Penting! Ketahuilah Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dan Gejalanya

Cara mengatasi asam lambung naik yang dapat sobat lakukan tentunya ada banyak cara. Namun, sebelum membahas langsung tentang cara mengatasinya, ada baiknya kita mengetahui apa itu asam lambung terlebih dahulu. 

cara-mengatasi-asam-lambung-naik
Secara umum, kenaikan asam biasanya ditandai dengan munculnya rasa panas pada dada hingga tenggorokan. Gangguan kenaikan asam sendiri sebenarnya terdapat dua macam yakni GERD dan juga refluks. Jika diamati, kedua masalah kesehatan tersebut hampir sama, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan di antara keduanya. 


Penyakit meningkatnya asam di lambung yang disebabkan GERD merupakan jenis penyakit kronis. Pada umumnya, GERD dapat kambuh cukup sering dalam seminggu. Untuk mengenal lebih jauh tentang GERD sobat dapat simak informasi berikut ini.

Mengapa Seseorang Bisa Terkena GERD?


Seperti kita diketahui, lambung memiliki fungsi untuk memecah asupan makanan masuk agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita. Untuk mempermudah kinerja tersebut, lambung sengaja mengeluarkan asam.


Namun, jika jumlah asam terlalu berlebih diproduksi oleh lambung maka akan muncul berbagai gangguan seperti adanya refluks asam lambung.


Refluks merupakan aliran balik dari asam lambung yang menuju ke kerongkongan. Sebenarnya, proses tersebut adalah sesuatu yang lumrah terjadi pada sistem pencernaan. Namun, apabila kenaikan asam terlalu sering terjadi maka akan menyebabkan munculnya sensasi terbakar pada bagian dada dan juga tenggorokan.


Hal tersebut menunjukkan pertanda bahwa katup yang berfungsi untuk menahan naiknya asam sudah mengalami penurunan fungsi. Kondisi inilah yang membuat sobat semua menderita penyakit asam lambung. 


Penyakit tersebut bisa disebut GERD jika sobat mengalami kenaikan asam sebanyak lebih dari dua kali dalam satu minggu.

Biasanya, kenaikan tersebut terjadi karena adanya konsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam. Perlu kalian ketahui, GERD dapat terjadi selama sobat tidur dan biasanya dapat berlangsung dalam waktu singkat.


Selain karena faktor makanan, kenaikan asam juga disebabkan karena perut mengalami tekanan seperti pada saat kehamilan, obesitas, ataupun hernia di perut.


Orang yang sering mengonsumsi alkohol, perokok, penderita asma, diabetes dan penyakit jaringan juga memiliki risiko cukup tinggi untuk terserang penyakit ini.

Gejala Apa Saja yang Dialami Oleh Penderita GERD?


Gejala umum pada saat asam mengalami kenaikan adalah munculnya sensasi terbakar atau heartburn.

Heartburn terjadi pada bagian dada disertai dengan rasa nyeri yang menjalar hingga kerongkongan. Pada umumnya, keadaan tersebut terjadi karena mengkonsumsi makanan tertentu.

Gejala lain yang memperlihatkan GERD antara lain sebagai berikut:


  1. Rasa asam pada mulut
  2. Tenggorokan terasa perih
  3. Merasakan makanan seperti naik dan tertahan di kerongkongan
  4. Pada bagian belakang mulut akan terasa asam
  5. Muncul rasa mual ataupun muntah
  6. Perut menjadi kembung
  7. Mengalami kesulitan ketika menelan
  8. Mengalami batuk
  9. Suara menjadi serak
  10. Dada terasa nyeri (lebih parah pada saat tidur di malam hari)
  11. Terjadi cegukan

Apabila sobat merasakan sebagian besar gejala tersebut ada baiknya untuk mencari cara mengatasi asam lambung naik terebut atau segera menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

Sobat dapat menginformasikan detail gejala dan intensitas gejala tersebut terjadi. Hal tersebut dilakukan agar kondisi lambung tidak semakin memburuk.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung yang Mengganggu

Dapatkah GERD Asam Lambung Disembuhkan?


Terjadinya penyakit GERD disebabkan otot cincin lambung yang sudah tidak dapat berfungsi secara normal. Secara medis, tidak ada cara medis untuk membuat kemampuan otot cincin tersebut kembali seperti sedia kala.

Cara mengatasi asam lambung naik terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan dengan cara dan aturan yang benar. Sobat harus serius dan benar-benar disiplin dalam menjaga pola makan dan menghindari makanan atau hal pemicu kambuhnya asam lambung.

Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Min?


Untuk mengatasi atau mencegah terjadinya kenaikan asam di lambung, sobat dapat mulai dulu dari mengatur pola makan yang seimbang dan sehat. Nah, untuk lebih jelasnya sobat dapat simak info di bawah ini.

1. Jangan Ngemil


Cara mengatasi asam lambung naik pertama adalah menghindari ngemil. Kebiasaan ngemil rupanya menjadi salah satu hal pemicu naiknya asam pada lambung. Hal tersebut karena ngemil di antara waktu makan membuat kinerja sistem pencernaan menjadi lebih sulit sehingga waktu lambung untuk mencerna makanan menjadi lebih lama.

2. Makanlah Dengan Teratur


Cara mengatasi asam lambung naik juga dapat dilakukan dengan mengatur makan kita. Mengatur jam makan ternyata menjadi cara mengatasi asam lambung naik yang cukup ampuh.

Untuk itu, tidak ada salahnya bagi sobat dengan memiliki riwayat penyakit asam lambung untuk lebih perhatian dan disiplin lagi terhadap waktu makan kalian.

Sobat dapat berusaha untuk makan pada jam atau waktu yang sama setiap harinya. Jangan sampai juga sobat melewatkan jam makan agar cairan asam pada lambung dapat bekerja dengan normal. 

Sobat juga disarankan untuk tidak makan sebelum tidur. Hal tersebut dikarenakan makan sebelum tidur dapat menyebabkan asam pada lambung dapat naik ke tenggorokan pada saat tidur.

3. Usahakan Makanan Terkunyah dengan Baik


Cara mengatasi asam lambung naik lainnya adalah dengan mengunyah makanan dengan baik. Hal yang satu ini terkadang sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, mengunyah makanan dengan baik merupakan salah satu cara mengatasi asam lambung naik yang cukup baik.

Sebaiknya sobat kunyah makanan hingga benar-benar lembut. Makanan yang telah dikunyah secara lembut membuat kinerja lambung akan lebih ringan dan mudah. Dengan begitu, produksi asam lambung dapat terkendali.

4. Atur Porsi Makanan


Cara mengatasi asam lambung naik berikutnya adalah dengan mengatur jumlah atau porsi makan harian. Sebaiknya sobat mengonsumsi makanan berat dengan porsi yang wajar. Hindari makan dalam porsi yang besar.

Hindarilah makan dalam jumlah yang terlalu besar karena hal tersebut mampu memicu terjadinya refluks pada lambung. Lebih baik sobat makan dalam intensitas yang banyak namun dengan porsi yang lebih kecil dari biasanya.

5. Jangan Minum Terlalu Banyak saat Makan


Cara mengatasi asam lambung naik lainnya adalah dengan menghindari minum air terlalu banyak pada saat sedang makan sob. Hal tersebut ternyata dapat menyebabkan cairan asam di lambung cair dan makanan yang sobat makan menjadi sulit dicerna.

Apa Saja Makanan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung?

Selain melakukan pencegahan kenaikan asam lambung dengan cara di bagian sebelumnya, terdapat juga cara mengatasi asam lambung yang lain sob yakni dengan mengonsumsi makanan.


Makanan apa itu? Tentu makanan yang dimaksud adalah makanan dengan manfaat untuk meringankan asam lambung berlebih. Apa sajakah itu? Berikut informasinya untuk sobat info semuanya.

1. Oatmeal


Oatmeal atau bubur havermut memiliki kandungan gandum yang begitu kaya akan serat. Serat tersebut mampu untuk menyerap asam yang terdapat dalam lambung.

Terserapnya asam lambung oleh serat secara tidak langsung dapat mencegah naiknya isi lambung ke tenggorokan. Konsumsi oatmeal sebaiknya dilakukan pada pagi hari ataupun malam hari. 

2. Pisang


Menurut penelitian, pisang memiliki kandungan asam yang cukup rendah yaitu sekitar pH 4,5 sampai dengan pH 5,2. Dengan tingkat pH sebesar itu, pisang mampu meredam dan meringankan gejala kenaikan asam sob.

Selain pisang, buah lain yang dapat dikonsumsi antara lain adalah apel, pepaya, pir, dan juga melon.

3. Jahe


Jahe rupanya juga mampu menjadi salah satu cara mengatasi asam lambung naik sob. Secara alami, jahe mengandung zat anti-radang yang sangat baik untuk mengatasi masalah pada lambung dan gangguan pencernaan lain. Sobat dapat memberikan tambahan parutan jahe ke dalam minuman teh ataupun masakan sobat.

4. Sayuran Hijau


Berbagai macam sayuran seperti kacang hijau, seledri, bayam, dan sayuran hijau lainnya sangat tepat untuk dikonsumsi orang dengan masalah asam di lambung.

Hal tersebut karena sayuran memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga mampu meringankan Refluks yang terjadi pada lambung sobat.

5. Daging


Mengonsumsi daging (tanpa lemak) merupakan hal yang tepat untuk penderita asam berlebih di lambung. Sobat dapat mengolah daging tersebut dengan cara dikukus, bakar, ataupun panggang.

Usahakan untuk menghindari konsumsi daging dengan cara digoreng karena dapat membuat refluks menjadi lebih parah. 


Apa Makanan Penyebab Asam Lambung Naik?

Setelah dibahas tentang makanan dan cara mengatasi asam lambung naik di bagian sebelumnya, kini mimin akan memberikan info tentang makanan yang dapat memicu naiknya asam di lambung.

Untuk itu, bagi sobat yang menderita masalah lambung sebaiknya menghindari jenis makanan berikut ini.

1. Soda


Pada umumnya, minuman bersoda dikenal dapat membuat perut menjadi kembung. Tentu hal tersebut dapat membuat asam pada lambung kita mengalami kenaikan. Selain itu, soda juga memiliki kandungan kafein yang dapat memicu pertambahan asam di lambung.  

Apabila sobat nekat untuk tetap mengonsumsi minuman tersebut, sobat harus bersiap untuk mengalami panas pada lambung, mual, dan juga mulas. Untuk itu, apabila kalian adalah penderita gangguan lambung ada baiknya menghindari minuman yang satu ini.

2. Cokelat 


Makanan yang harus dihindari berikutnya adalah cokelat. Mungkin bagi sebagian orang, cokelat merupakan makanan yang mampu membuat rileks dan bahagia pikiran.

Namun, bagi sobat yang memiliki riwayat penyakit lambung khususnya berkaitan dengan asam di lambung, ada baiknya menghindari makanan yang satu ini. Hal tersebut karena pada cokelat terkandung kafein dan stimulan yang membuat otot cincin lambung menjadi lemas.

Oleh karena itu, menghindari memakan cokelat juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi asam lambung naik sob.

3. Gorengan / Makanan Goreng


Gorengan merupakan makanan yang hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukainya. Tetapi, bagi sobat penderita sakit lambung sebaiknya berfikir dua kali untuk menyantap makanan tersebut. Hal tersebut karena, makanan yang digoreng atau gorengan dapat memicu terjadinya Refluks pada lambung.

Selain dapat menyebabkan gangguan pada lambung, makanan yang digoreng memiliki kandungan kolesterol jahat yang tidak baik pada tubuh. Untuk itu, bagi sobat dengan riwayat sakit lambung lebih baik menghindarinya.

4. Susu (Lemak Tinggi) 


Susu dengan kandungan lemak yang tinggi ternyata dapat membuat terjadinya Refluks pada lambung. Selain susu, makanan yang berlemak tinggi seperti mentega atau keju juga sebaiknya dihindari.

Sebagai alternatifnya sobat dapat mengonsumsi olahan susu yang memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Cara mengatasi asam lambung naik ini dapat sukses tergantung dari kedisiplinan kalian sob. 

5. Minum Alkohol


Hampir sama dengan minuman soda, minuman berakohol tentu menjadi salah satu makanan atau minuman yang harus dihindari. Alkohol dinilai dapat membuat katup yang berada di bawah esofagus menjadi rileks sehingga dapat menimbulkan refluks pada lambung.

6. Kafein atau Kopi


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, zat kafein dapat memicu terjadinya refluks pada lambung. Zat kafein tentu terdapat banyak sekali pada kopi. Untuk itu, sangat dianjurkan bagi orang dengan gangguan lambung untuk menghindari minuman tersebut.

Selain pada kopi, zat kafein juga sobat dapat temukan pada minuman lain seperti teh. Nah, bagi sobat yang tetap ingin dapat meminum teh dapat mencoba untuk beralih ke teh herbal yang tidak mengandung kafein yang tinggi.

7. Daging Berlemak Tinggi


Jika tadi daging tanpa lemak cocok untuk penderita gangguan lambung, maka lain halnya untuk daging berlemak tinggi. Seperti yang diketahui, daging dengan kandungan lemak yang tinggi memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh secara sempurna.

Hal tersebut tentu membuat lambung merespons dengan mengeluarkan asam dalam jumlah yang berlebih. Untuk mengakali hal ini, sobat dapat membuang bagian lemak pada daging sebelum dikonsumsi. Selain itu, sobat disarankan untuk mengonsumsi daging maksimal seminggu sekali saja.

8. Citrus

Makanan lain yang harus dihindari adalah dari keluarga citrus. Buah-buahan yang mengandung citrus seperti lemon, jeruk nipis, jeruk bali dan buah citrus lainnya disarankan lebih baik tidak kalian konsumsi.

Menurut penelitian, dengan membatasi diri dari mengonsumsi makanan dengan keasaman tinggi dapat meredakan Refluks yang terjadi diakibatkan oleh kenaikan asam ke tenggorokan.

9. Tomat


Apabila lambung sobat sedang bermasalah, ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi tomat. Hal tersebut karena tomat memiliki kandungan asam malat dan sitrat yang mampu membuat asam mengalami kenaikan.

Mengonsumsi tomat dalam jumlah besar akan membuat asam naik dan mengalir hingga ke kerongkongan. Jadi, salah satu cara mengatasi kenaikan asam pada lambung adalah dengan mengurangi atau menghindari konsumsi tomat dalam jumlah besar.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Sariawan di Lidah dengan Mudah dan Alami

Cara mengatasi asam lambung naik di atas mungkin tidak mampu menyembuhkan 100%. Namun, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan dan mengurangi dampak penyakit tersebut. Oke sobat?