Pengertian Bluetooth Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Halo sobat info semuanya. Kali ini Mister Songga akan membahas tentang apa itu Bluetooth dan bagaimana cara kerjanya. Mungkin dari kita sudah tahu dan bahkan sering menggunakan fitur yang satu ini. 

pengertian-bluetooth-adalah
(source: pixabay.com)


Namun, apakah sobat tahu apa itu Bluetooth sebenarnya? Jika ditanya tentang hal tersebut tentu sebagian besar dari kita kurang begitu tahu. Nah, maka dari itu, mimin akan memberikan sedikit info nih tentang teknologi ini.

Baca juga: Pengertian NFC dan Kegunaan Dalam Kehidupan Sehari-hari


Pengertian Bluetooth


Bluetooth merupakan suatu teknologi media komunikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan antar perangkat komunikasi yang telah mendukung teknologi tersebut. 

Pada umumnya, teknologi ini sering disematkan pada perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dan berbagai perangkat lain. Pada mulanya, Bluetooth dihadirkan untuk menjadi solusi transfer file antar satu perangkat dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel.

Bluetooth diciptakan dengan tujuan untuk menggeser peran dari kabel untuk melakukan transmisi data. Teknologi ini telah menggunakan frekuensi berkecepatan 2,4 GHz yang dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data dengan cukup cepat.

Radius jangkauan dari Bluetooth pada umumnya sekitar 10 meter. Jarak tersebut dirasa cukup lebar untuk menghubungkan perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, ataupun komputer. 

Hal yang Bisa Dilakukan Bluetooth


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Bluetooth awalnya ditujukan untuk melakukan transmisi data menggantikan kabel data yang dinilai kurang efisien. Namun, seiring berbagai pengembangan yang dilakukan, kini teknologi tersebut memiliki kemampuan lebih dari itu.

Selain dapat melakukan transfer berbagai macam media seperti foto, audio, dan video, Bluetooth kini juga dapat digunakan untuk melakukan kontrol terhadap perangkat lain seperti keyboard, speaker, mouse, dan perangkat lainnya.

Komponen 


Sebagai suatu teknologi, tentu Bluetooth memiliki komponen-komponen penyusunnya. Apa saja komponen itu? Langsung saja simak infonya di bawah ini.

1. Baseband Ling Controller


Komponen ini memiliki fungsi untuk menghubungkan hardware radio menuju Physical layer dan processing baseband. 

2. Radio Transceiver


Memiliki fungsi mengirim dan menerima sinyal gelombang radio

3. Link Manager


Berfungsi melakukan proses Authentication serta konfigurasi pada perangkat yang terhubung.

Selain beberapa komponen di atas, sebenarnya masih ada komponen lain. Namun, secara umum, komponen di atas merupakan pilar utama dari Bluetooth.


Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia

Cara Kerja Bluetooth


Secara sederhana, cara kerja alat ini adalah dengan memancarkan gelombang radio di frekuensi 2,4 GHz. Nah, setiap perangkat lain yang berada dalam radius jangkauan gelombang tersebut akan mendeteksi pancaran gelombang tersebut. 

Kemudian, setiap gelombang radio yang terdeteksi tersebut akan muncul dalam wujud SSID. Dengan begitu, kita dapat mengetahui perangkat apa saja yang terdeteksi mampu untuk terhubung dengan Bluetooth.

Kelebihan Bluetooth


  1. Mudah digunakan oleh berbagai kalangan
  2. Memungkinkan kita melakukan transfer data tanpa kabel
  3. Mampu menembus benda rintangan seperti tembok, meja, kayu, dan lain sebagainya
  4. Bisa menjadi perantara modem
  5. Bisa melakukan sinkronisasi basis data dari telepon menuju komputer


Kekurangan Bluetooth


  1. Koneksi berupa host to host
  2. Jangkauan terbatas (10 meter)
  3. Frekuensi yang digunakan sama dengan jaringan perangkat lain
  4. Security masih rendah sehingga dapat terjangkit virus dengan mudah


Itulah tadi beberapa ulasan tentang pengertian apa itu Bluetooth dan hal lain yang terkait. Semoga info ini dapat memberikan sedikit pengetahuan kepada para sobat info sekalian.

Well, ini saja artikel kali ini, jangan lupa share kalau artikel ini dapat memberi manfaat bagi orang banyak. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.