Apa Pengertian Baliho? Apa Saja Jenisnya? Berikut Ulasan Lengkapnya

Media iklan di tempat umum memiliki berbagai macam jenis. Iklan tersebut biasanya berupa brosur, buletin, majalah, pamflet, dan tidak ketinggalan adalah baliho. Media iklan ini sering digunakan oleh banyak orang ketika sedang menggelar suatu event besar. Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

apa-itu-baliho

Apa Pengertian Baliho?



Kata baliho diambil dari bahasa arab Tabligh yang memiliki makna menyampaikan. Apa yang disampaikan? Tentu saja adalah pesan yang berupa promosi, iklan, ataupun suatu informasi yang bersifat umum.

Dilihat dari arti kata bahasa Indonesia, baliho adalah media atau sarana promosi yang mengandung unsur menyampaikan suatu informasi acara, kegiatan, dan hal lain yang berkaitan dengan masyarakat umum. Baliho juga dapat dimanfaatkan sebagai media iklan bagi suatu produk baru suatu perusahaan.


Populernya penggunaan media iklan seperti ini adalah hasil dari pemanfaatan mesin cetak digital yang kini semakin canggih karena perkembangan teknologi dan pengetahuan di masyarakat. Kemajuan teknologi cetak digital membuat proses pembuatannya dapat menjadi lebih mudah dan hasil yang dibuat memiliki kualitas yang baik.


Apa Saja Ciri-Ciri Baliho?



Meski sama-sama media iklan, tentu terdapat suatu ciri-ciri khusus untuk suatu media iklan dapat disebut sebagai baliho. Nah, apa sajakah ciri-ciri tersebut? Simak informasinya di bawah ini.


  1. Memiliki ukuran yang besar.
  2. Berisi promosi suatu event ataupun produk 
  3. Biasanya dipasang khusus di sepanjang pinggir jalan utama atau jalan besar.


Apa Fungsi Baliho?



Sebagai media iklan masyarakat, tentu fungsi utama dari media iklan ini adalah beriklan. Namun, secara umum terdapat fungsi lainnya yang perlu kita ketahui. Apa sajakah fungsi tersebut? Simak informasinya berikut ini.


Alat promosi produk dan event yang mudah untuk dibuat karena dana yang dibutuhkan tidak begitu banyak


  1. Menginformasikan isi iklan
  2. Menaikan jumlah penjualan produk
  3. Dapat dibuat dengan instant dan cepat
  4. Sebagai media branding dari para pelaku iklan



Berapa Ukuran Baliho?



Bentuk dan ukuran baliho biasanya memiliki variasi yang beragam. Hal tersebut tergantung dengan selera dan strategi pemasaran dari pihak pengiklan. Biasanya, para pengiklan akan mencari formula terbaik agar promosi iklan hanya membutuhkan biaya minimal namun hasil promosinya dapat maksimal.


Selain itu, faktor lokasi juga menjadi salah satu kunci sukses dalam beriklan menggunakan iklan jenis ini. Oleh karena itu, pemasangan titik harus dipikirkan secara matang. Tidak jarang diperlukan konsultasi dan diskusi dengan pihak penyedia jasa agar posisi iklan dapat menyentuh target market yang diharapkan oleh pengiklan.


Bagaimana Proses Pemasangan Baliho?



Baliho merupakan jenis media iklan yang dapat dibongkar dan pasang sesuai dengan keinginan. Namun, proses untuk memasangnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal tersebut karena ukurannya yang besar sangat rentan untuk terdorong oleh angin sehingga bagi orang yang memasangnya harus lebih berhati-hati.


Sementara itu, alat yang biasa digunakan untuk memasangnya antara lain adalah kayu, logam, kain, dan juga fiber glass. Agar proses pemasangannya dapat kuat diperlukan alat-alat seperti itu sobat.


Apa Saja Jenis Baliho?


Reklame Sosial 



Jenis pertama adalah baliho sosial. Baliho ini biasanya berisi informasi ataupun himbauan yang ditujukan untuk masyarakat umum. Informasi tersebut dapat berisi ajakan ataupun informasi untuk membuat masyarakat melakukan suatu hal yang positif.


Baca juga: Mengejutkan! Azis Gagap Putuskan Untuk Vakum dan Berhenti dari OVJ


Reklame Komersial



Jenis berikutnya adalah baliho komersial. Sesuai dengan namanya, tentu baliho ini dipasang dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk. Dengan pemasangan baliho jenis ini para pengiklan berharap masyarakat dapat tertarik dan kemudian membeli produk tersebut.


Itulah tadi berbagai hal yang berkaitan dengan pengertian, jenis, dan fungsi baliho. Menarik sekali bukan? Jika sobat ingin memasang iklan atau himbauan untuk massa dengan skala besar bisa menggunakan jenis iklan ini.