Inilah 6 Cara Mengatasi Hago Ngelag dengan Mudah Tanpa Ribet

Hago menjelma menjadi salah satu platform multigame terbaik saat ini. Terdapat berbagai macam jenis permainan online seru yang bisa kita coba. Namun, seperti halnya game online lain, pasti terdapat masalah pada saat bermain seperti lag. Tetapi tenang saja, kini telah banyak cara mengatasi hago ngelag yang bisa sobat coba.


cara-mengatasi-hago-lag



Masalah lag atau ngelag merupakan masalah umum pada game dengan berbasis online seperti Hago ini. Untuk itu, diperlukan solusi tepat untuk mencegah ataupun mengatasi masalah tersebut. Apa sajakah langkah untuk mengatasinya? Simak informasinya berikut ini.


Cara Mengatasi Hago Ngelag



1. Bersihkan RAM Android



Cara mengatasi hago ngelag yang pertama adalah dengan melakukan pembersihan RAM di Android kalian. Meski terdengar sepele, rupanya hal ini seringkali menjadi penyebab berbagai macam permainan menjadi lag atau mengalami crash.


Biasanya, RAM menjadi penuh karena kita sedang membuka lebih dari satu jenis game atau aplikasi secara bersamaan. Hal itu lama-kelamaan akan memberikan beban kepada kapasitas RAM smartphone kalian.


Alhasil, game Hago atau aplikasi lain dapat mengalami lag saat kalian menjalankannya. Untuk itu, kalian wajib untuk membersihkan RAM sebelum memulai bermain Hago ataupun game lainnya. Sobat dapat membersihkan secara manual ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.


Bagi yang belum tahu, kalian dapat membersihkan dan melegakan RAM di Android dengan cara masuk pada bagian task manager dan kalian pilih saja bagian RAM. 


Setelah itu, sobat pilih “Clean Memory”. Secara otomatis, segala macam aplikasi di background akan ditutup dan RAM menjadi lega.


2. Update OS Android dan Aplikasi 



OS atau Operating System merupakan nyawa dari suatu smartphone. Semakin baru seri dari OS tersebut maka akan semakin baik pula kinerja dari suatu smartphone.


Untuk itu, apabila terdapat update OS terbaru sobat lebih baik segera untuk melakukannya. Kenapa? Karena bisa saja penundaan update OS tersebut akan menimbulkan bug dan juga error di smartphone kalian.


Salah satu hal yang dapat terjadi adalah muncul error dan lag pada saat kita membuka suatu aplikasi ataupun game. Oh iya, update OS juga dapat mengoptimalkan kinerja RAM. Dengan begitu, beban kinerja smartphone menjadi lebih ringan dan aplikasi seperti Hago dapat berjalan lancar.


3. Cek Internal Memori



Pada saat kita menggunakan smartphone, banyaknya data masuk akan membuat kinerja smartphone dalam membaca data menjadi lebih lambat. Hal itulah yang kerap kali menjadi penyebab game Hago ngelag.


Load menjadi lambat, kinerja RAM menjadi berat, alhasil apapun aplikasi dan game yang kita buka pasti akan mengalami gangguan lag atau bahkan error. 


Untuk itu, kita sebagai pemilik dan pengguna HP sebaiknya selalu mengecek kapasitas internal memori kita. Pastikan tidak terdapat terlalu banyak aplikasi dan game yang terinstal. Jika sampai terjadi, hampir pasti dipastikan kinerja HP jadi lambat dan ngelag.


Pilihlah aplikasi dan game mana saja yang sekiranya penting untuk berada di dalam hp kalian. Dengan begitu, akan banyak ruang memori tersisa pada internal memori. 


Kinerja hp jadi ringan dan RAM tidak terlalu berat bekerja. Alhasil, lag dan error pasti akan jarang kalian rasakan pada saat bermain game.



4. Pilih Widget dan Wallpaper Ringan 




Pemilihan widget dan wallpaper juga menjadi salah satu hal penting untuk mengatasi hago ngelag sob. Banyak orang beranggapan bahwa kedua komponen tersebut tidaklah terlalu membebani kinerja smartphone.


Tetapi, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Apalagi jika widget dan wallpaper yang digunakan memiliki size besar dan membutuhkan banyak daya.


Oleh karena itu, kalian sebaiknya memilah-milah widget dan wallpaper sesuai dengan kebutuhan saja. Usahakan pilih widget berukuran ringan. Jangan sampai adanya widget malah membuat hp menjadi lambat sob.


Tidak enak juga bukan kalau tampilan bagus tetapi kinerja smartphone kita lemot bagaikan siput? Lebih baik tampilan sederhana tetapi kinerjanya lancar dan baik.



5. Scan Virus dan Malware




Seperti halnya laptop dan komputer, smartphone juga dapat terkena dan terinfeksi virus atau malware sob. Pada hp, biasanya virus dan malware tersebut akan menyerang dari background layar. Alhasil, RAM menjadi banyak digunakan dan hp jadi ngelag.



Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat secara rutin melakukan pengecekan virus dan juga malware. Bisa dengan antivirus di smartphone ataupun kalian menggunakan laptop atau pc untuk melakukan scanning. 


Bagaimana? Mudah bukan cara mengatasi hago ngelag dengan membersihkan virus dan malware?



6. Lakukan Root (Tidak Recommended)




Cara mengatasi hago ngelag yang terakhir adalah melakukan rooting. Namun, mimin sendiri tidak menyarankan kalian sampai melakukan ini jika tidak yakin bisa melakukannya sendiri.



Mengapa begitu? Hal tersebut karena pada saat rooting, kita harus melakukan overlock. Memang sih, dengan melakukan overlock, kinerja hp kita akan menjadi lebih cepat. Namun, untuk melakukan hal tersebut memerlukan ilmu dan skill tertentu sob.



Kita tidak boleh sembarangan mencobanya jika tidak memiliki ilmu yang cukup. Untuk melakukannya, kalian dapat meminta bantuan orang yang lebih ahli atau langsung ke service hp.



Oh iya, perlu kalian ketahui, memang root akan membuat kinerja HP kita menjadi lebih cepat, namun hal tersebut akan membuat HP kita menjadi cepat panas. Jika root telah dilakukan dalam jangka waktu lama biasanya akan membuat usia dari perangkat smartphone kita umurnya singkat.



Jadi, kalian harus benar-benar berfikir secara matang sebelum melakukan rooting sob. Jangan sampai terjadi penyesalan di kemudian hari.



Itulah tadi beberapa cara mengatasi hago ngelag yang dapat kalian coba. Dengan begitu, kalian dapat bermain hago dengan lancar tanpa khawatir mengalami lag.