10 Fitur Tersembunyi Instagram yang Perlu Kamu Tahu

Halo sobat info. Kembali lagi kita berjumpa di Blog Mister Songga. Nah, pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang fitur tersembunyi Instagram yang jarang orang ketahui. “Memangnya ada min fitur semacam itu? Ya tentu ada dong.

fitur-tersembunyi-instagram
(source: pixabay.com)


Bagi sebagian orang, menggunakan jejaring sosial Instagram hanya sebatas posting foto, mendapat like, dan membalas komentar. Namun, terdapat fitur lain yang sebenarnya dapat sobat manfaatkan. Apa sajakah fitur tersebut? Simak informasinya berikut ini.

10 Fitur Tersembunyi Instagram


1. Membatasi Penggunaan Data


Instagram merupakan salah satu aplikasi yang memerlukan data internet cukup banyak. Terlebih lagi jika kalian menggunakan data seluler untuk mengaksesnya. Nah, melihat permasalahan tersebut, rupanya pihak pengembang telah memberikan fitur untuk pembatasan penggunaan data.

Berikut ini cara lengkap untuk mengatur penggunaan akses data Instagram.

  • Buka Instagram dan masuk pada profil kita
  • Pilih bagian titik tiga untuk masuk ke pengaturan akun
  • Kemudian pilih “Penggunaan data seluler”
  • Setelah itu, pilih saja “Gunakan lebih sedikit data”
  • Menggunakan pengaturan ini akan membuat kita lebih hemat data. Konsekuensi dari pengaturan ini adalah loading foto dan video akan menjadi lebih lama.


2. Melihat History Komentar dan Like


Fitur tersembunyi berikutnya adalah kita dapat melihat history dari komentar dan like yang pernah kita lakukan. Tentu ketika menggunakan Instagram, kita akan melihat berbagai macam postingan orang lain dan kadang kala memberikan like. 

Lalu, bagaimana kita mengetahui history komentar dan like kita? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak langkah berikut ini.

  • Buka Instagram dan masuk ke profil kita
  • Tap icon tiga titik pada bagian pojok kanan layar bagian atas untuk masuk ke pengaturan
  • Kemudian, lihat menu bagian bawah dan cari “Kiriman yang Anda sukai”
  • Tap kalimat tersebut dan kemudian akan muncul foto dan video yang pernah kita like sebelumya.


3. Mendapat Pemberitahuan dari IG Favorit


Pada umumnya, ketika mengikuti IG orang lain, akan muncul pemberitahuan di aplikasi kita. Namun, jika following IG kita terlalu banyak, biasanya pemberitahuan tersebut dapat terganggu dan sering telat muncul.

Nah, untuk mengatasi itu semua, sobat dapat menggunakan fitur tersembunyi Instagram yang dapat membuat kita memperoleh pemberitahuan khusus dari akun IG favorit kita. Bagaimana caranya? Langsung saja simak infonya berikut ini.

  • Pertama, masuk dulu ke bagian favorit
  • Kemudian, pilih icon pengaturan seperti biasa
  • Setelah masuk pengaturan, langsung saja scroll saja ke atas dan pilih “Nyalakan Pemberitahuan Kiriman”
  • Nah, mulai dari sini, kita akan mendapatkan setiap pemberitahuan dari account favorit.



Baca juga: 10 Fakta Menarik Instagram yang Wajib Kamu Ketahui


4. Lock Keamanan Instagram


Fitur Instagram lainnya adalah fitur lock. Fitur ini membuat IG kita tidak dapat di follow atau diikuti oleh orang yang belum menjadi teman. Kita dapat memilih sendiri setiap permintaan pertemanan untuk nantinya kita approve agar IG tersebut menjadi teman kita.

Untuk membuat IG menjadi terkunci, kalian dapat ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, masuk pada profil Instagram kita
  • Kemudian, masuk pada menu pengaturan akun
  • Pilih “Akun Private” untuk mengaktifkan fitur ini
  • Selesai, Instagram kalian sekarang telah menjadi private atau lock.


5. Upload Banyak Foto dalam Sekali Posting



Fitur tersembunyi Instagram ini dapat sobat temui pada versi terbaru. Fitur ini memungkinkan kita untuk dapat mengupload banyak post dalam satu waktu. Batas maksimal jumlah post yang dapat sobat upload sekaligus adalah 10 post foto.

Untuk menggunakannya, langsung saja ikuti langkah dan cara berikut ini.

  • Pertama, kalian masuk pada menu upload foto
  • Kemudian, pilih bagian “Pilih Beberapa”
  • Tambahkan foto untuk di-upload. Maksimal 10 foto saja.
  • Jika sudah, pilih upload 


6. Mendaftarkan Lebih dari Satu IG


Bagi para pengguna Instagram biasa, mungkin masih belum tahu tentang fitur penambahan akun. Ya, kita dapat mendaftarkan lebih dari satu akun Instagram dalam satu aplikasi. Dengan begitu, sobat tidak perlu repot harus menggunakan banyak perangkat untuk mengakses IG tersebut. 

Fitur ini juga dapat memudahkan dalam mengatur akun pribadi dengan akun untuk urusan lain seperti jualan dan sebagainya. Bagaimana caranya? Langsung saja sobat simak info berikut ini.

  • Pertama, masuk pada profil Instagram kita
  • Kemudian, masuk pada bagian pengaturan 
  • Pilih bagian “Tambahkan Akun” dan login menggunakan IG lain tersebut
  • Selesai, kalian kini dapat mengakses dua atau lebih Instagram dalam satu aplikasi


7. Memiliki Font Spesial


Fitur tersembunyi Instagram selanjutnya adalah adanya font spesial yang dapat kita gunakan. Hal ini dapat menjadi variasi menarik dan fresh di aplikasi ini. Untuk melakukan hal tersebut, sobat memerlukan bantuan aplikasi atau situs.

Tenang, banyak kok aplikasi dan situs yang dapat sobat gunakan untuk mengubah font. Oh iya, selain dapat mengganti font profil, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengubah font pada feed dan juga story.


Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Download Lagu Gratis Terbaik di Android


8. Hide Komentar Spam


Menjamurnya pengguna Instagram tidak jarang memunculkan akun-akun iseng bahkan sampai mengganggu. Sebut saja akun pengiklan peninggi badan, pelangsing badan, dan komentar spam lainnya. Tentu hal tersebut sedikit banyak akan mengganggu kenyamanan kita saat menggunakan instagram.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menggunakan salah satu fitur Instagram yakni hide komentar. Untuk mengaktifkan fitur ini, sobat cukup buka bagian pengaturan akun dan pilih bagian privacy and security.

Kemudian, pilih bagian "Comment". Pada bagian ini kita dapat menentukan kata-kata yang kita tidak ingin muncul di kolom komentar post kita. Sobat bisa masukkan saja kata-kata umpatan, kata kotor, rasis, dan semacamnya.

9. Mengubah Feed Menjadi Insta Story


Fitur tersembunyi Instagram lainnya adalah mengubah post feed menjadi postingan Insta Story. Cara untuk menggunakan fitur ini sangat mudah. Sobat cukup tap logo direct di postinganmu dan pilih "add this post to story". 

Untuk menambah cantik story, sobat juga dapat melakukan beberapa pengaturan. Bagaimana? Mudah sekali bukan?


10. Menyembunyikan Post Orang Lain


Fitur Instagram terakhir adalah mampu menyembunyikan post dari orang lain tanpa perlu melakukan unfollow ataupun block. Cara ini dapat sobat lakukan dengan cukup mudah. 

Sobat hanya perlu mengaktifkan fitur mute untuk menyembunyikan atau hidden postingan dari akun orang lain. Nantinya, post dari orang tersebut tidak akan muncul pada bagian beranda dan juga Insta Story kita.

Itulah tadi beberapa fitur tersembunyi Instagram yang mungkin sobat belum ketahui. Secara umum, fitur tersebut sangat berguna bagi sobat yang gemar menggunakan jejaring sosial Instagram. Nah, sampai di sini saja info kali ini, jangan lupa share artikel ini jika sobat rasa dapat memberikan manfaat bagi orang lain.