4 Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau dan Syaratnya

Berbicara tentang pendidikan tentu tidak terlepas juga dengan dana. Apalagi untuk pendidikan tinggi seperti kuliah. Pastinya banyak orang tua yang ingin sang anak dapat menempuh bangku kuliah. Tetapi, keterbatasan dana kerap kali menjadi penghalang. Banyak anak harus rela tidak melanjutkan pendidikan karena keterbatasan dana dari orang tua.


pinjaman dana pendidikan



Melihat fakta tersebut, kini terdapat opsi lain agar anak tetap dapat menempuh pendidikan tinggi yakni dengan pinjaman dana pendidikan. Dengan pinjaman tersebut, orang tua dapat mewujudkan keinginan sang anak untuk mengenyam bangku kuliah. Nah, apa sajakah rekomendasi pinjaman dana pendidikan tersebut? Simak informasinya berikut ini. Cekidot!


Apa Itu Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau?


Sebelum membahas rekomendasi tempat peminjaman dana, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu dana pinjaman pendidikan. 


Pinjaman dana pendidikan adalah suatu produk pinjaman yang didapat dari lembaga keuangan tertentu ataupun bank yang ditujukan untuk memenuhi biaya yang berkaitan dengan pendidikan. Pada umumnya, jenis pinjaman tersebut diberikan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke tahap kuliah baik S1, S2, maupun S3.


Namun, saat ini juga telah ada penyedia jasa yang meminjamkan dana pendidikan di level sekolah maupun ke pendidikan kursus dan pelatihan. 


Jenis peminjaman dana pendidikan terjangkau ini memiliki suku bunga ringan serta tenor pembayaran yang panjang. Selain itu, tidak perlu syarat yang begitu rumit untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Yang terpenting, si peminjam memiliki pendapatan yang konsisten di angka tertentu. Jadi, tidak perlu ada aset yang sobat miliki untuk dijaminkan.


Berbagai kemudahan dalam mengajukan pinjaman tersebut pastinya membuat banyak orang tertarik untuk mengajukan pinjaman. Bahkan, apabila sobat berstatus mahasiswa yang sudah memiliki penghasilan tetap juga dapat mengajukannya. Keren bukan sob?


Untuk jumlah pinjaman, sobat dapat mengajukannya bervariasi. Semua itu tergantung dengan ketentuan dari si penyedia pinjaman. Sedangkan untuk bunganya, kita akan dikenai sebesar 0,65% sampai dengan 0,72% setiap bulan dan sampai dengan 6,5% / tahun.


Apa Syarat Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau Itu?


Lanjut mimin akan bahas syarat-syarat yang harus sobat siapkan untuk mendapatkan pinjaman. Apa saja syaratnya? Berikut informasinya.


  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki rekening Bank tertentu
  3. Memiliki penghasilan pasti dan tetap dengan menunjukkan slip gaji
  4. Berstatus mahasiswa aktif di perguruan tinggi Indonesia
  5. Memiliki catatan pembayaran angsuran lancar


Jika sobat merasa sudah memiliki semua persyaratan di atas, langsung saja mengajukan permintaan pinjaman ke lembaga atau bank terkait. 


Apa Saja Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau?


Ini ada beberapa rekomendasi penyedia jasa peminjaman untuk sobat. Pastinya, setiap penyedia jasa memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, pastikan pilih yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Well, tidak usah lama-lama lagi, langsung saja simak informasinya. Cekidot!


1. Kredit Pendidikan BTN


Pinjaman dana pendidikan terjangkau yang pertama adalah kredit Bank BTN. Jenis pinjaman ini dapat dilakukan oleh orang tua/wali ataupun mahasiswa sendiri. Tujuannya pasti yakni untuk membiayai pendidikan si anak baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Paling penting, si peminjam punya pendapatan tetap beserta syarat-syarat lainnya.


Sobat dapat mengajukan pinjaman sampai dengan nominal Rp 200 juta dengan bunga 6,5% dan masa tenor sampai 5 tahun. Besaran pinjaman dapat disesuaikan dengan kemampuan peminjam dalam membayar dan juga besar pendapatannya.


Berikut persyaratan lengkapnya:

  • WNI
  • Nasabah BTN
  • Punya riwayat angsuran lancar
  • Wajib menjadi debitur KPR BTN paling tidak satu tahun
  • Wajib menjadi debitur KAR BTN paling tidak dua tahun




2. Dana Cita


Berikutnya sobat dapat mengajukan pinjaman dana pendidikan terjangkau di Dana Cita. Dana pinjaman dapat digunakan untuk membiayai kursus ataupun pendidikan perguruan tinggi. Pinjaman dana diberikan untuk membayar kuliah di institusi yang menjalin kerja sama dengan Dana Cita.


Berikut beberapa universitas yang menjalin kerja sama dengan dana cita:


  • Institut Teknologi PLN
  • President University
  • STMIK Kharisma Karawang
  • Universitas Tarumanegera
  • STMA Trisakti
  • Haktiv8
  • Bina Nusantara
  • Dan lain-lain


Bagi sobat yang sudah berusia lebih dari 21 tahun, sobat dapat mengajukan pinjaman sendiri. Sementara untuk yang masih berumur di bawahnya, harus membawa wali dalam mengajukan pinjaman.


Syarat tambahan yang harus sobat siapkan antara lain adalah bukti penghasilan (bisa milik sendiri/wali), foto identitas diri, identitas wali, dan bukti pembayaran tagihan kursus/biaya kuliah dari kampus.


Pihak Dana Cita akan melakukan verifikasi data diri dan semua syarat-syarat tersebut sebelum memberikan pinjaman. Skema pembayaran dilakukan setiap pulan dengan tenor yang diberikan mulai dari 12 bulan sampai dengan 24 bulan.


Untuk besaran bunga, Dana Cita mematok mulai dari 1 sampai dengan 1,75% per bulan dari jumlah pinjaman. Ada juga biaya tambahan seperti biaya persetujuan sebesar 3% jumlah pinjaman dan juga ada denda sebesar 6% jika mengalami keterlambatan pembayaran cicilan.


3. Pintek


Jasa pinjaman dana pendidikan terjangkau berikutnya adalah Pintek. Pinjaman yang diajukan bisa untuk pembiayaan SD-SMA, Kuliah, dan juga kursus/pelatihan. 


Mirip dengan Dana Cita, Pintek memberi pinjaman hanya untuk institusi yang menjalin kerja sama dengannya. Berikut adalah beberapa institusi yang kerja sama dengan Pintek:

  • LSPR Jakarta
  • UTA’45
  • LP3I
  • Wall Street English
  • Esmod Jakarta
  • Dan lain-lain


Kelebihan yang ada di Pintek adalah suku bunga yang diberikan cukup ringan. Bahkan di beberapa institusi bunga yang diberikan sebesar 0%. Umumnya, bunga yang dipatok oleh pihak Pintek mulai dari 1,5% per bulan dari biaya yang diambil.


Untuk proses pengajuan dapat dilakukan sendiri oleh mahasiswa yang sudah memiliki pendapatan tetap. Syarat lainnya adalah KK, NPWP, KTP, mutasi rekening dalam 3 bulan terakhir, surat izin usaha (jika ada), slip gaji.


Jika semua syarat sudah lengkap, langsung saja sobat ajukan ke pihak Pintek. Pihak Pintek akan melakukan verifikasi kurang lebih 4 hari kerja. Proses verifikasi akan menentukan apakah sobat layak untuk mendapatkan pinjaman atau tidak. 


Dalam mengajukan pinjaman ke Pintek, sobat tidak perlu ragu dan was-was lagi. Hal itu karena Pintek sudah secara resmi terdaftar di Otoriter Jasa Keuangan sehingga dapat kita percaya.


4. BRIguna Pendidikan BRI


Terakhir, sobat dapat mencoba mengajukan pinjaman dana pendidikan terjangkau di Bank BRI melalui program BRIguna Pendidikan. Khusus untuk program ini, pinjaman akan diberikan bagi pelajar S2/S3 yang sudah mempunyai pendapatan tetap. Jadi, pengajuan pinjaman tidak dapat diwakilkan.


Plafon pinjaman yang ditawarkan mulai dari 75 juta rupiah sampai dengan 250 juta rupiah. Sementara itu, buang yang dipatok mulai dari 0,65% sampai dengan 0,72%. Untuk masa tenor, sobat dapat pilih maksimal 10 tahun. Bagaimana? Tertarik sob?


Syarat untuk mengajukan pinjaman pendidikan di BRIguna ini antara lain adalah Kartu Keluarga, SK Pegawai, KTP, surat rekomendasi kampus/perusahaan, slip gaji, dan beberapa syarat kecil lainnya. Oh ya, pinjaman ini juga diberikan hanya kepada universitas yang menjalin kerja sama dengan BRI.


Itulah tadi beberapa rekomendasi pinjaman dana pendidikan terjangkau yang dapat sobat coba. Semoga informasi ini dapat membantu sobat dan orang-orang yang memiliki masalah untuk melanjutkan studi mereka. Well, sampai di sini saja artikel kali ini. jangan lupa untuk kunjungi artikel lain di mistersongga.com. Bye-bye!