Ingin Mobil Awet? Kenali 4 Fungsi Oli Mesin Berikut ini

Berbicara tentang mesin mobil tentu tidak dapat terpisahkan dari oli atau minyak pelumas. Tanpa benda tersebut, mesin dapat mengalami berbagai macam masalah seperti logam saling terbentur dan juga karatan.


Namun, sebenarnya terdapat fungsi lain yang dimiliki oleh oli bagi kendaraan sobat. Apa saja fungsi oli mesin mobil itu? Simak informasinya di bawah ini.


tips-merawat-mesin
(source: pixabay.com)


Fungsi Oli Mesin Mobil



1. Merapatkan Mesin



Fungsi pertama untuk kendaraan kita adalah mampu merapatkan mesin. Hal tersebut membuat tenaga pembakaran pada di kendaraan kita tidak mengalami kebocoran. Dengan begitu tenaga yang dikeluarkan oleh kendaraan sobat dapat menjadi maksimal. 


2. Melumaskan Mesin



Pada saat sobat menyalakan kendaraan kita, minyak pelumas akan menyebar ke berbagai komponen pada mobil. Minyak tersebut akan menciptakan suatu lapisan pelumas di setiap komponen yang dilaluinya.


Peristiwa tersebut dapat membuat kendaraan sobat menjadi lebih awet. Mengapa? Karena mobil kita dapat terhindar dari bahaya aus dan kerusakan akibat adanya gesekan antar komponen. 


3. Menyerap Suhu Panas



Pada saat sobat menyalakan mobil, akan terjadi pembakaran untuk kemudian akan dikonversikan menjadi tenaga. Pada waktu bersamaan, pelumas tersebut akan menyebar di berbagai komponen pada mobil kita.


Pada saat pelumas melalui komponen bersuhu tinggi seperti dinding silinder, piston, ataupun metal, maka suhu panasnya akan terserap. Dengan begitu, suhu menjadi terjaga dan logam mesin terhindar dari aus berlebih.

4. Membersihkan Kotoran 



Fungsi terakhir adalah mampu membersihkan kotoran mengganggu pada mobil. Minyak tersebut dapat mendorong dan membawa kotoran dari sisa pembakaran ataupun sisa gesekan antar logam di bagian permesinan.


Dengan begitu, bagian mobil yang telah dilalui minyak pelumas akan menjadi bersih kembali. Untuk itulah, sebagai pemilik kendaraan kita wajib melakukan penggantian secara rutin. 


Itulah tadi beberapa fungsi oli mesin mobil yang perlu sobat ketahui. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan kita tentang cara merawat kendaraan kita ya sobat. Well, sepertinya sampai di sini saja artikel kali ini, jangan lupa share jika info ini dapat bermanfaat bagi orang lain.