Jangan Asal! Inilah Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar

Cara membersihkan telinga bayi merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan dengan benar. Hal tersebut karena telinga bayi masih sangat sensitif dan perlu dilakukan secara hati-hati. Jika sampai salah atau terjadi kekeliruan dikhawatirkan akan menyebabkan telinga bayi mengalami luka dan berdampak buruk untuk si bayi.

cara-membersihkan-telinga-bayi-yang-benar-dan-aman

Namun, mau tidak mau, telinga bayi memang harus dibersihkan secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan si bayi dari infeksi dan juga gangguan telinga. Nah, bagi sobat yang belum mengetahui cara yang benar membersihkan telinga, berikut ini sobat berikan info kepada sobat semuanya.

Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar


1. Menggunakan Washlap atau Kapas


Cara membersihkan yang pertama adalah dengan menggunakan washlap atau handuk kecil. Usahakan sobat gunakan handuk yang memiliki permukaan yang lembut agar tidak melukai kulit si bayi. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan washlap.
  • Pertama, siapkan terlebih dahulu washlap dan juga air hangat. Jika sobat tidak memiliki washlap, sobat dapat menggantinya dengan menggunakan kapas.
  • Kemudian, celupkan washlap ke air hangat dan peras sampai air tidak tersisa. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya air yang masuk pada saat membersihkan.
  • Setelah itu, sobat dapat mulai membersihkan pada bagian luar secara lembut dan hati-hati.
  • Usahakan untuk tidak memeras washlap pada saat kalian membersihkan.
  • Lakukan cara ini dengan hati-hati dan usahakan bersihkan dengan merata.

2. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus



Untuk membersihkan dengan cairan pembersih telinga, sebaiknya sobat terlebih dahulu mengonsultasikan dengan dokter anak. Meskipun secara umum cairan tersebut aman, namun tetap harus seizin dokter dalam penggunaannya. Apabila dokter telah mengizinkan, sobat langsung saja ikuti langkah yang dijelaskan di bawah ini. 

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu cairan pembersihnya.
  • Sebelum membersihkan telinga, sebaiknya bersihkan tangan secara menyeluruh.
  • Usahakan proses pembersihan dilakukan pada saat si bayi sedang berada pada suasana hati yang tenang.
  • Selanjutnya, sobat dapat memiringkan kepala dari si bayi agar mudah mengaplikasikan cairan.
  • Tariklah daun telinga si bayi secara lembut agar lubang telinga lurus.
  • Kemudian, teteskan cairan secara hati-hati ke dalam lubang telinga.
  • Usahakan si bayi tetap berbaring selama 5 menit agar cairan pembersih masuk secara sempurna ke lubang telinga.
  • Jika sudah, tutuplah lubang telinga menggunakan kapas supaya cairan tidak kembali keluar.

Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Sebaiknya Dihindari


1. Menggunakan Cotton Bud



Kalian juga harus menghindari membersihkan menggunakan cotton bud sob. Hal tersebut karena menggunakan cotton bud lebih cenderung membuat kotoran yang ada di telinga terdorong lebih dalam lagi. Untuk itu, sobat dapat menghindari cara ini dan menggantinya dengan cara yang lebih aman dan nyaman untuk si bayi.

2. Menggunakan Jari Tangan


Selanjutnya, kalian juga harus menghindari menggunakan jari tangan ketika membersihkan. Meskipun sobat sudah membersihkan jari, sebaiknya sobat menghindari cara yang satu ini. Hal tersebut karena membersihkan dengan cara ini dikhawatirkan dapat menimbulkan luka yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

Cara membersihkan telinga bayi yang benar wajib diketahui oleh setiap orang tua. Namun, sebelum membersihkan, kalian wajib terlebih dahulu mengonsultasikan kepada dokter anak. Hal tersebut tidak lain untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila bayi menunjukkan gejala gangguan telinga, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.