9 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Orang Tahu

Halo sobat info semuanya, jumpa lagi di blog Mister Songga. Nah, kali ini mimin akan membahas tentang beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang mungkin banyak orang belum tahu. 

Aplikasi WA atau WhatsApp merupakan suatu aplikasi chat paling populer saat ini. Hampir semua orang pengguna smartphone di dunia menggunakan aplikasi ini. 

fitur-tersembunyi-whatsapp
(source: pixabay.com)


Namun, apakah sobat benar-benar tahu tentang fitur pada aplikasi ini? Nah, jika belum sobat dapat simak beberapa informasi di bawah ini.

Fitur Tersembunyi WhatsApp


1. Hapus Pesan yang Telah Terkirim


Fitur tersembunyi yang pertama adalah kita dapat menghapus pesan yang telah terkirim. Hal ini tentu sangat berguna bagi sobat yang kadang sering salah kirim pesan. Untuk menghapus pesan, sobat dapat melakukannya dengan cukup mudah.

Cara menghapus pesan WhatsApp


  • Buka bagian pesan yang ingin dihapus
  • Tap pada pesan tersebut dan tahan beberapa saat hingga muncul pilihan
  • Kemudian, kalian pilih saja “Hapus Untuk Semua Orang”
  • Pesan telah dapat dihapus
Note: fitur ini dapat sobat lakukan paling tidak 7 menit setelah pesan terkirim


2. Menyembunyikan Centang Biru Pada Pesan


Pada aplikasi WhatsApp, terdapat tanda suatu pesan telah dibaca oleh penerima yaitu tanda checklist yang berubah warna menjadi biru. Namun, terkadang ada saja pengguna yang ingin menyembunyikan hal tersebut karena suatu alasan.

Nah, salah satu fitur tersembunyi WhatsApp berikutnya adalah fitur untuk membuat tanda checklist biru tidak muncul ketika kita telah membaca pesan seseorang. Caranya cukup mudah. Sobat langsung saja masuk pada pengaturan-akun-privasi-baca tanda terima.

Note: Ketika kita mengaktifkan fitur tersebut, otomatis kita juga tidak dapat melihat status pesan terbaca kita kepada orang lain.

Cara Lain:

Sebelum membuka pesan dari teman, kalian dapat membuat tanda pesan telah dibaca atau checklist biru tidak muncul dengan mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu.


Note: Sebelum mengaktifkan mode pesawat, kalian harus pastikan telah menutup aplikasi

3. Menyembunyikan “Last Seen”


Selain tanda checklist biru, info last seen juga dapat kita sembunyikan dengan fitur tersembunyi WhatsApp sob. Cara untuk melakukannya juga tidak sulit. Kalian hanya harus masuk pada pengaturan-tab account dan privacy.

Kemudian, tap pada bagian "Last Seen" dan akan muncul pop up menu pilihan. Di sini kalian dapat memilih siapa saja yang dapat melihat status Last Seen kita.

Selanjutnya, kalian dapat pilih "My Contact" untuk membuat hanya orang dalam contact kita saja yang dapat melihat atau pilih "Nobody" untuk membuat Last Seen sobat tidak dapat dilihat oleh siapapun.

Note: Ketika mengaktifkan fitur ini, sobat juga tidak dapat melihat status Last Seen orang lain.

4. Mematikan Download Otomatis


Salah satu hal mengesalkan bagi para pengguna WhatsApp adalah fitur download otomatis. Hal tersebut membuat setiap media terupload di percakapan atau grup akan terunduh otomatis. Nah, hal tersebut seringkali membuat kuota data kita terkuras. Apalagi jika teman kita melakukan share foto atau video dengan jumlah banyak.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ternyata kita dapat non-aktifkan fitur download otomatis tersebut. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka pengaturan WhatsApp 
  • Kemudian, pilih “Data and Storage Usage” 
  • Lihat pada “media auto-download”. Di situ terdapat tiga pilihan menu yaitu “When using mobile data”, “When connected on Wi-Fi”, “When Roaming”. 
  • Pada setiap pilihan tersebut kita dapat atur media apa saja yang dapat didownload ketika menggunakan data seluler, Wi-Fi, dan ketika Roaming. 
  • Untuk non-aktifkan auto download, kalian tidak usah memberikan checklist sama sekali.


5. Mendapatkan Notifikasi Khusus


Fitur tersembunyi WhatsApp berikutnya adalah kita dapat memperoleh notifikasi khusus dari seseorang. Untuk melakukannya, kita cukup buka jendela chat-tap bar bagian nama-pilih custom notification.

Nah, sobat dapat memberikan pengaturan khusus pada kontak tersebut seperti nada, getaran, warna notifikasi, dan bagian pop up chat

Jika Anda mengharapkan pesan WhatsApp penting dari seseorang, tetapkan pemberitahuan khusus untuk mereka dengan membuka obrolan, ketuk nama mereka di bagian atas dan tekan Pemberitahuan Khusus.

6. Memberi Tanda Bintang


Fitur tersembunyi WhatsApp ini mungkin jarang diketahui dan menggunakan. Padahal, untuk keadaan tertentu fitur ini dapat berguna untuk kita. Fitur memberi tanda bintang ini dapat mencatat informasi penting seperti nomor telepon ataupun alamat rumah.

Untuk mengaktifkan fitur ini, sobat dapat ikuti langkah berikut ini.

  • Pertama, buka jendela pesan 
  • Cari bagian percakapan untuk diberikan tanda
  • Jika sudah, tap dan tahan pada pesan tersebut hingga muncul pilihan pada bar bagian atas
  • Nah, sobat selanjutnya tinggal tap tanda berbentuk bintang.
  • Selesai.


7. Memberikan Pin Obrolan


Memberikan Pin pada jendela obrolan akan membuat obrolan tersebut berada pada bagian paling atas. Hal tersebut tentu membuat sobat mudah untuk mencari obrolan orang yang sobat prioritaskan.

Caranya cukup mudah, cukup tahan jendela obrolan dan sobat pilih icon berbentuk Pin di bagian bar atas.

8. Mute Chat


Jika sobat memiliki terlalu banyak grup pada WhatsApp, terkadang akan sedikit terganggu dengan jumlah notifikasi yang begitu banyak. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sobat dapat menggunakan fitur mute yang dapat membuat notifikasi dari seseorang atau grup tidak akan sobat dapatkan.


Caranya cukup mudah. Sobat tinggal tap dan tahan jendela obrolan mana yang ingin sobat mute atau sobat tap pada bagian bar percakapan. Nantinya, akan muncul pilihan seperti ini.

Kemudian, pilih icon speaker yang dicoret pada bagian bar atas. Sobat dapat pilih durasi mute yang diinginkan mulai dari 8 jam sampai 1 tahun. 


9. Menggunakan WhatsApp di PC


Fitur ini sangat cocok bagi sobat yang sedang asyik menggunakan PC tetapi tidak ingin repot mengurusi WA pada smartphone. Dengan menggunakan fitur ini, sobat dapat mengakses WA melalui perangkat PC sobat.

Caranya cukup mudah seperti berikut ini.

  • Pertama, buka terlebih dahulu WhatsApp web pada browser di PC 
  • Kemudian, sobat buka aplikasi WhatsApp pada smartphone
  • Tap pada bagian pengaturan 
  • Pilih WhatsApp Web
  • Kemudian, sobat scan QR code pada WhatsApp di browser PC dengan smartphone sobat
  • Setelah proses scan selesai, maka percakapan WA akan muncul pada WhatsApp web.

Baca juga: 5 Kelebihan Menggunakan WhatsApp Web yang Harus Kamu Tahu


Note: Jika sobat mengakses WhatsApp web pada komputer warnet atau orang lain, jangan lupa untuk log out setelah selesai menggunakannya.

Baca juga: Beginilah Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan HP Android


Itulah tadi beberapa fitur tersembunyi WhatsApp yang Wajib diketahui. Meski mimin menyebutnya fitur tersembunyi, sebenarnya fitur tersebut memang diciptakan oleh pengembang aplikasi tersebut. Menjadi tersembunyi karena memang banyak orang yang jarang atau bahkan tidak tahu jika WhatsApp memiliki fitur-fitur tersebut.