7 Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat Dan Tidak Rontok

Bulu merupakan salah satu hal yang menjadi daya tarik pada kucing persia. Bulu lebat nan indah membuat si Persia ini tampak lucu dan menggemaskan. Untuk itu, bagi pemilik persia wajib untuk mengetahui cara merawat bulu kucing persia agar tidak rontok dan rusak.

menjaga-bulu-persia


Sebenarnya, bulu pada Persia bukan hanya sekadar keindahan semata, namun juga memiliki fungsi alamiah baginya. Salah satu fungsinya adalah untuk memberikan kehangatan pada tubuh saat kedinginan. Menarik bukan? Nah, daripada berlama-lama langsung saja sobat simak caranya di bawah ini.

7 Cara Merawat Bulu Kucing Persia Agar Lebat dan Tidak Rontok 


1. Rutin Mandi


Cara merawat bulu kucing yang pertama adalah dengan rutin memandikannya. Meski hal tersebut akan sulit karena Persia tidak suka air, tetapi hal ini harus dilakukan. Dengan memandikannya secara rutin, berbagai macam kotoran dapat terangkat.

Sobat dapat memandikannya paling tidak dua minggu sekali untuk Persia berbulu panjang. Sementara untuk Persia bulu pendek atau medium, kita dapat memandikannya setidaknya satu bulan sekali saja. 

2. Keramas 


Pada saat memandikan si mpus, bukan hanya soal basah terkena air terkena air saja. Perlu juga diberikan shampoo khusus agar bulu menjadi sehat dan lembut. Dalam membasmi kutu tersebut, kalian dapat menggunakan shampoo khusus kutu sob. 

Kalian dapat langsung datang saja ke pet shop terdekat. Jangan lupa sesuaikan jenis shampoo dengan kondisi si mpus sebelum membelinya. Lakukan kegiatan keramas ini secara rutin agar bulu Persia tetap lembut, wangi, dan tidak kusam.

3. Memberi Bedak


Cara merawat bulu kucing berikutnya adalah memberikan taburan bedak ke bulu dan kulitnya. Namun, bedak yang digunakan bukan bedak untuk manusia, melainkan khusus untuk si empus. Bedak khusus ini dapat membuat bulu menjadi lembut, sehat, dan tumbuh dengan lebat. 

Dalam memilih bedak, usahakan untuk menggunakan merek yang terjamin. Jangan gunakan bedak sembarangan apa lagi bedak untuk manusia. Apabila hal tersebut sobat lakukan bukannya tumbuh subur dan sehat tetapi malah membuatnya rontok dan rusak.

4. Rajin Menyisir


Selain memandikan dan memberikan shampoo, hal yang tidak kalah penting adalah menyisirnya. Dalam menyisir, kita dapat menggunakan sisir khusus kucing atau anjing. 

Menyisir Persia dapat membuat bulunya tidak gampang menggumpal serta membuatnya tumbuh lurus dengan sempurna. Sobat dapat menyisir setelah memandikannya. Pada awalnya, mungkin Persia akan terganggu dan risih ketika disisir. Namun, lama-lama Ia akan mulai tenang dan terbiasa dengan hal tersebut. 

5. Membasmi Kutu 


Kutu merupakan salah satu penyebab utama bulu Persia mengalami kerusakan. Untuk membasmi kutu, dapat dikatakan cukup sulit. Hal tersebut karena kita harus membasmi kutu sampai ke telur-telurnya. Jika tidak maka kutu akan terus ada dan berkembang dengan leluasa di kulit si mpus sob.

Dakan nembasmi kutu, sangat dibutuhkan kesabaran karena harus dilakukan secara bertahap agar kutu benar-benar hilang. Kita diharuskan secara rutin memandikan, menyisir, memberikan shampoo, dan juga menggunakan obat kutu. Memang terdengar melelahkan namun hal tersebut wajib dilakukan terutama jika si Persia suka bermain di lingkungan luar rumah.


6. Menyemprotkan Spray


Tidak hanya pada manusia, rupanya parfum atau spray pewangi juga ada yang khusus kucing, lho. Spray ini memiliki fungsi menghindarkan Persia dari bau yang tidak sedap dan juga mampu menjaganya agar tetap harum.

Spray seperti ini dapat diperoleh dengan mudah di pet shop terdekat. Harga dari spray ini menurut mimin masih terjangkau kok sob jadi tidak usah takut kantong jebol.

7. Mengonsumsi Vitamin 


Cara yang terakhir adalah dengan rutin memberikannya vitamin. Jika kucing memiliki tubuh yang sehat otomatis bulu dan kulitnya juga akan sehat. Selain vitamin, pemilik juga dapat memberikannya minyak ikan. Minyak ikan tersebut dapat meningkatkan nafsu makan serta membuatnya terhindar dari kerontokan.

Itulah tadi beberapa cara merawat bulu kucing persia yang bisa sobat coba. Cara di atas ini juga dapat  digunakan atau dipakai pada jenis selain Persia.