5 Inovasi Teknologi Smartphone Terbaru di Dunia

Berbicara soal perkembangan dunia teknologi smartphone sepertinya tidak ada habisnya. Berbagai macam vendor ternama saling berlomba untuk melakukan inovasi pada setiap produk buatannya. Setiap tahunnya, inovasi teknologi smartphone terbaru dikeluarkan untuk menarik perhatian konsumen pengguna gadget.

inovasi-teknologi-smartphone-terbaru


Inovasi tersebut diciptakan tidak lain untuk menambah kepuasan dan semakin mempermudah aktivitas para konsumen. Nah, inovasi apa sajakah itu? Langsung saja simak informasi berikut ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Virtual Reality Terbaik Untuk Android


5 Inovasi Teknologi Smartphone Terbaru


1. Fingerprint di Layar


Inovasi pertama adalah in-display fingerprint. Teknologi ini pertama kali digunakan pada beberapa produk gadget seperti vivo NEX, OPPO R17 Pro, dan berbagai merek handphone lainnya. 

Teknologi ini merupakan teknologi finger print yang diaplikasikan pada bagian screen. Tentu hal ini berbeda dari finger print pada umumnya yang masih terdapat di bagian body bagian belakang. 

Namun, pada inovasi ini masih banyak kekurangan seperti sensor tidak berfungsi maksimal ketika terjadi hal yang tidak beres pada layar smartphone. Tentu kekurangan tersebut akan menjadi evaluasi dari pihak pengembang untuk kemudian mengeluarkan produk penyempurnaannya.

2. Screen Water Drop


Inovasi berikutnya adalah diterapkannya teknologi water drop screen. Pada awalnya, teknologi ini disematkan pada produk ponsel Vivo V11 Pro dan juga OPPO F9. Seakan tersengat dengan hal yang dilakukan kedua vendor tersebut, akhirnya vendor lain mulai memproduksi gadget dengan inovasi fitur screen water drop.

Adanya teknologi water drop ini tentu akan menggeser layar Notch. Kita tunggu saja apakah di tahun depan teknologi ini menjadi concern utama dari para pengembang gadget.

Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia


3. Penambahan Jumlah Kamera Utama 


Inovasi handphone dengan tiga kamera kini mulai digunakan oleh beberapa vendor smartphone dunia. Salah satu contoh vendor yang telah menggunakan teknologi ini adalah Huawei Mate 20 Pro. 

Bahkan, kini telah ada smartphone dengan kamera mencapai 4. Namun, hal tersebut bukan hal yang mengejutkan mengingat para vendor tersebut ingin memfasilitasi para pengguna yang gemar dengan fotografi.

4. Pop Up Camera


Inovasi berikutnya adalah penggunaan pop up camera. Teknologi ini pertama kali diterapkan oleh OPPO dan Vivo. Pop up camera sendiri adalah model kamera yang akan muncul atau ter pop up pada saat akan digunakan. 

Tujuan pop up camera diciptakan tentu untuk meningkatkan rasio layar dan badan gadget dengan ukuran screen besar. Tren ini diperkirakan akan tetap populer hingga beberapa tahun ke depan mengingat antusiasme pasar cukup positif pada teknologi ini.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Sering Diabaikan

5. Chipset Snapdragon 855


Inovasi terakhir adalah inovasi dalam hal daya pacu. Hal tersebut terbukti dari munculnya chipset snapdragon 845 pada smartphone seperti Black Shark, ROG, dan berbagai merek smartphone lainnya.

Belum usai euforia snapdragon 845, para vendor smartphone telah berlomba untuk memproduksi smartphone dengan chipset snapdragon 855 dengan konektivitas 5G.

Vendor yang telah mengusung teknologi tersebut adalah Lenovo dengan produk bernama Lenovo Z5 Pro GT.

Inovasi teknologi smartphone terbaru di atas kini sedang menjadi tren dari berbagai macam vendor smartphone ternama di dunia. Namun, hal yang dijelaskan di atas hanyalah permulaan dari inovasi-inovasi lainnya. Nah, sampai di sini saja informasi kali ini, jangan lupa untuk share artikel ini jika sobat merasa info ini bermanfaat bagi orang banyak. Byee.