Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Pada Anak dan Balita Secara Alami

Berbagai macam cara mengatasi bibir pecah pecah kerap kali coba dilakukan oleh banyak orang. Hal itu karena masalah seperti ini dapat dialami oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.


Memang benar, penyakit tersebut bukan kategori berat atau parah. Namun, tetap saja hal tersebut dapat mengganggu kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari.

cara-mengatasi-bibir-pecah2

Untuk mengatasi semua itu, biasanya orang akan langsung mencari solusi dengan mencari obat kimia. Namun, bagi sobat yang ingin mengurangi konsumsi obat kimia terdapat alternatif lain.


Kalian dapat mencoba mengatasi masalah tersebut secara alami. Bagaimanakah caranya? Simak saja info di bawah ini.



Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Secara Alami


Untuk mengatasi masalah bibir pecah, sobat dapat mencoba ramuan dengan bahan alami. Meskipun tidak menggunakan bahan obat-obatan kimia, tetapi khasiatnya tidak kalah baik. Berikut cara lengkapnya khusus untuk sobat info semuanya.

1. Kombinasi Vaseline dan Madu


Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki jutaan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu, madu seringkali digunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan kesehatan.


Perlu sobat tahu, madu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan bibir jika dikombinasikan dengan bahan Vaseline. Berikut cara membuat ramuan madu dan Vaseline untuk mengatasi masalah seperti itu.


Cara Pembuatan Ramuan:


  • Pertama, siapkan bahan ramuan yaitu madu dan juga Vaseline.
  • Selanjutnya, sobat oleskan madu ke seluruh permukaan bibir yang kering.
  • Setelah itu, sobat oleskan Vaseline secara merata dan diamkan sekitar 10 sampai 15 menit.
  • Jika sudah 15 menit, bersihkan campuran madu dan Vaseline tadi menggunakan kain katun yang telah dibasahi terlebih dahulu.
  • Untuk hasil yang maksimal, sobat info dapat melakukan langkah ini selama satu minggu.

2. Scrub


Secara umum, scrub memiliki manfaat untuk membuat sel kulit mati menjadi terangkat atau terkelupas. Menggosokkan scrub ke bagian bibir akan membuat sel kulit mati terangkat sehingga bibir akan terlihat makin sehat dan lembap.


Untuk membuat scrub alami, kalian dapat menggunakan bahan gula. Berikut cara untuk membuat scrub dari gula.

Cara Pembuatan Scrub Gula:


  • Pertama, siapkan gula pasir, madu, dan minyak zaitun.
  • Selanjutnya, sobat dapat ambil gula pasir sebanyak dua sendok teh dan juga minyak zaitun.
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata.
  • Tambahkan madu sebanyak setengah sendok teh pada campuran tersebut.
  • Setelah itu, diamkan ramuan tersebut beberapa menit.
  • Oleskan secara perlahan pada bagian bibir dengan lembut.
  • Jika sudah, bilaslah dengan air hangat.
  • Untuk hasil maksimal, sobat info dapat melakukan cara ini secara rutin.

3. Ramuan Mentimun


Mentimun ternyata juga ampuh untuk menyegarkan bibir sehingga dapat terhindar dari pecah dan kering. Hal tersebut karena pada mentimun terdapat banyak nutrisi yang baik bagi tubuh manusia.


Dengan begitu, bibir akan terlihat menjadi lebih segar dan sehat. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi bibir pecah pecah menggunakan mentimun.

Cara Pembuatan Ramuan Mentimun:

  • Pertama siapkan mentimun secukupnya.
  • Iris tipis mentimun.
  • Gosokan irisan mentimun pada bibir secara lembut.
  • Kemudian, kalian diamkan saja beberapa saat
  • Setelah itu bilas menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang optimal, kalian dapat lakukan secara rutin

4. Ramuan Lidah Buaya


Selain mentimun, lidah buaya rupanya juga ampuh untuk mengatasi masalah bibir pecah pecah. Caranya cukup mudah, sobat cukup mengoleskan gel lidah buaya secara rutin pada bagian bibir.


Pemakaian gel lidah buaya secara rutin akan membuat bibir menjadi segar dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

5. Ramuan Krim Buah Lemon


Menggabungkan air lemon dengan madu rupanya sangat ampuh sebagai cara mengatasi bibir pecah  pecah. Seperti diketahui, lemon memiliki manfaat untuk memutihkan secara alami. Sementara itu, madu dikenal mampu melindungi tubuh dari berbagai efek negatif seperti radikal bebas.

Cara Pembuatan Ramuan Lemon dan Madu:



  • Siapkan terlebih dahulu bahan lemon, madu, dan minyak jarak.
  • Selanjutnya, campur setengah sendok teh minyak jarak, 1 sendok teh madu, dan juga lemon.
  • Aduklah secara merata dan oleskan pada bibir setiap menjelang tidur.
  • Untuk hasil yang terbaik, kalian dapat melakukannya secara rutin.




Cara Mengatasi Bibir Pecah Pada Anak Balita


Bibir pecah dan kering sering kali juga terjadi pada anak balita. Hal itu karena pada usia tersebut, si anak sedang dalam masa yang aktif sehingga sangat rentan terkena dehidrasi atau cairan tubuh akibat kelelahan ataupun cuaca yang panas. Berikut cara untuk mengantisipasinya.

1. Minum Air Putih




Cara mengatasi bibir pecah pada anak balita adalah dengan rajin menyuruhnya minum air putih. Meminum air putih memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh anak termasuk mengatasi bibir pecah dan kering.


Minum air putih secara rutin secara tidak langsung dapat membuat kulit anak terjaga kesehatannya serta terhindar dari yang namanya dehidrasi.


Untuk menjaga agar asupan air putih anak cukup, sobat info sebagai orang tua juga harus selalu mengingatkan anak untuk minum. Hal itu karena biasanya pada usia tersebut anak sangat suka bermain dan seringkali lupa waktu untuk minum air putih.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayur




Cara mengatasi bibir pecah pecah berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah. Seperti yang diketahui, buah dan sayur memiliki banyak sekali nutrisi yang baik dan berguna bagi pertumbuhan anak. Selain itu, kandungan air yang terdapat pada buah dan sayuran mampu menjaga anak agar tidak mengalami dehidrasi.


Untuk itu, membiasakan anak untuk rajin mengkonsumsi buah dan sayur akan membuat kebutuhan air anak terpenuhi sehingga akan terhindar dari bibir pecah dan kering. Buah dan sayur yang bisa diberikan untuk anak di antaranya adalah semangka, jeruk, sawi, brokoli, bayam, dan juga kembang kol.

3. Menggunakan Humidifier




Cara mengatasi bibir pecah pecah selanjutnya adalah dengan humidifier. Pelembap udara atau yang biasa dikenal dengan nama humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk membuat kualitas udara lembap, bebas jamur, dan juga bebas bakteri.


Sobat info dapat memasang alat tersebut pada tempat yang sering digunakan anak seperti tempat bermain dan juga kamar tidur.

4. Mengoleskan Madu atau Pelembap 




Madu merupakan zat alami yang memiliki banyak khasiat bagi manusia. Salah satu manfaatnya adalah untuk melembapkan kulit manusia. Untuk mencegah bibir pecah pada anak, sobat info dapat mengoleskan madu ke bagian bibir anak secara merata. Dengan begitu, si Anak akan terhindar dari bibir kering dan pecah.


Selain menggunakan madu, kalian juga dapat menggunakan pelembap bibir. Pelembap bibir dapat dioleskan ke bibir anak pada waktu pagi sebelum si Anak mulai beraktivitas. Oleskan juga pelembap pada malam hari agar perlindungan bibir anak menjadi lebih sempurna.

Cara Mengatasi Bibir Pecah pada Bayi




1. Bersihkan Bibir Bayi secara Rutin


Untuk mencegah bibir bayi mengalami pecah dan kering, sobat dapat melakukan pembersihan secara rutin pada bibir bayi.


Sobat info dapat menggunakan cotton bud dan air yang bersih untuk membersihkan dan melembapkan bibir si bayi. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk memberikan perlindungan yang maksimal kepada si bayi.

2. Oleskan Petroleum Jelly


Cara mengatasi bibir pecah pada bayi berikutnya adalah menggunakan petroleum jelly. Menggunakan petroleum jelly juga cukup ampuh untuk mencegah bibir bayi agar tidak mengalami kering dan pecah-pecah.

Namun, sebelum melakukan perawatan ini, sobat lebih baik mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter khusus anak yang dipercaya. Hal tersebut untuk mencegah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada si bayi seperti alergi dan sebagainya.

3. Air Susu Ibu


Selain berfungsi sebagai asupan gizi utama bayi, ternyata ASI atau air susu ibu juga mampu memberikan perlindungan pada bibir bayi. Sobat dapat mengoleskan ASI ke bibir si bayi menggunakan jari. Sebelum mengoleskan ASI, pastikan terlebih dahulu jari atau tangan sobat telah dalam keadaan steril dan bersih.


4. Minyak Kelapa


Selain menggunakan ASI, cara mengatasi bibir pecah pada bayi juga dapat dilakukan menggunakan minyak kelapa pada bibir bayi untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.


Minyak kelapa banyak mengandung lauric acid yang mirip seperti ASI. Kandungan tersebut berfungsi untuk melembapkan bibir si bayi agar terhindar dari bibir pecah dan kering.


Bibir kering atau pecah-pecah mungkin termasuk umum ditemui pada bayi, tetapi apabila kondisi tersebut sudah berlangsung terlalu lama dan disertai dengan keluhan lain seperti demam, bibir mengeluarkan darah, sebaiknya sobat membawa si bayi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih mendalam.


Cara mengatasi bibir pecah pecah dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah seperti yang disebutkan di atas. Sobat dapat mendapatkan hasil maksimal jika melakukannya secara benar dan rutin.

Namun, apabila bibir pecah dan kering tidak kunjung sembuh juga, sobat dapat memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan analisis yang lebih lengkap dan mendalam.