Fakta Menarik Pulau Sebaru yang Dijadikan Lokasi Observasi 188 WNI di Kapal World Dream

Virus Corona kini tengah menjadi salah satu momok menakutkan di dunia. Bahkan, virus ini telah menjangkit ke beberapa negara lainnya. Tidak terkecuali juga dengan 188 WNI yang menjadi awak dan penumpang di kapal pesiar World Dream. Kabarnya, WNI tersebut akan di observasi di pulau Sebaru. Namun, tahukah sobat tentang fakta Pulau Sebaru tersebut?

kapal-pesiar-world-dream



Untuk mengetahui jawabannya, sobat info dapat simak informasi yang telah mimin rangkum di bawah ini. 


Fakta Pulau Sebaru yang Jadi Lokasi Observasi Virus Corona



Observasi 188 WNI yang menjadi kru dan penumpang kapal pesiar World Dream akan dilakukan di pulau Sebaru. Saat ini, para WNI tersebut masih berada di Bintan, Kepulauan Riau. 


Rencananya, para WNI tersebut akan dibawa menggunakan KRI milik TNI AL ke tempat tersebut. Nah, kembali lagi ke pertanyaan, apa saja fakta Pulau Sebaru yang dijadikan lokasi observasi korona tersebut? Simak infonya di bawah ini.


1. Memiliki Keindahan Bawah Laut



Fakta pertama adalah lokasi tersebut diklaim memiliki keindahan bawah laut layaknya Taman Laut Bunaken. Hal tersebut karena di lokasi tersebut biota laut yang ada masih dijaga dengan baik.


Meski dikenal tidak berpenghuni, lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi pelancong yang ingin melihat keindahan bawah laut. 


Ekosistem yang masih terjaga dengan baik membuat kita dapat menemui binatang seperti nemo si ikan badut, penyu, dan juga lobster sob.


2. Terdiri dari Dua Pulau



Pulau Sebaru merupakan pulau yang masuk dalam gugusan Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Faktanya, tempat ini terdiri dari dua pulau yakni Sebaru Kecil dan Sebaru Besar.



Untuk Sebaru Besar diperkirakan memiliki luas kurang lebih 37,7 hektar. Oh iya sob, perlu diketahui bahwa kedua lokasi tersebut merupakan tempat tidak berpenghuni alias tidak terdapat pemukiman di sana.


3. Gempar Penemuan Tengkorak Manusia



Dikenal sebagai pulau yang tidak berpenghuni membuat lokasi ini sangat kental dengan kisah misteri. Biasanya, tempat seperti itu memiliki kisah legenda ataupun urban legend seperti makhluk halus penunggu atau semacamnya.


Namun, jika sobat berharap cerita seperti itu yang muncul, sepertinya salah. Hal itu karena kisah misteri yang terjadi di tempat ini memang nyata adanya dan membuat gempar.


Pada beberapa tahun lalu tepatnya di bulan April 2018, dua orang yang berprofesi sebagai nelayan menemukan tulang tengkorak manusia yang berserakan di sekitar bibir pantai. Penemuan tersebut tentu membuat gempar masyarakat sekitar sana.


Untuk mendalami kejadian tersebut pihak kepolisian membawa barang bukti tulang belulang tersebut untuk dilakukan proses identifikasi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.


4. Direncanakan Menjadi Tempat Rehabilitasi Narkoba



Sebelum dikenal untuk tempat observasi 188 WNI, tempat ini pernah direncanakan untuk dijadikan tempat rehabilitasi Narkoba. Rencana tersebut muncul tepatnya pada bulan maret tahun 2001 silam. Memang telah lama ide tersebut muncul, hingga pada akhirnya kini menguap begitu saja.


Padahal, dalam rencana tersebut akan dibangun berbagai fasilitas seperti pusat sosialisasi dan juga medical center. Namun, ya gini sob. Rencana hanyalah tinggal rencana. 


Itulah tadi beberapa fakta Pulau Sebaru yang dijadikan lokasi observasi WNI dari kapal Pesiar World Dream. Semoga dari hasil observasi tersebut semuanya negatif Corona dan dapat kembali berkumpul bersama keluarga tercinta. Amin.