5 Cara Ampuh Mengatasi Sinyal HP Hilang Pada Android

Halo sobat info, jumpa lagi di blog Mister Songga. Kali ini mimin akan membahas cara mengatasi sinyal HP hilang pada Android. Hal seperti itu hampir pernah di alami oleh para pengguna smartphone. Tentu menyebalkan bukan jika hal tersebut terjadi. 

mengatasi-hilang-sinyal

(source: pixabay.com)


Tenang, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja sobat simak info berikut ini.



Baca juga: 10 Cara Memindahkan Foto dari PC ke iPhone dengan Mudah



Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang pada Android


1. Menggunakan Airplane Mode


Cara pertama untuk mengatasi hilangnya jaringan HP di Android adalah dengan menggunakan Airplane mode. Bagi sebagian orang yang belum tahu, biasanya mengira Airplane mode hanya digunakan saat kita dalam penerbangan pesawat.

Padahal, konsep atau cara kerja dari fitur ini sebenarnya adalah memutus jaringan. Nah, hal tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan refresh jaringan yang kita gunakan pada saat sinyalnya hilang. 

Untuk melakukan refresh jaringan, kita hanya perlu menyalakan Airplane mode sekitar 1-2 menit. Kemudian, kita non-aktifkan lagi fitur tersebut. Secara otomatis, jaringan provider kita akan melakukan refresh sehingga akan lebih kuat lagi jaringan provider yang ditangkap. 

2. Memulai Ulang (Restart) HP


Cara lain untuk memunculkan kembali jaringan yang hilang pada Android adalah dengan melakukan restart HP. Tujuan dilakukannya restart adalah untuk me-refresh jaringan provider HP kita. Caranya cukup mudah. Sobat tinggal pilih mode muat ulang atau restart saja dan tunggu sampai HP kembali menyala.

Jika tidak ada masalah pada hardware HP sobat, maka jaringan akan kembali muncul dengan normal. Namun, jika tindak kunjung muncul juga mungkin terdapat kerusakan pada penangkap jaringan ataupun slot SIM Card milik sobat.

3. Memilih Jaringan Secara Manual


Cara mengatasi sinyal HP hilang di Android berikutnya adalah dengan me-registrasi jaringan provider secara manual. Kita dapat mencari sinyal yang ada di sekitar kita dan kemudian mendaftarkan jaringan. Cara untuk melakukannya cukup mudah seperti berikut ini.

Buka Setting -> Network dan Connections -> Mobile Network -> Pilih Operator (sesuai dengan provider yang sobat gunakan) -> Pilih Otomatis.

4. Cek Slot Kartu SIM


Salah satu penyebab sinyal hilang yang sering terjadi adalah karena kartu SIM tidak terpasang dengan benar. Nah, apabila sinyal HP sobat hilang, ada baiknya untuk mengecek kartu SIM sudah terpasang dengan benar atau belum.

Sobat dapat mencabut kartu SIM dan kemudian memasangnya kembali. Jika sobat memiliki dua slot kartu SIM, sobat dapat memindahkan kartu yang sinyalnya tidak muncul ke slot SIM yang lainnya.

Apabila sinyal tidak muncul, terdapat dua kemungkinan yakni SIM Card rusak atau terdapat kerusakan pada Slot SIM Card HP sobat. 

5. Menggunakan Kode USSD


Cara mengatasi sinyal HP hilang pada Android yang terakhir adalah dengan mengakses kode USSD. Dengan kode USSD tersebut kita akan melakukan perbaikan atau refresh pada jaringan sinyal radio HP kita.

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Memori HP Kecil tanpa Ribet!


Jika HP memancarkan sinyal radio dengan baik maka sinyal yang tertangkap juga akan baik. Berikut ini cara untuk menggunakan kode USSD untuk mengatasi sinyal hilang pada HP.

  • Pertama, buka menu panggilan pada HP sobat
  • Kemudian masukkan kode *#*#4636#*#* 
  • Secara otomatis akan muncul menu tentang informasi telepon
  • Sobat pilih saja informasi telepon pada provider yang sinyalnya hilang
  • Setelah itu, sobat cari bagian Ping Test dan pilih LTE/GSM atau (PRL)
  • Kemudian, pilih sobat tap di bagian turn off radio
  • Jika sudah, restart HP sobat
  • Jika tidak ada masalah hardware, sinyal akan kembali normal


Itulah tadi 5 cara mengatasi sinyal HP hilang pada Android yang dapat sobat coba. Jika cara tersebut masih tidak berhasil, ada kemungkinan HP sobat mengalami kerusakan pada bagian penangkap sinyalnya. Well, sampai di sini saja artikel kali ini. Jangan lupa share artikel ini jika sobat rasa dapat memberi manfaat bagi orang lain.