hero Offlaner Terbaik Mobile Legends

Jangan lupa untuk berusaha bermain seaman mungkin pada saat early game seperti bersihkan minion dan juga membunuh monster jungle. Namun, jika sobat menggunakan hero kuat di early seperti Thamuz, maka menekan musuh dapat dilakukan untuk membuat waktu farming lawan tidak efektif. 


Mid Lane



Selanjutnya adalah mid lane. Sesuai dengan namanya, lane ini merupakan lane tengah. Seorang mid laner biasanya akan didampingi oleh support atau tank di awal sampai akhir game. Prioritas farming utama dalam tim akan diberikan kepada seorang midlaner karena hero midlaner memiliki damage early yang pedih.


Secara umum, tugas utama dari midlaner adalah melakukan farming dan roaming membantu lane atas dan bottom lane. Hal itu membuat posisi mid menjadi posisi yang sangat krusial karena dapat menentukan jalannya permainan. 


Roaming Mid Laner



Untuk seorang midlaner, roaming menjadi hal utama yang harus dilakukan. Pada posisi ini player harus dapat melakukan farming dengan cepat dan kemudian melakukan roaming untuk membantu lane lainnya. Untuk itu, peran support atau tank yang mendampinginya harus pandai dan peka terhadap situasi map.

Baca juga: Hero Midlaner Terbaik Mobile Legends: Bang-Bang


Jangan sampai seorang midlaner terlalu banyak mati di awal pertandingan karena itu dapat mempengaruhi war yang dilakukan pada mid game sampai late game. Intinya, jika seorang midlaner mampu farming dan roaming dengan baik hampir bisa dipastikan tim akan meraih kemenangan.


Safe Lane



Lane berikutnya adalah safe lane. Disebut dengan safe lane karena buff yang ada di hutan cenderung dekat dengan base. Hero yang mengisi lane ini biasanya adalah role hero dengan damage yang besar seperti marksman atau assassin. Safe laner biasanya disebut juga dengan nama hardcore. 


Untuk memastikan farming berjalan baik, hero hardcore akan ditemani dengan satu tank atau support. Pada awal permainan, hardcore lebih fokus untuk farming dan mendapatkan item core terlebih dahulu daripada bergabung dalam war.


Roaming di Safe Lane



Bagi hardcore, melakukan roaming juga menjadi prioritas utama. Hal tersebut karena hero hardcore sangat tergantung dengan item untuk dapat memberikan damage besar kepada lawan. Selain itu, kita harus selalu melihat mini map dan peka ketika membantu teman kita yang sedang melakukan ganking terhadap lawan. 

Baca juga: Hero Marskman Terbaik Mobile Legends: Bang-Bang

Menjadi hero dengan damage yang besar tentu akan membuat seorang hardcore menjadi prioritas dari lawan untuk ditaklukan. Oleh karena itu, dalam melakukan farming dan roaming, seorang hardcore harus sangat waspada.


Itulah tadi informasi tentang pengertian off lane, mid lane, dan safe lane di Mobile Legends: Bang-Bang. Dengan mengetahui informasi dasar seperti itu tentu dapat meningkatkan kemampuan makro kita sebagai seorang player. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu cek posisi lawan melalui mini map sob untuk menghindari dilakukannya ganking oleh tim lawan.