Tips Memilih Oli Mesin Mobil yang Benar

Oli mesin memiliki peran yang penting bagi kendaraan kita. Salah satunya adalah untuk menjaga mesin mobil supaya tidak mengalami benturan satu sama lainnya. Dengan begitu, mesin mobil kita dapat bekerja dengan baik dan mulus. Maka dari itu, kita sebagai pemilik mobil harus teliti dalam memilih oli mesin.

oli-mesin-mobil
(source: pixabay.com)



Terkadang, pada saat kita datang ke service center, montir akan memberikan saran produk yang pas untuk kendaraan roda 4 kita. Namun, kita sebagai pemilik tetap harus memiliki pengetahuan tentang jenis oli agar dapat berfungsi dengan baik di kendaraan kita. Untuk memahami hal tersebut, sobat dapat mengikuti penjelasan berikut ini.



Tips Memilih Oli Mesin



1. Perhatikan Kekentalannya



Tips pertama, kita dapat melihat dari tingkat kekentalan pada oli. Memang, secara umum semua jenis minyak pelumas memiliki kegunaan yang sama. Akan tetapi, tingkat kekentalan atau Viscosity-grade-nya juga harus disesuaikan dengan kendaraan kalian


Tingkat kekentalan produk pelumas yang tidak tepat dapat mengakibatkan perlindungan pada mesin tidak akan berjalan dengan maksimal


2. Mengetahui Jenis Mesin



Hal penting lainnya pada saat memilih oli untuk mobil adalah dengan mengenali sifat dari mesin itu sendiri. Untuk mengetahuinya, sobat dapat mengecek manual book yang didapatkan pada saat membeli mobil. Pada buku tersebut terdapat penjelasan tentang pelumas yang cocok untuk digunakan di kendaraan tersebut.


3. Gunakan Barang/Produk Original



Tips berikutnya adalah pilih produk original untuk kendaraan kesayangan kalian. Hal tersebut karena kini banyak sekali pelumas palsu atau abal-abal yang dijual dengan harga miring di pasaran. Tentu barang dengan kualitas abal-abal tersebut tidak akan mampu melindungi mesin pada mobil dengan maksimal. 


Jadi, lebih baik sobat menggunakan barang original dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan produk abal-abal murahan.




4. Pilih Bahan Sesuai Jenis Mobil




Tips terakhir dalam memilih oli untuk mobil adalah sesuaikan bahan baku oil untuk kendaraan kita. Secara umum, minyak pelumas terbuat dari dua jenis bahan.


Jenis pertama adalah mineral yang tersusun dari hasil ekstrak minyak bumi. Sedangkan jenis lainnya adalah sintetis. Produk jenis sintetis sangat cocok digunakan di mobil pabrikan keluaran terbaru.

Itulah tadi beberapa tips memilih oli mesin untuk mobil kita. Semoga informasi tersebut dapat membantu sobat dalam memilih jenis oli terbaik untuk mesin di kendaraan sobat. Well, sampai di sini saja artikel kali ini, jangan lupa share artikel ini jika dirasa dapat bermanfaat bagi orang lain.