7 Tips Menjaga Kualitas HP Agar Tetap Awet dengan Mudah

Pada artikel kali ini, Mister Songga akan memberikan tips menjaga HP agar awet. Kenapa sobat mesti tahu tips ini? Karena banyak sekali kejadian HP yang memiliki merek bagus tetapi cepat rusak. Tentu hal tersebut disebabkan karena faktor si pemilik yang kurang peduli terhadap HP nya.

tips-menjaga-HP-agar-awet
(source: pixabay.com)

Nah, dengan membaca tips ini, mimin berharap HP\ kalian dapat bertahan lama dan masih memiliki nilai jual yang bagus jika suatu saat nanti harus dijual. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini mimin berikan tips menjaga HP agar awet.

7 Tips Menjaga HP Agar Awet


1. Batasi Software



Cara atau tips yang pertama adalah memperhatikan urusan software. Beberapa orang seringkali mengabaikan tentang aplikasi atau software apa saja yang Ia install tanpa memperhatikan kapasitas memori yang tersisa.

Hal itu tentu akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih berat. Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu lama tentu akan membuat handphone mengalami berbagai masalah bahkan sampai rusak. Untuk mengatasi itu, kita dapat memilah aplikasi atau software mana saja yang kiranya sangat penting untuk di install.

2. Menjaga Body 



Tips selanjutnya adalah dengan menjaga bagian body. Untuk melakukannya, kita dapat menjaga body HP dengan menggunakan flip case atau jenis casing lainnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi smartphone dari gesekan, benturan, dan hal lain yang dapat membuat kerusakan pada bagian body.

Selain itu, kita juga jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dengan cara membersihkan body secara rutin. Dengan begitu, handphone kita dapat memiliki kondisi body yang bagus dalam jangka waktu yang cukup lama. 

3. Menjaga Kesehatan Baterai



Tips menjaga HP agar awet berikutnya adalah dengan menjaga kesehatan baterai. Hal yang satu ini mungkin sering diabaikan oleh para pengguna smartphone, padahal baterai merupakan hal yang penting dalam komponen smartphone.

Untuk menjaga kesehatan baterai, kalian jangan membiasakan kondisi baterai berada di bawah 10%. Selain itu, usahakan pada saat proses pengisian daya, sobat tidak menggunakan dulu smartphone tersebut. Tunggu terlebih dahulu hingga baterai penuh.

Apabila kalian nekat untuk menggunakan smartphone pada saat proses pengisian daya maka baterai HP akan menjadi tidak awet. Hal terburuk dari semua itu adalah smartphone dapat meledak pada saat digunakan. Tentu tidak mau kan hal tersebut terjadi?

4. Menjaga Layar



Layar merupakan bagian smartphone yang cukup penting untuk dijaga kondisinya. Hal tersebut mengingat bahwa smartphone saat ini telah menggunakan sistem touch screen pada sistemnya. Oleh karena itu, apabila terjadi kerusakan pada layar tentu akan membuat HP tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Untuk menjaga kondisi layar HP, kita dapat menambahkan anti gores ataupun tempered glass. Meski kebanyakan smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan gorilla glass atau semacamnya, namun memasang tempered glass dapat membuat perlindungan menjadi lebih maksimal.

5. Melindungi Kamera


Pada saat ini, fungsi kamera pada smartphone sudah selayaknya kamera profesional. Hampir semua orang pengguna smartphone sangat suka untuk mengambil gambar menggunakan smartphonenya. Untuk itu, menjaga dan melindungi kamera menjadi hal yang penting agar smartphone dapat awet. 

Kalian dapat menggunakan case cover untuk memberikan perlindungan terutama pada kamera depan. Case tersebut berfungsi melindungi kamera dari goresan ketika keluar masuk kantong dan saku celana kita sob.

6. Menjaga Kualitas Speaker


Tips berikutnya adalah dengan menjaga speaker. Usahakan untuk menghindari meletakkan smartphone di tempat yang mengandung magnet seperti radio dan televisi.

Sementara untuk menjaga kualitas speaker, kita dapat menghindari memutar musik dengan volume maksimal. Aturlah besar volume maksimum 90% atau lebih kecil lagi supaya kualitas dari speaker HP tidak cepat rusak.

7. Melakukan Back Up Data


Tips menjaga HP agar awet yang terakhir adalah rutin melakukan back up data. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada smartphone kita seperti rusak ataupun pada waktu hendak dijual. 

Sobat dapat menyimpan data tersebut di perangkat PC, harddisk atau laptop. Selain itu, kalian bisa juga melakukan back up data melalui platform online seperti google drive dan sejenisnya. 

Itulah tadi cara merawat smartphone agar awet yang mimin dapat berikan. Semoga informasi tersebut dapat membantu sobat untuk menjaga smartphone agar tahan lama. Jangan lupa untuk share artikel ini jika sobat rasa info ini bermanfaat. Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya ya.