10 Fakta Menarik Instagram yang Wajib Kamu Ketahui

Halo sobat info. Jumpa kembali di Blog Mister Songga. Pada artikel kali ini, mimin akan memberikan sedikit info tentang fakta Menarik Instagram yang jarang diketahui oleh banyak orang. Penasaran dengan fakta-fakta tersebut? Langsung saja simak infonya di bawah ini.

fakta-instagram-yang-mungkin-belum-kamu-tahu
(source: pixabay.com)


10 Fakta Menarik Instagram 


1. Dicetuskan Oleh Alumni Universitas Stanford


Bagi sobat yang sudah sering menggunakan Instagram, pernahkah terpikir siapa penemu dari aplikasi tersebut? Fakta menarik Instagram ini memang masih jarang diketahui oleh banyak orang dan penggunannya. Orang lebih banyak tahu tentang Mark Zuckerberg penemu Facebook atau Evan Spiegel si penemu Snapchat.

Instagram diciptakan oleh dua alumnus Stanford University, California. Kedua orang tersebut bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger. Berkat ide dan penemuan dari kedua orang tersebutlah tercipta salah satu media terpopuler bernama Instagram.


2. Pada Awalnya Bernama Burbn


Fakta menarik Instagram berikunya adalah aplikasi pada awalnya memiliki nama Burbn. Sebelum dikenal dengan nama Instagram, platform ini muncul dengan nama Burbn. 

Aplikasi Burbn awalnya digunakan sebagai alat untuk check-in location, membuat perencanaan, sharing foto, dan juga memperoleh poin.

Ternyata, berbagai macam fitur tersebut kurang begitu disukai oleh para penggunanya karena dinilai ribet dan berbelit-belit. Menanggapi hal tersebut, membuat Kevin dan Mike melakukan evaluasi tentang aplikasi Burbn. 

Meski begitu, rupanya terdapat fitur yang cukup disukai di Burbrn yakni fitur foto sharing. Melihat hal tersebut, pihak pengembang memutuskan untuk lebih fokus melakukan pengembangan pada fitur foto sharing tersebut. Tidak sia-sia, rupanya hal tersebut dapat meraih sukses besar hingga sampai saat ini kita mengenalnya dengan nama Instagram.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Download Lagu Gratis Terbaik di Android

3. Terinspirasi iPhone


Bagi sobat pengguna Instagram, pasti sudah tidak asing lagi dengan filter foto yang ada di Instagram. Namun, tahukah sobat bahwa ide tersebut ternyata terinspirasi dari pengalaman Kevin Systrom ketika menggunakan iPhone 4.

Pada saat itu, Kevin dan kekasihnya sedang berlibur. Untuk mengabadikan momen, mereka mengambil gambar menggunakan iPhone 4 miliknya. Namun, sang pacar menolak untuk mengupload foto tersebut ke Burbn karena merasa hasil jepretan iPhone pada waktu itu masih kurang bagus.

Berdasarkan keluhan tersebut, Kevin akhirnya terinspirasi untuk menciptakan berbagai macam filter foto yang kini menjadi salah satu daya tarik utama pengguna Instagram. Apakah sobat sudah tahu tentang fakta menarik Instagram ini?

4. Foto Pertama 


Dari banyaknya foto yang telah di post di jejaring Instagram, pernahkah sobat terpikirkan kira-kira apa postingan pertama yang di upload di Instagram? Jika iya, mimin akan berikan jawabannya. Yap, jawabannya tentu foto dari si penemu jejaring sosial itu sendiri yakni Kevin Systrom. Lebih tepatnya, post foto pertamanya adalah foto anjing milik Kevin.


Foto tersebut telah Kevin edit menggunakan filter X-Pro II yang hingga kini masih bisa sobat gunakan. Foto tersebut di-posting oleh Kevin pada bulan Juli tahun 2010 yang lalu.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Cari Jodoh

5. Instagram merupakan Singkatan dari Instant Telegram


Fakta Instagram berikutnya ini mungkin masih sedikit yang tahu. Nama Instagram sebenarnya merupakan singkatan dari Instant Telegram. 

Oleh karena itu, aplikasi ini memiliki tujuan sesuai dengan namanya yaitu untuk memudahkan pengguna berbagai foto dengan instan dan tidak ribet. Baru tahu kan sob?

6. Diakuisisi Oleh Facebook


Pada awal kemunculannya di tahun 2010 yang lau, Instagram dinilai menjadi situs jejaring sosial yang sangat potensial. Hal tersebut rupanya tidak luput dari pengamatan CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Pada tahun 2012, CEO Facebook tersebut berhasil mengakuisisi Instagram dengan total dana tebusan mencapai 1 Miliar Dollar Amerika. 

7. Awalnya Sebagai Photo Editor


Pada awal kemunculannya, aplikasi Instagram lebih banyak digunakan sebagai aplikasi foto editor bagi para penggunanya untuk kemudian di upload di jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter. 

Namun, seiring dengan pengembangan dan inovasi yang dilakukan, aplikasi tersebut kini menjadi jejaring sosial foto sharing terfavorit. 


8. Logo 


Instagram dulunya memiliki logo berupa icon kamera yang memiliki lapisan warna cokelat pada bodinya. Logo tersebut memiliki bentuk yang mirip sekali dengan kamera Polaroid. Apalagi setelah dilakukan penyempurnaan oleh Cole Rise pada logo ciptaan Kevin Systrom ini.

Namun, logo tersebut mengalami perubahan pada 2012 silam setelah Instagram secara resmi di akuisisi oleh Facebook. Hingga pada akhirnya Instagram memiliki logo yang sampai saat ini kita kenal.

9. Dituduh Plagiat Snapchat


Fitur Insta story merupakan salah satu inovasi yang cukup sukses dilakukan oleh Instagram. Dengan fitur tersebut pengguna dapat membagikan story dalam bentuk foto ataupun video. Namun, siapa sangkat rupanya hal tersebut sempat menimbulkan polemik.

Pada awal kemunculan fitur tersebut, banyak orang yang berpendapat bahwa Instagram melakukan plagiat ide dari Snapchat. Namun, pada akhirnya hal tersebut menguap begitu saja. Bahkan, menurut data, pengguna InstaStory kini lebih banyak dibandingkan Snapchat.

Baca juga: 6 Mitos Aneh di Dunia Game yang Sempat Membuat Heboh

10. Indonesia Negara Terbanyak Pengguna Insta Story


Fakta menarik Instagram yang terakhir adalah Indonesia menjadi negara terbesar yang menggunakan fitur Insta Story. Hal ini tentu bukan hal yang mengejutkan lagi menurut mimin. Sekarang mimin tanya, berapa kali dalam sehari sobat update insta story? Cukup sering bukan?

Hal tersebut juga diperkuat dari data Jakarta Globe yang mengatakan bahwa pengguna Instagram di Indonesia dapat mengupload Insta Story dua kali lipat lebih banyak dari pada yang dilakukan rata-rata pengguna lainnya.

Itulah tadi beberapa fakta menarik Instagram yang mungkin belum sobat ketahui. Semoga info ini dapat sedikit menambah wawasan kita tentang jejaring sosial Instagram ya Sob. Oke, sampai di sini saja artikel kali ini. Jangan lupa share artikel ini jika sobat rasa info ini bermanfaat bagi orang lain. Bye-bye.