Mari Mengenal Pengertian NFC dan Cara Kerjanya

Teknologi NFC memiliki potensi besar di dunia gadget untuk dikembangkan. Beragam manfaatnya mampu membuat para pengguna gadget semakin mudah dalam melakukan tranfer data dan sebagainya. Nah, berikut ini mimin akan bahas tentang pengertian NFC dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari kita sob. Langsung saja cekidot di bawah ini.

pengertian-nfc-dan-cara-kerjanya
(source: commons.wikimedia.org)


Pengertian NFC (Near Field Communication)


Bagi sobat penggemar gadget atau smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi bernama NFC. Teknologi ini dapat kita temui pada produk smartphone khususnya pada kelas mid-range dan premium.

Lalu, sebenarnya apa pengertian NFC? 

NFC memiliki kepanjangan Near Field Communication. Jika diartikan, NFC merupakan suatu alat komunikasi medan jarak dekat. 

Fitur pada teknologi tersebut memerlukan dukungan dari dua perangkat yang kompatibel satu sama lain. Satu perangkat berperan sebagai transmitter dan perangkat satunya sebagai penangkap sinyal.

Pada perangkat pendukung tersebut dibagi lagi menjadi perangkat pasif dan juga perangkat aktif.

Perangkat pasif hanya dapat mengirimkan informasi ke perangkat lain yang mendukung teknologi ini tanpa memerlukan bantuan daya. Contohnya adalah uang elektronik. Pada perangkat ini, tidak diperlukan pengolahan informasi datang dari perangkat lain. 

Sementara itu, perangkat aktif dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data. Contoh dari perangkat NFC aktif ini antara lain adalah smartphone yang punya fitur teknologi near field communication dan juga pembaca kartu pada transportasi yang mendukung pembayaran digital.

Perlu sobat ketahui, smartphone yang memiliki NFC tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran digital saja, tetapi sobat juga dapat menggunakannya untuk mengetahui jumlah saldo dan juga melakukan pengisian uang digital.

Selain melakukan pembayaran digital, NFC pada smartphone juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan smartphone. Sebagai contoh, smartphone NFC dapat terhubung dengan kamera digital. 

Sobat juga dapat menggunakan fitur tersebut untuk “Tiket” menggunakan kendaraan transportasi. Keren sekali bukan?



Baca juga: 4 Fungsi NFC Pada HP Android


Cara Kerja Near Field Communication


Cara kerja dari alat ini sebenarnya sangat mirip dengan kinerja Wi-Fi ataupun Bluetooth yang mengandalkan gelombang radio untuk mengirimkan informasi. 

Teknologi yang digunakan pada fitur ini adalah RFID atau Radio Frequency Identification. Teknologi ini termasuk dalam jenis yang lama dimana masih menggunakan induksi elektromagnetik untuk melakukan pengiriman informasi.

NFC dapat dimanfaatkan sebagai induktor arus elektrik pada komponen pasif untuk melakukan pengiriman data. Komponen pasif tersebut tidak perlu mempunyai daya, melainkan menggunakan medan elektromagnetik yang dihasilkan dari komponen aktif NFC pada saat komponen didekatkan satu sama lain.

Namun, alat ini tidak memiliki kapabilitas untuk melakukan pengisian daya antar komponen perangkat. Akan tetapi, dalam urusan transfer data, NFC memiliki kecepatan yang cukup cepat yakni sekitar 106,212 sampai dengan 424 Kilobyte setiap detiknya. 

Mode Operasi Pada Near Field Communication


NFC secara standar mempunyai tiga jenis mode operasi berbeda. Namun, mode paling sering dipakai adalah peer to peer. Dengan mode ini membuat dua buah perangkat dapat bertukar informasi dengan mudah dan cepat. 

Selain mode peer to peer, terdapat mode lainnya yaitu mode read/write. Sederhananya, mode ini hanya dapat melakukan transmisi data dalam satu arah saja. Biasanya, smartphone akan berperan sebagai komponen aktif dan terhubung dengan perangkat lain.

Mode terakhir adalah Card Emulation. Mode ini merupakan mode yang sering digunakan dalam hal pembayaran digital. Dalam hal ini, NFC akan berperan layaknya kartu kredit yang dapat memudahkan kita dalam urusan pembayaran. 



Di beberapa negara, mode ini sering juga digunakan untuk mengakses transportasi publik. Cukup dengan mendekatkan smartphone ke mesin pembaca, kita telah dapat mengakses transportasi umum di sana.

Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia


Bluetooth Versus Near Field Communication



Meski memiliki kegunaan dalam banyak hal, nyatanya masih banyak dari kita yang belum tahu tentang apa itu NFC. Kenapa semua itu dapat terjadi? Hal tersebut tentu tidak lain karena masih begitu populernya nama Bluetooth di tengah para pengguna smartphone.

Yap, masih banyak orang yang lebih mengenal Bluetooth dari pada NFC. Banyak orang menilai, menggunakan Bluetooth lebih mudah, simpel, dan lebih cepat.

Memang faktanya, dalam hal seperti kecepatan transfer, teknologi near field communication masih tertinggal dari Bluetooth. Selain itu, teknologi ini juga memerlukan jarak yang lebih dekat dibandingkan Bluetooth untuk melakukan transfer data. Umumnya, Bluetooth masih dapat menjangkau jarak hingga 10 meter sedangkan NFC membutuhkan 10 cm.

Baca juga: 7 Prediksi Perkembangan Kamera HP Pada Masa yang akan Datang


Meski begitu, NFC sedikit unggul dalam hal konsumsi daya. Penggunaan alat tersebut dinilai tidak membutuhkan daya sebanyak Bluetooth. Selain itu, NFC memiliki kecepatan koneksi yang sangat baik. Dalam waktu kurang dari 10 detik saja, NFC dapat menghubungkan dua perangkat. 

Hal lain yang membuat NFC kurang mendapatkan respons baik adalah karena proses adopsinya terhambat. Terhambatnya proses adopsi tersebut tentu disebabkan karena sebagian besar smartphone yang beredar di pasar Indonesia belum memiliki fitur tersebut.

NFC kebanyakan digunakan pada smartphone kelas mid-end dan high-end. Sementara untuk kategori mid-end ke bawah sebagian besar tidak memiliki fitur ini.

Itulah tadi beberapa info tentang pengertian NFC dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan NFC. Semoga info ini dapat menambah sedikit wawasan kita tentang perkembangan teknologi smartphone saat ini. Well, sampai di sini saja artikel kali ini, jangan lupa share jika sobat merasa artikel ini dapat memberi manfaat bagi orang lain. Bye-bye.