Inilah Besaran Tunjangan dan Gaji Pegawai PT KAI Setiap Bulan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berupaya untuk mensejahterakan pegawainya. Hal ini terlihat dari jumlah gaji pegawai PT KAI yang dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. PT. KAI telah menganggarkan 2,7 triliun rupiah untuk memberikan gaji kepada para pegawainya. Penasaran dengan kisaran gajinya? Langsung saja mimin berikan gambaran gajinya berikut ini.


gaji-karyawan-pt-kai



Gaji Pegawai PT KAI



Seperti yang telah disebutkan tadi, PT Kereta Api Indonesia memberikan gaji yang cukup tinggi untuk para pegawainya. Bahkan, gaji karyawan PT KAI sekarang dapat mencapai angka 13 juta rupiah per bulan.

Tidak hanya peduli dengan kesejahteraan para pegawai tetapnya, pihak perusahaan juga memperhatikan kesejahteraan pegawai tidak tetap seperti penjaga palang kereta. Saat ini, para penjaga palang kereta mendapatkan gaji sekitar 4,5 juta rupiah sampai dengan 6,5 juta rupiah.

Jumlah tersebut tentu sangat berbeda jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu yakni 1,3 jutaan setiap bulannya. 

Selain itu, Gaji bagi para pegawai yang baru bekerja juga lumayan menggiurkan sop. Untuk para pegawai baru, gaji yang diberikan berkisar antara 4 juta rupiah sampai 5 juta rupiah. Nah, bagi sobat yang masih dalam proses pencarian pekerjaan dan ingin mendapatkan pekerjaan yang layak, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi bagian dari perusahaan di bidang transportasi tersebut.


Perlu sobat ketahui, setiap tahunnya para pegawai di perusahaan ini akan menerima uang gaji sebanyak 15 kali gajian (termasuk THR dan tambahan 1 kali gaji saat ulang tahun). Selain itu, setiap pegawai juga mendapatkan uang pensiun atau jaminan hari tua.




Tunjangan Pegawai





Selain gaji pegawainya yang cukup menggoda, rupanya tunjangan yang diterima oleh para pegawainya juga tidak kalah menggoda. Tunjangan yang diberikan kepada para pegawainya terdapat 20 macam jenis. Berikut adalah jenis tunjangan yang diterima oleh para pegawai.


  • Tunjangan emolemen bagi lulusan SMA sejumlah 200 ribu setiap bulan sementara bagi lulusan S1 menerima tunjangan sebesar 600 ribu setiap bulan
  • Tunjangan untuk anak dan istri sebesar 10% dari gaji pokok.
  • Tunjangan perjalanan dinas senilai minimal 375 ribu rupiah per bulan.
  • Uang premi para awak (jumlah tergantung jabatan)
  • Tunjangan risiko masinis kurang lebih satu juta rupiah per bulan.
  • Tunjangan kesehatan dan kebugaran mencapai sekitar 1 juta per bulan
  • Tunjangan liburan dan rekreasi
  • Tunjangan hunian rumah
  • Tunjangan penampilan (khusus pelayanan konsumen)
  • Tunjangan atau uang transportasi
Baca juga: Sampai Dua Digit Inilah Besaran Gaji Masinis Kereta Api Indonesia

Itulah tadi tunjangan, fasilitas, dan gaji pegawai PT KAI. Secara umum, tentu gaji tersebut sangat menjanjikan. Namun, itu semua juga sepadan dengan beban kerja yang diemban oleh setiap pegawai demi kelancaran transportasi masyarakat umum. Bagaimana? Apakah sobat tertarik untuk bergabung dengan PT Kereta Api Indonesia?