Apa Saja Bahaya Menggunakan Fitur Dark Mode Android?

Halo sobat info semuanya. Kembali lagi di blog Mister Songga. Pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang bahaya menggunakan fitur dark mode pada smartphone. Seperti kita ketahui, fitur tersebut merupakan salah satu fitur populer di kalangan pengguna smartphone.

kekurangan-fitur-mode-gelap
(source: pixabay.com)


Secara umum, fitur ini dapat meringankan mata kita pada saat menatap layar smartphone. Selain itu, menggunakan fitur tersebut dinilai mampu membuat tampilan menjadi elegan dan hemat daya. Namun, dibalik itu semua, rupanya terdapat efek negatif dari penggunaan fitur tersebut secara berlebihan.

Apa saja dampak negatif atau bahaya dari penggunaan mode gelap secara berlebihan? Pengen tahu? Langsung saja simak infonya di bawah ini.

Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia


3 Bahaya Menggunakan Fitur Dark Mode


1. Menyulitkan Pengguna dengan Mata Silindris


Mungkin bagi sobat pengguna dengan mata normal, tentu tidak akan mengalami masalah yang berarti pada saat mengaktifkan mode gelap tersebut. Namun, siapa sangka fitur mode gelap tersebut sangat mengganggu bagi orang yang memiliki gangguan mata silindris.

Menurut penelitian, kondisi mata silindris sangat wajar terjadi pada banyak orang. Bahkan, 30% dari populasi penduduk manusia menderita kelainan mata tersebut. Seperti yang kita tahu, kelainan mata ini akan membuat seseorang mengalami gangguan penglihatan baik jarak jauh maupun dekat.

Ha tersebut dapat terjadi karena latar atau background berwarna hitam rupanya dapat menyebabkan iris mata menjadi terbuka dengan lebar di mana hal tersebut membuat mata menerima banyak cahaya.

Hal tersebut, membuat penderita mata silindris kesulitan untuk membaca tulisan yang memiliki latar atau background berwarna gelam. Jika hal ini terus terjadi, dikhawatirkan silindris mata akan semakin memburuk.

2. Membuat Iris Lebih Keras Kerjanya


Membaca tulisan pada background berwarna putih sebenarnya adalah kondisi paling ideal dan jelas untuk seseorang baca.

Warna background tersebut dapat membuat kinerja iris mata menjadi lebih efektif. Background tulisan berwarna putih membuat iris mata tidak perlu melebarkan diri untuk mendapatkan banyak cahaya sehingga pupil tetap menyempit dan membuat kita lebih fokus dalam membaca.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan tulisan yang memiliki warna background gelap. Pada saat membaca dalam mode tersebut, iris mata kita akan membuka lebih lebar untuk mendapatkan cahaya. Melihat hal tersebut, tentu akan ada dampak kurang baik apa bila mata kita terlalu lama melihat mode gelap.

Baca juga: 7 Prediksi Perkembangan Kamera HP Pada Masa yang akan Datang


Dampaknya, iris mata dituntut bekerja lebih keras lagi dari biasanya. Hal tersebut tentu membuat otot mata kita menjadi gampang lelah. Bahaya menggunakan fitur dark mode tersebut juga dapat menimbulkan Halation effect di mana bagian pinggir teks akan bias dengan background. Hal itu tentu akan membuat tulisan menjadi sulit di baca.

3. Sensitif Terhadap Cahaya yang Terang


Fitur mode gelap tersebut mungkin dapat membantu kita, terutama pada saat kondisi kurang cahaya . Dengan begitu kita tetap dapat dengan nyaman mengakses smartphone. Namun, penggunaan dark mode dalam jangka yang cukup panjang nyatanya dapat memberikan dampak negatif.

Bahaya menggunakan fitur dark mode bagi kita salah satunya membuat mata kita menjadi sensitif terhadap cahaya terang. Hal tersebut terjadi karena mata kita telah terbiasa melihat objek dengan tingkat cahaya yang sedikit.

Nah, kebiasaan tersebut membuat kita akan sensitif terhadap sumber cahaya yang terang. Namun, kondisi ini tidak akan sobat alami secara permanen. Mata kita akan kembali pulih seiring dengan mulai kembalinya kita menggunakan layar dengan kecerahan seperti biasanya.

Itulah tadi beberapa dampak atau bahaya menggunakan fitur dark mode pada smartphone kita. Satu hal yang perlu digaris bawahi di sini adalah dampak tersebut hanya akan kita alami pada saat kita menggunakannya secara berlebihan. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memanfaatkan sesuatu salah satunya termasuk menggunakan fitur ini.