Inilah Besaran Gaji Pramugari Kereta Api di Indonesia

PT. KAI atau kereta api Indonesia merupakan penyedia jasa utama kereta api di Indonesia. Tentu tidak mengherankan jika gaji karyawan seperti pramugari kereta dapat menerima gaji besar setiap bulannya. Bahkan gaji pramugari kereta api Indonesia dapat mencapai lebih dari 5 juta rupiah. Untuk lebih lanjut, sobat simak saja informasi di bawah ini.

gaji-pegawai-kereta


Gaji Pramugari Kereta Api


Seperti mimin sebutkan sebelumnya, seorang pramugari kereta memiliki penghasilan per bulan yang cukup tinggi. Mereka mendapatkan gaji pokok sebesar 4 juta setiap bulannya. Ditambah lagi dengan adanya insentif dan tunjangan membuat gaji yang diterima setiap bulannya dapat mencapai 7 juta per bulan.

Kisaran gaji tersebut merupakan gaji untuk pegawai baru sob. Sementara untuk pegawai level senior tentu mendapatkan gaji lebih tinggi dari itu. Namun, gaji besar tersebut tentu sangat sepadan mengingat tugas yang harus diemban cukup berat untuk mereka.

Tugas Seorang Pramugari  


Seorang pramugari  sendiri memiliki jobdesk mirip dengan pramugari pesawat. Mereka bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang seperti menyediakan selimut dan bantal, makan dan minum, melayani pertanyaan penumpang, serta merawat penumpang yang sakit.

Pada setiap gerbong armada kereta api umumnya diberikan dua pramugara serta dua pramugari. Biasanya, mereka akan menjalankan tugas sesuai shift dan tujuan khusus yang telah ditetapkan. 

Syarat Mendaftar Menjadi Pramugari Kereta 


Untuk menjadi seorang pramugari, tentu dibutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa syarat tersebut antara lain ijazah SMA dan mahir berbahasa asing khususnya bahasa Inggris. 

Selain itu, setiap calon pegawai harus lolos dari pelatihan yang digelar di Barak Rinifdam selama 2 minggu. Di barak tersebut akan diberikan pelatihan untuk calon pramugara/i khususnya tentang mental, nasionalisme, disiplin, kepemimpinan, serta rasa tanggung jawab. Untuk lebih jelasnya, berikut syarat lengkap untuk dapat mendaftar.

  1. Ijazah SMA 
  2. Sehat Rohani dan Jasmani
  3. Tubuh proporsional dan tinggi minimal 160 cm
  4. SKCK
  5. Berpenampilan menarik
  6. Tidak buta warna
  7. Mahir bahasa inggris (Nilai Tambah)
  8. Status single

Untuk urusan pendaftaran, kalian akan ditangani langsung oleh PT. Reska Multi Usaha. Apabila sobat tertarik untuk mendaftar, kalian dapat mengirimkan lamaran dan CV ke PT reska Multi Usaha 3 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Gambir No 3 Baciro, Yogyakarta.

Gaji pramugari kereta api di atas hanyalah berupa kisaran saja. Namun, nilai tersebut tetap dapat kalian gunakan sebagai acuan sob. Nah, demikian saja informasi dari mimin, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dan jangan lupa share artikel ini jika sobat anggap bermanfaat bagi orang lain. Sampai jumpa lagi, Bye.