6 Cara Mengatasi OTG Tidak terdeteksi di Android

Teknologi OTG atau On-The-Go merupakan suatu teknologi yang dapat menghubungkan perangkat smartphone ke beberapa perangkat lain. Namun, pada saat penggunaan sering kali ditemui OTG tidak terdeteksi. Untuk itu, mimin akan memberikan informasi tentang cara mengatasi OTG tidak terdeteksi di Android kalian sob.

cara-mengatasi-otg-tidak-terdeteksi-di-android
(source: commons.wikimedia.org)



Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan On-The-Go tidak terbaca seperti terjadi sistem error, hardware bermasalah, versi kernel tidak support, dan juga perangkat yang akan disambungkan mengalami error. Tentu kesal bukan jika hal tersebut sampai terjadi? 


Masalah Pada OTG



Jenis masalah yang menyertai On-The-Go memang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering kali dialami ketika menggunakannya.

  1. USB OTG berhasil tersambung namun smartphone tidak dapat mendeteksi
  2. Berhasil terdeteksi namun perangkat tidak bisa membaca
  3. OTG hanya dapat terdeteksi pada versi Android atau merek HP tertentu saja
  4. Beberapa merek flashdisk tidak terbaca



Cara Mengatasi OTG Tidak Terdeteksi di Android



1. Periksa Kabel On-The-Go



Cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan memeriksa keadaan dari kabel OTG. Untuk mengeceknya, kalian dapat menggunakan kabel On-The-Go tersebut pada perangkat smartphone lain. Kemudian, coba hubungkan smartphone dengan flashdisk. 


Jika flashdisk berhasil terdeteksi dan terbaca di smartphone lain, berarti terdapat error pada perangkat kalian. Sebaliknya, jika tetap tidak dapat terdeteksi, berarti terdapat kerusakan atau error pada kabel tersebut. 


2. Lakukan Restart Handphone



Cara berikutnya adalah dengan melakukan restart perangkat HP kalian. Cara ini dapat dicoba apabila smartphone kalian sebelumnya sudah sering dan bisa digunakan OTG dengan baik. Dengan melakukan restart, sistem pada ponsel akan menjadi kembali normal.


Berbagai crash pada aplikasi ataupun error pada sistem hardware akan kembali normal. Dengan begitu, kabel USB OTG dapat kembali berfungsi normal dan dapat terdeteksi kembali di handphone kalian.


3. Periksa Flashdisk 



Seperti yang mimin bilang sebelumnya, kesalahan tidak hanya terjadi pada perangkat HP saja, namun juga bisa dari hardware eksternal yang akan dihubungkan seperti Flashdisk ataupun harddisk. Untuk itu, kalian juga wajib untuk memeriksa apakah kedua benda tersebut dapat berfungsi dengan baik.


Caranya, kalian dapat menggunakan bantuan laptop ataupun perangkat komputer. Hubungkan flashdisk ataupun harddisk pada laptop atau PC dan periksa apakah berhasil terbaca atau tidak. Pastikan juga format yang digunakan adalah tipe FAT32 atau FAT. 


Jika tidak terbaca dan terdeteksi juga, kemungkinan besar memang flashdisk atau harddisk kalianlah yang mengalami kerusakan atau error.


4. Lakukan Format Pada Flashdisk atau Harddisk



Cara lainnya yang bisa kalian lakukan adalah melakukan format pada flashdisk atau harddisk. Cara ini bisa kalian coba jika sebelumnya kedua alat tersebut dapat berfungsi secara normal namun tiba-tiba tidak dapat terdeteksi.


Untuk melakukan format, kalian dapat menggunakan bantuan laptop ataupun pc. Agar dapat terdeteksi kembali, pastikan sistem yang digunakan saat melakukan format adalah FAT32 sob. Caranya seperti berikut ini.


  • Pertama, klik kanan pada flashdisk ataupun harddisk kalian.  
  • Pilih “Properties”
  • Pilih “Format”
  • Pilih “FAT32” pada sistem filenya
  • Kemudian klik “Format”
  • Tunggu proses format sampai selesai.
  • Setelah proses format berakhir, kalian dapat coba kembali hubungkan perangkat flashdisk ke ponsel kalian lagi. 



5. Gunakan Merek Flashdisk Lain



Seperti yang dibahas pada sub sebelumnya, terdapat perangkat HP yang hanya mampu mendeteksi OTG pada merek Flashdisk tertentu. Untuk itu, apabila pada satu merek tidak bisa terbaca, kalian dapat mencobanya dengan merek lain yang mungkin telah support pada smartphone kita.


Hal tersebut dapat terjadi karena pada beberapa kasus, beberapa merek flashdisk hanya dapat terdeteksi pada Smartphone tertentu saja. Jadi, mau tidak mau kalian harus menyesuaikannya sob.


Apabila dengan merek lain datanya dapat terbaca di perangkat HP kita, dapat disimpulkan bahwa kernel smartphone sobat hanya dapat mendukung beberapa merek flashdisk tertentu saja.


Baca juga: Apa Itu USB OTG? dan Apa Saja Kegunaannya?

6. Melakukan Format Factory HP



Cara mengatasi OTG tidak terdeteksi di android adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini dapat kalian lakukan apabila beberapa cara sebelumnya tidak berhasil. Terlebih lagi jika kalian sangat mengandalkan OTG untuk menunjang kegiatan sehari-hari.


Namun, jika kalian hanya sesekali saja memanfaatkan teknologi ini, ada baiknya dipikirkan lagi sebelum melakukan format factory. Perlu diketahui, dengan melakukan factory reset, semua data dan media akan terhapus semuanya. Jadi harus dilakukan dengan pertimbangan terlebih dahulu.


Jika ingin lebih aman, kalian dapat terlebih dahulu melakukan back up data yang ada pada smartphone kalian. Dengan begitu kalian dapat melakukan format tanpa harus takut kehilangan data penting. Oke?


Well, itulah tadi beberapa cara mengatasi OTG tidak terdeteksi di Android yang bisa mimin sampaikan. Semoga informasi yang tidak seberapa ini dapat memberikan manfaat bagi sobat info semuanya. Sampai jumpa di artikel Mister Songga berikutnya ya sob. See you!