7 Aplikasi Video Conference Terbaik untuk Work from Home Kalian

Pandemi Covid-19 yang terjadi belakangan ini membuat banyak perusahaan mengharuskan karyawannya bekerja di rumah atau Work from Home (WFH). Salah satu sarana pendukung berjalannya WFH agar dapat berlangsung dengan baik dan efisien adalah aplikasi video conference terbaik.


aplikasi-video-conference



Aplikasi tersebut dapat membantu dalam mengerjakan pekerjaan kantor di rumah meskipun harus terpisah pada jarak satu sama lain. Selain itu, adanya video conference juga dapat membuat koordinasi dan kerja sama tim tetap berjalan dengan baik.


Nah, bagi sobat yang bingung dalam menentukan aplikasi mana yang cocok untuk melangsungkan video conference saat WFH, mimin telah rangkum beberapa rekomendasi terbaik untuk kalian. So, langsung saja simak informasinya berikut ini. Cekidot!


Aplikasi Video Conference Terbaik



1. Zoom Meeting



Zoom meeting menjadi piranti pertama yang mimin rekomendasikan untuk sobat info. Seperti kita tahu, Zoom meeting saat ini cukup populer digunakan di Indonesia untuk media video conference. Tetapi wajar saja sih, soalnya aplikasi tersebut mampu memadai video conference hingga 1000 orang sob. Keren bukan?


Selain dapat kita gunakan untuk melakukan konferensi video, Zoom juga dapat melakukan hal menarik lainnya seperti live chat, record meeting, audio conference, sampai dengan webinars. Melihat dari kegunaannya tentu aplikasi tersebut sangat membantu kinerja sobat pada saat harus WFH.



2. Google Hangouts Meet



Jika sobat merupakan pengguna yang gemar menggunakan produk Google, Google hangouts meet menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan konferensi video. Seperti halnya produk Google lainnya, Hangouts juga telah terhubung dengan Google apps yang lain jadi akan memudahkan sobat dapat sync data.


Lebih hebatnya lagi, Hangouts Meet juga terhubung secara langsung dengan Google Calendar sob. Hal tersebut membuat kita tidak perlu bingung ketika hendak bergabung dalam suatu video conference yang ada di Hangouts Meet.


3. Skype



Skype merupakan platform video call terfavorit di dunia. Banyak sekali orang di dunia termasuk Indonesia yang menggunakan Skype untuk melakukan panggilan video. 


Selidik punya selidik, Skype ternyata juga dapat digunakan untuk melakukan video conference sob. Untuk melakukan hal tersebut, kita dapat memanfaatkan fitur bernama “Meet Now”. Dengan memanfaatkannya, kita dapat membuat grup video conference dengan banyak orang.


Fitur menarik lain yang ada pada Skype di antaranya adalah dapat melakukan perekaman panggilan sampai dengan 30 hari, bisa membagikan hasil presentasi untuk kemudian dibahas bersama-sama, dan kita juga bisa membuat background menjadi blur atau kabur. 


4. Google Duo



Google Duo menjadi rekomendasi aplikasi konferensi video yang berikutnya sob. Namun, terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari aplikasi yang telah dibahas sebelumnya. Hal tersebut ada pada kapasitas ruang yang hanya dapat digunakan sebanyak 12 orang saja.


Untuk mengakses Google Duo ini, sobat dapat menggunakan beberapa jenis perangkat seperti Android, tablet, iOS, ataupun melalui websitenya langsung. 


5. Slack



Aplikasi berikutnya rekomendasi dari mimin adalah Slack. Aplikasi Slack ini kerap kali dianggap memiliki potensi untuk menggantikan fungsi dan peran dari email tempat kerja ataupun perusahaan sob. Hal tersebut karena Slack mampu menyuguhkan aplikasi chatting yang memiliki fitur selayaknya email.


Selain dikenal karena kemampuan seperti yang disebutkan tadi, rupanya Slack juga memiliki fitur berupa layanan konferensi video yang bisa kita gunakan. Namun, hampir sama dengan Google Duo, aplikasi tersebut hanya mampu menampung orang dalam jumlah kecil saja yakni 15 orang.



6. Cisco WebEx



Aplikasi video conference terbaik berikutnya ini sangat cocok untuk digunakan perusahaan skala besar dengan jumlah karyawan yang banyak. Aplikasi tersebut bernama Cisco WebEx sob. Banyak sumber mengatakan bahwa Cisco WebEx ini mampu memberikan pengalaman video conference dengan kualitas gambar yang baik.


Selain itu, Cisco WebEx juga menjamin kenyamanan video konferensi dengan meminimalisasi suara background selama konferensi video sedang berjalan. Jadi, kita tidak akan terdistract dan terganggu dengan adanya suara latar yang mengganggu jalannya konferensi video.



7. Jitsi



Terakhir, sobat dapat coba aplikasi video conference terbaik bernama Jitsi. Aplikasi tersebut dapat kalian gunakan secara gratis karena tidak terdapat fitur dan paket premium atau berbayar pada aplikasi Jitsi.


Meski begitu, Jitsi memiliki fitur dan kemampuan lengkap dengan adanya Etherpad untuk edit dokumen, Share Screen, mengirim live chat, dan dapat diakses oleh pengguna dalam jumlah yang besar. 


Hal menarik lainnya adalah Jitsi dapat kalian hubungkan langsung ke live stream YouTube sob. Jadi, kalian dapat melakukan live stream YouTube memanfaatkan aplikasi tersebut.


Well, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi video conference terbaik untuk sobat info semuanya. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi sobat yang sedang mencari platform untuk video call ataupun conference.