8 Dampak Radiasi Smartphone bagi Kesehatan

Hadirnya smartphone di kehidupan manusia tentu memiliki tujuan baik. Namun, semua itu tetap ada aturan dalam penerapannya. Salah satunya terkait dengan paparan radiasi. Perlu sobat ketahui, terdapat dampak radiasi smartphone bagi kesehatan jika terlalu sering menggunakannya. Untuk itu, sebelum terlambat, ada baiknya kalian mengetahui dampak dari adanya radiasi tersebut.

dampak-radiasi-smartphone


Terkait dengan bahaya tersebut, kita sebenarnya tidak perlu terlalu panik. Namun, tetap harus waspada dan bijak dalam memanfaatkan teknologi smartphone di kehidupan sehari-hari. Cukup gunakan pada saat penting saja, dalam artian jangan sampai kita ketagihan dan ketergantungan dengan ponsel pintar ini. Well, tidak usah berlama-lama, langsung saja simak informasi berikut ini.

8 Dampak Radiasi Smartphone Bagi Kesehatan


1. Badan Lelah dan Susah Tidur

Apabila kita terus-terusan menggunakan handphone bahkan sampai berjam-jam tentu akan ada dampak yang terjadi pada kita. Saraf yang ada di kepala dan wajah kita otomatis akan mengalami ketegangan. Hal tersebut akan membuat kita lebih cepat lelah serta mengalami kekurangan energi karena kurang cairan tubuh.

Lebih buruknya, kondisi tubuh yang terlalu lelah dan letih akan membuat kita mengalami kesulitan saat akan tidur dan beristirahat. Hasilnya, jam tidur kurang dan kesehatan tubuh akan mengalami gangguan.

2. Sakit Kepala

Dampak radiasi smartphone secara berlebihan juga dapat membuat seseorang merasakan sakit kepala hingga vertigo. Hal tersebut dapat terjadi karena kebiasaan kita pada saat menggunakan HP yang terlalu dekat dengan posisi kepala.

Apabila kebiasaan tersebut terus dilakukan lama-kelamaan akan membuat paparan radiasi mengalami penumpukan dan menyebabkan otak kita terganggu. Jika sudah begitu, seseorang dapat terserang sakit kepala hingga muntah-muntah sob.

3. Mengganggu Kinerja Otak

Seperti yang telah mimin singgung sebelumnya, dampak radiasi smartphone dapat menyebabkan kinerja otak kita terganggu sob. Biasanya gangguan tersebu berupa munculnya kerusakan beberapa sel pada otak. Radiasi yang dikeluarkan oleh handphone memiliki kekuatan yang cukup untuk dapat masuk menerobos ruang hampa dan jaringan otak kita.

Jika hal tersebut terus terjadi dalam waktu yang lama, maka dapat memicu munculnya sel otak akustik neuroma dan juga munculnya glikoma pada otak manusia. Duh, ngeri juga ya sob. Jangan sampai kalian mengalaminya ya!

4.  Mengganggu Kesehatan Janin

Gangguan juga dapat terjadi pada seorang wanita yang sedang mengandung atau hamil. Untuk itu, bagi ibu hamil sebaiknya mengurangi intensitas penggunaan smartphone. Usahakan penggunaan smartphone jangan terlalu dekat dengan perut dan juga rahim ibu.

Hal tersebut tentu bertujuan untuk menghindari terpaparnya janin oleh radiasi yang dipancarkan smartphone. Jika hal tersebut sampai terjadi, dikhawatirkan janin dapat mengalami gangguan selama masa kehamilan.

5. Menimbulkan Kerusakan pada Ginjal

Bagi kalian yang suka menaruh smartphone di kantong celana sepertinya harus lebih berhati-hati lagi. Hal tersebut karena radiasi dari ponsel tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan kalian. Paparan radiasi dapat menembus tubuh dan masuk ke area ginjal kita.

Apabila kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin ginjal seseorang dapat mengalami gangguan bahkan hingga kerusakan secara perlahan-lahan.

6. Menyebabkan Kemandulan 

Selain dapat mengganggu kinerja ginjal manusia, radiasi smartphone yang kalian simpan di kantong celana juga dapat menimbulkan gangguan reproduksi pria sob. Aliran darah yang semula lancar akan mengalami gangguan karena paparan dari radiasi tersebut. Alhasil, alat reproduksi seseorang dapat terganggu.

Untuk jangka panjang, bukan tidak mungkin paparan tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami kemandulan. Perlu diperhatikan nih. Bagi kalian yang suka menyimpan smartphone di kantong celana sebaiknya mulai menguranginya. Simpan saja ponsel di tas untuk lebih aman.


7. Memicu Munculnya Kanker Payudara

Selain pada kantong celana, meletakkan ponsel di saku baju juga sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan. Hal itu karena dikhawatirkan paparan radiasi smartphone dapat memicu untuk munculnya sel kanker pada payudara seseorang.

Karena dampak tersebut tidak berlangsung secara instan, ada baiknya kalian mengurangi menyimpan smartphone di kantong baju sob. Simpan saja di dompet atau tas slempang dan sejenisnya untuk mengurangi paparan risiko radiasi smartphone.

8. Menimbulkan Depresi

Tidak hanya pada urusan kesehatan organ saja, dampak radiasi smartphone bagi kesehatan juga dapat menimbulkan masalah psikis seperti munculnya depresi. Meski bukan sepenuhnya disebabkan oleh radiasi, namun hal ini tetap wajib kalian perhatikan.

Seseorang yang terlalu sering menggunakan handphone cepat atau lambat akan mengalami ketergantungan sob. Jika hal tersebut dibiarkan saja tanpa ada tindakan preventif, dikhawatirkan orang tersebut akan mengalami depresi jika tidak menggunakan ponsel dalam beberapa saat saja. Untuk itu, wajib hukumnya bagi orang untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin sob.

Well, itulah tadi beberapa dampak radiasi smartphone bagi kesehatan tubuh kita sob. Ingat, semua hal di atas dapat terjadi secara instan melainkan dampak jangka panjang. Oleh karena itu, kalian tidak perlu panik tetapi tetap harus waspada. Gunakanlah teknologi ini dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan saja agar tubuh dapat terhindar dari segala dampak negatif yang tersimpan di dalamnya.