7 Tips Mengatasi Memori HP Kecil tanpa Ribet

Halo sobat info. Berjumpa lagi di blog Mister Songga. Kali ini, mimin akan memberikan tips mengatasi memori HP kecil agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Kasus ini mungkin terjadi bagi sobat yang masih menggunakan smartphone edisi lama. Nah, bagaimana caranya? Langsung saja simak infonya di bawah ini.

tips-mengatasi-memori-hp-kecil


Tips Mengatasi Memori HP kecil dengan Mudah


1. Backup Data 


Memang masalah utama dari memori HP yang terlalu kecil adalah kita tidak dapat menyimpan semua file data seperti foto, video, ataupun dokumen dalam HP. Nah, untuk mengakali hal tersebut, kalian dapat memanfaatkan aplikasi back up data.

Back up data dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat offline seperti Hard disk, flash disk, komputer, ataupun laptop. Selain itu, kita juga bisa melakukan back up secara online dengan menggunakan platform seperti google drive, drop box, ataupun google photos.

Lakukanlah back up file tersebut secara berkala. Hal tersebut tentu bertujuan agar file dari HP kita dapat terselamatkan dari hal seperti HP hilang, rusak, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Tips Menjaga HP Agar Awet dengan Mudah

2. Mengatur Kualitas Foto, Audio, dan Video ke Paling Kecil


Tips mengatasi memori HP kecil berikutnya adalah dengan melakukan setting kualitas media ke pengaturan low atau paling rendah. Namun, langkah ini tentu akan membuat kualitas foto ataupun video menjadi menurun.

Untuk media gambar atau foto, kualitas dapat diubah menjadi 2 MP saja. Sementara untuk kualitas videonya, pilih kualitasnya menjadi HD saja dan jangan lupa gunakan fps terendah pada pengaturan. Untuk audio, kalian dapat mengubahnya menjadi AAC saja yang hanya memiliki ukuran 1 MP tiap satu menit rekaman.

3. Ganti Kebiasaan Download ke Streaming


Pada beberapa tahun ke belakang, mungkin kita harus mendownload file lagu atau video untuk kemudian kita bisa putar kapan pun kita mau. Namun, bagi smartphone dengan memori HP kecil, tentu lama-kelamaan akan kehabisan ruang penyimpanan.

Nah, untuk mengatasi hal itu kita dapat beralih dari menyimpan file musik atau video platform ke streaming saja. Saat ini telah banyak platform yang menyediakan mode tersebut seperti Youtube, JOOX, dan juga Spotify. Dengan aplikasi tersebut kita dapat langsung memutar musik atau video tanpa harus download terlebih dahulu.

Bayangkan saja jika kalian harus meng-copy puluhan lagu ke smartphone, pasti akan membuat memori internal HP jadi cepat penuh. Asumsikan saja satu lagu memiliki ukuran 5 MB dan terdapat ratusan lagu untuk dipindahkan. Tentu memori penyimpanan akan langsung "teriak" karena terlalu penuh untuk disimpan.

4. Gunakan Aplikasi Penting Saja


Tips mengatasi memori HP kecil berikutnya adalah dengan mengurangi menginstal aplikasi tidak penting. Kalian dapat install aplikasi penting saja. Seperti kita tahu, ukuran file baik game ataupun software aplikasi pada smartphone sangat besar. Untuk HP dengan memori besar tentu bukan menjadi masalah untuk menginstal banyak aplikasi.

Oleh karena itu, pilihlah aplikasi paling penting untuk dipasang di perangkat smartphone. Selain itu, kita juga dapat mengganti aplikasi media sosial di HP dengan versi Lite saja. Hal tersebut karena versi lite memiliki ukuran file lebih kecil dan ringan.

Tenang saja, kini telah banyak aplikasi versi lite di play store. Sebut saja Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite, dan berbagai aplikasi versi lite lainnya.

Selain aplikasi, kalian juga harus lebih bijak dalam menginstall game. Pilih saja game dengan size data dan grafis rendah. Jika terlalu memaksakan tentu memori HP akan cepat penuh.
Baca juga: Cara Cek Nomor HP Sendiri Semua Operator Provider


5. Rajin Bersihkan Cache


Selain karena data aplikasi terlalu besar, memori HP penuh juga bisa disebabkan karena file cache di HP sudah menumpuk hingga berukuran besar. Memang besaran file cache ini tidak langsung muncul dalam ukuran besar. Akan tetapi jika dibiarkan maka file cache tersebut akan memenuhi ruang memori internal HP sobat.

Untuk membersihkan cache, sobat dapat langsung menuju pengaturan aplikasi. Kemudian sobat pilih saja hapus file cache. Lakukan pembersihan file cache ini secara rutin agar kinerja HP sobat dapat lancar meskipun memiliki memori kecil.

6. Gunakan Memori Eksternal


Tips berikutnya untuk mengatasi masalah internal HP yang kecil adalah dengan bantuan memori eksternal seperti micro SD atau SD card. Sobat dapat pindahkan file foto dan video ke memori eksternal sobat. Selain itu, sobat juga dapat atur lokasi penyimpanan foto dan video otomatis ke memori eksternal.

7. Matikan Fitur Auto Download Whatsapp (Jika Sobat Menggunakan Whatsapp)


Cara terakhir untuk mengakali memori internal HP kecil adalah dengan menonaktifkan fitur auto download pada aplikasi Whatsapp. Seperti yang kita tahu, terkadang dalam suatu group Whatsapp ada saja yang melakukan share foto ataupun video. Nah, apabila fitur auto download aktif maka setiap foto dan video tersebut otomatis terdownload dan tersimpan di memori internal.

Jika dibiarkan, tentu lama kelamaan akan membuat memori internal sobat menjadi lebih penuh. Untuk itu, lebih baik sobat menonaktifkan fitur auto download agar memori HP sobat dapat terkontrol.

Itulah tadi cara mengatasi memori HP kecil yang bisa sobat terapkan. Semoga dengan membaca info tersebut sobat dapat menggunakan smartphone dengan lancar meskipun memori internal terbatas. Nah, sampai di sini dulu ya, sampai jumpa di artikel berikutnya. Jangan lupa share jika sobat rasa artikel ini bermanfaat. Bye bye.