9 Fungsi NFC Pada HP Android yang Buat Hidup Lebih Mudah

Teknologi NFC kini mulai diterapkan di berbagai merek smartphone. Tentu hal tersebut dimaksudkan untuk membuat aktivitas kita menjadi semakin mudah. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu tentang fungsi NFC pada HP Android nih sobat.

fungsi-nfc-pada-hp


Secara umum, fitur NFC ini dapat digunakan untuk mengecek sisa saldo dari e-toll. Dengan menggunakan fitur tersebut sobat dapat dengan mudah mengecek saldo e-toll tanpa harus ke atm atau di loket e-toll.


Namun, sebenarnya fungsi dari NFC bukan untuk itu saja. Masih banyak fungsi lain dari fitur tersebut yang bisa sobat manfaatkan untuk kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia


Pengertian NFC Secara Umum


Near Field Communication atau biasa dikenal dengan NFC merupakan teknologi yang dibuat untuk menghubungkan atau menyatukan dua perangkat untuk berkomunikasi.


Penghubungan tersebut dapat dilakukan dengan cara yang mudah yakni cukup menempelkan atau mendekatkan benda yang sudah mendukung fitur tersebut.


Fungsi NFC Pada HP Android



1. Sebagai Penghubung ke Perangkat Lain



Tujuan dari dibuatnya teknologi bernama NFC ini adalah untuk membuat koneksi antar perangkat dapat dilakukan dengan sangat mudah.


Teknologi ini dapat digunakan tanpa harus melakukan pengaturan dan pengoperasian yang ribet. Cukup dengan mendekatkan atau menempel perangkat, koneksi sudah dapat terjadi.


NFC dapat memudahkan sobat untuk menghubungkan smartphone sobat ke perangkat pendukung lain seperti wireless router, speaker Bluetooth, headset Bluetooth, dan juga perangkat yang mendukung NFC lainnya.


2. Sebagai Alat Pembayaran



Fungsi NFC pada HP Android juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran digital. Smartphone atau android yang telah memiliki fitur tersebut dapat melakukan pembayaran dengan cara yang simple yakni cukup dengan menempelkannya. Secara garis besar, fitur ini memiliki cara kerja seperti kartu e-toll hanya saja peranan kartu digantikan oleh smartphone.


Baca juga: 7 Prediksi Perkembangan Kamera HP Pada Masa yang akan Datang


3. Sebagai Alat Mengirim Data



Fungsi NFC pada HP berikutnya adalah sebagai alat untuk melakukan pengiriman data. Samsung merupakan pionir pertama yang menggunakan NFC untuk melakukan pengiriman data.


Pada awal mula perkembangannya, fitur tersebut hanya dapat mengirim kontak. Namun, seiring dengan persaingan smartphone yang semakin ketat, akhirnya fitur tersebut dapat melakukan pengiriman data atau file. 

4. Sebagai Keamanan


Seiring dengan semakin majunya perkembangan teknologi dunia, perkembangan NFC juga mengalami semakin canggih.


Bahkan, saat ini sedang dikembangkan agar fitur tersebut dapat membuka dan mengunci rumah ataupun kendaraan pribadi hanya dengan menggunakan smartphone.


Melihat kemampuan tersebut, fitur NFC mulai dikembangkan untuk sistem keamanan.

5. Memberikan Info Lokasi Tempat


Pada saat pertama kali NFC digunakan, aplikasi "Check In" menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan. Kita dapat melakukan check in Location Based Service cukup dengan melakukan tap di NFC tag yang telah ada di toko. Selain itu, NFC juga dapat memindai tag sehingga kita dapat memperoleh info lokasi tentang toko tersebut.

6. Untuk Membuka Aplikasi Otomatis


Fungsi NFC pada HP android berikutnya adalah dapat membuka menu aplikasi dengan otomatis. Cukup dengan melakukan tap smartphone dengan NFC tag pada piranti tertentu. Sebagai contoh, kita dapat menyalakan music player hanya dengan tap smartphone dengan NFC tag yang ada di samping tempat tidur dan lain sebagainya.

7. Melakukan Task Khusus

Near Field Communication atau NFC ternyata juga dapat melakukan hal-hal khusus. Kita bisa membuat suatu program tag guna mengerjakan suatu tugas yang khusus.


Misalnya, kita ingin membuat pesan kepada teman kita "Selamat Malam". Nah, kita dapat membuat suatu tag khusus yang dapat mengirim pesan itu kepada teman kita dengan tap smartphone ke tag khusus tersebut. Mudah sekali bukan?

8. Menghubungkan Player Game Online


Fungsi NFC berikutnya adalah dapat menghubungkan para player pada saat bermain game online. Namun, untuk mendukung hal ini game online yang dimainkan juga harus mendukung NFC. Jika tidak maka fungsi ini tidak dapat dilakukan sobat. 

9. Mengecek isi saldo di kartu e-toll


Kartu E-toll kini menjadi salah satu hal yang wajib di miliki bagi orang yang memiliki aktivitas sering bepergian ke luar kota. Kartu tersebut nantinya berguna untuk melakukan pembayaran non tunai pada saat memasuki jalan tol. Jadi kita tidak perlu melakukan pembayaran tunai yang merepotkan sobat.

Nah, salah satu kendala ketika menggunakan kartu tersebut mungkin adalah lupa mengisi saldo. Padahal, untuk melihat dan cek saldo E-toll saat ini hanya dapat dilakukan di minimarket dan supermarket sob.

Akan tetapi, kita tidak perlu bingung lagi jika memiliki smartphone yang sudah support NFC. Kita dapat melakukan cek saldo, cek identitas, dan juga mengisi saldo dengan NFC ini sob. Perjalanan kita pun menjadi tenang dan tidak perlu ribet bingung mengisi saldo E-toll lagi.

Fungsi NFC pada HP Android di atas hanyalah beberapa contoh saja. Penelitian dan pengembangan terhadap fitur tersebut hingga saat ini masih terus ditingkatkan.

Tujuannya hanya satu, untuk mempermudah para konsumen smartphone dalam menghadapi kegiatan sehari-hari yang mulai serba digital. Nah, semoga informasi dari Mister Songga di atas dapat menambah pengetahuan sobat info sekalian ya!