5 Cara Memotong Kuku yang Benar untuk Dilakukan

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang terdapat di bagian jari tangan dan kaki kita. Secara alamiah, bagian tubuh tersebut akan mengalami pertumbuhan dan semakin panjang. Nah, untuk itu, kita harus rajin memotongnya sob. Tetapi, tahukah sobat tentang cara memotong kuku yang benar dilakukan?

cara-menggunting-kuku-dengan-benar


Jika kalian pikir memotong kuku hanya sekadar memendekkan saja itu sebenarnya kurang tepat. Pemotongan yang salah kadang dapat menimbulkan hal tidak baik seperti jari terluka, kuku dapat tumbuh ke dalam, dan lain sebagainya. Tentu kalian tidak mau kan pergi ke dokter hanya karena salah pada saat memotong? 


Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini, mimin akan bagikan tips memotong yang benar untuk sobat info semuanya. Langsung simak infonya di bawah ini sob.


Cara Memotong Kuku yang Benar



1. Rendam Dahulu Pada Air Hangat



Sebelum kalian mulai memotong, ada baiknya untuk merendam baik jari kaki maupun tangan kalian. Tidak perlu lama-lama, cukup rendam dalam kurun waktu 10 menit saja. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk membuat kuku pada jari tangan dan kaki kita menjadi lebih lunak dan empuk pada saat dipotong nanti. Dengan begitu, kalian dapat memotong dengan lebih mudah sob.


2. Pakai Gunting Untuk Kuku



Dalam memotongnya, kita harus menggunakan gunting khusus sob. Usahakan jangan gunakan gunting biasa seperti gunting kertas. Hal tersebut tentu dimaksudkan agar kita dapat memotong dengan sempurna dan tidak menyebabkan kerusakan. 


3. Potong Secara Lurus



Cara memotong yang benar berikutnya adalah dengan memotongnya secara lurus. Jadi, kalian potong saja dengan arah lurus dan jangan potong mengikuti lengkung bentuk dari ujung jari kalian. Mengapa? Karena pemotongan dengan mengikuti lengkung berpotensi untuk membuat kuku kita tumbuh ke arah samping sob.


Jika hal tersebut sampai terjadi, hal itu dapat melukai daging jari kalian. Pasti kalian tidak mau kan kalau hal tersebut sampai terjadi? 


4. Jangan Potong Terlalu Pendek



Memang, kuku jari ataupun kaki harus kita potong pendek, namun terdapat hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut adalah kita tidak boleh memotongnya terlalu pendek ya sob. Mengapa begitu min? Hal tersebut karena jika potongan terlalu pendek dapat membuat jari tangan dan kaki mudah terjangkit infeksi sob.


Perlu kalian ketahui, lapisan kulit yang ada di bawah kuku kita dikenal sangat rapuh. Oleh karena itu, bagian tersebut dapat terkena iritasi dengan mudah apabila tidak ada yang melindunginya. Jadi, sebaiknya dalam memotong usahakan jangan terlalu pendek sob. 


5. Gunakan Kikiran



Cara memotong kuku yang benar berikutnya adalah menggunakan kikiran setelah proses pemotongan selesai. Hal tersebut bertujuan untuk merapikan bagian yang masih kasar dan tajam setelah dipotong. Kalian dapat gunakan kikiran khusus atau kikiran yang terdapat pada gunting khusus.

Dengan menggunakannya, kuku kalian akan lebih lembut dan rapi sehingga tidak melukai ketika menyentuh kulit kita.


Itulah tadi cara memotong kuku yang benar sob. Lakukanlah pemotongan secara rutin agar kuku  kalian terhindar dari berbagai macam kuman dan kotoran yang dapat menyebabkan penyakit. Well, sampai di sini saja artikel kali ini. Jangan lupa untuk selalu pantau terus Blog Mister Songga untuk mendapatkan berbagai macam informasi bermanfaat untuk sobat semuanya.