Inilah Daftar 11 Manfaat Berjemur Sinar Matahari di Pagi Hari

Banyak yang tidak mengetahui bahwa sinar matahari pagi memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari adalah mampu meningkatkan imunitas tubuh kita. Dengan begitu, tubuh akan menjadi kuat terhadap terpaan berbagai macam penyakit sob.

manfaat-berjemur-pagi-hari



Selain meningkatkan imunitas, masih terdapat manfaat lain dari sinar matahari. Apa sajakah manfaat tersebut? Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini.


Apa Saja Manfaat Berjemur Sinar Matahari di Pagi Hari Itu?



1. Menyehatkan Tulang 



Manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang kita. Mungkin telah banyak yang tahu bahwa sinar matahari pagi mengandung vitamin D. Oleh karena itu, tulang dapat menjadi kuat karena vitamin D mampu merangsang fosfor dan juga kalsium.


Tidak hanya dalam hal kekuatan, berjemur di sinar matahari pagi juga mampu menjaga kepadatan tulang manusia berkat peranan dari vitamin D3. Vitamin D3 tersebut terbentuk pada saat proses sinar matahari mengenai kulit kita.


Apabila seseorang memiliki vitamin D3 dalam jumlah besar di dalam peredaran darah maka akan membuat orang tersebut memiliki risiko mengalami patah tulang yang lebih kecil dibandingkan yang memilikinya dalam jumlah sedikit.


Maka tidak mengherankan jika kita sering melihat banyak orang yang menjemur bayi atau berjemur sendiri di saat pagi hari.


2. Menjaga Tekanan Darah



Bagi sobat yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya mulai mencoba untuk berjemur pada pagi hari. Hal tersebut karena dengan berjemur pada pagi hari dipercaya mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.


Hal tersebut semakin diperkuat dengan hasil penelitian dari University of Edinburgh yang mengatakan bahwa setelah sinar matahari sampai ke kulit, terdapat pelepasan senyawa nitric oxide ke pembuluh darah kita. Nah, senyawa tersebut memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah kita.


Adanya hasil penelitian tersebut tentu menjadi sebuah hal yang sangat penting mengingat banyak orang hanya tahu bahwa sinar matahari hanya mengandung vitamin D saja. Hmm, menarik sekali bukan sob, ibaratnya sekali mendayung dua tiga pulau terlewati. Hehehe


3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke



Hasil penelitian mengejutkan lainnya datang dari dosen senior dermatologi bernama Richard Weller. Beliau mengatakan bahwa berjemur cahaya matahari tidak hanya memberikan dampak positif dalam sisi kesehatan saja melainkan juga “memperpanjang usia” seseorang.


Hal tersebut sejalan dengan manfaat sebelumnya sob yakni menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang terjaga tentu membuat risiko seseorang mengalami stroke dan serangan jantung menjadi lebih kecil. Itulah maksud dari “memperpanjang usia” dalam hal ini sob.


4. Meningkatkan Kinerja dan Fungsi Otak 



Berjemur dapat meningkatkan fungsi otak? Apa benar begitu? Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan saraf University of Cambridge bernama David Llewellyn, fungsi kognitif atau kinerja otak akan menurun pada saat seseorang memiliki tingkat vitamin D yang rendah.


Hasil tersebut muncul setelah Beliau melakukan penilaian kepada 1700 wanita dan pria dengan rataan usia 65 tahun di Inggris. Dari situlah ditemukan bahwa vitamin D memiliki peranan dalam fungsi kognitif pada otak manusia.


Selain itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa cahaya matahari mampu mendorong pertumbuhan sel saraf pada hippocampus. Perlu kalian ketahui, hippocampus adalah salah satu bagian otak yang memiliki peran dalam mengatur, menyimpan, dan membentuk memori.

Oleh karena itu manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari untuk meningkatkan kinerja otak bukanlah isapan jempol belaka sobat.


5. Meringankan Depresi



Manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari yang kelima adalah mampu meringankan dan menghilangkan depresi level ringan sob. 


Bagaimana bisa?


Tentu bisa, hal tersebut karena seseorang yang kurang sinar matahari akan mengalami gangguan bernama Seasonal Affective Disorder atau SAD. 


Apa itu SAD?


SAD merupakan kondisi depresi yang umum dialami oleh seseorang ketika memasuki musim dingin. Gangguan tersebut juga sering menimpa orang yang banyak berada di gedung atau perkantoran karena kurangnya paparan sinar matahari pagi.


Nah, dengan berjemur pagi, masalah tersebut dapat diatasi. Hal tersebut karena berjemur mampu untuk meningkatkan anti depresan alami sob. Dengan begitu, depresi tingkat ringan dapat menjadi lebih ringan bahkan hilang.


6. Meningkatkan Kualitas Tidur



Manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari berikutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur kita sob. Loh, kok bisa min? Ya bisa dong. Hal tersebut dapat terjadi karena pada saat cahaya sampai ke mata, membuat kelenjar pineal yang memproduksi melatonin akan dihentikan sampai malam tiba.


Oh iya, melatonin merupakan hormon yang dapat membuat kita tidur atau mengantuk sob. Jadi, cahaya matahari akan membuat hormon tersebut kembali diproduksi ketika malam tiba. Dengan begitu, kita jadi mudah untuk tidur deh.


7. Membantu Penderita Alzheimer



Manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari lainnya adalah mampu untuk membantu meringankan gejala penyakit Alzheimer. Para penderita penyakit tersebut akan memiliki mental lebih baik apabila secara rutin menerima paparan cahaya matahari mulai dari jam 9 pagi sampai 6 malam.


Fakta tersebut juga didukung oleh hasil penelitian yang terbit dalam Journal of American Medical Association. Pada penelitian tersebut dikatakan bahwa penderita Alzheimer dengan paparan sinar terang akan mengurangi susah tidur malam hari, gejala depresi berkurang, dan agitasi lebih sedikit.


8. Menurunkan Risiko Terkena Kanker



Manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari rupanya juga dipercaya mampu menurunkan risiko terkena jenis penyakit kanker tertentu. Seperti yang kita tahu, orang kekurangan vitamin D akan memiliki potensi terkena kanker usus besar dan payudara lebih besar.


Namun, dengan rutin menjemur tubuh di sinar matahari pagi akan membuat risiko tersebut menjadi lebih kecil. Hal tersebut semakin diperkuat dengan fakta bahwa suplementasi vitamin D mampu mengurangi risiko berbagai macam kanker sampai dengan 60%.


9. Baik Untuk Pertumbuhan Anak



Apakah sobat pernah melihat banyak ibu-ibu membawa bayi atau anak mereka keluar rumah pada pagi hari? Tentu sering bukan. Tapi jangan salah sangka. Hal tersebut dilakukan bukan hanya mengajak anak jalan-jalan tetapi juga untuk mencari manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari sob.


Mengapa begitu? 


Hal tersebut karena pada beberapa bulan awal kehidupan bayi, cahaya matahari pagi menjadi salah satu elemen penting terkait dengan pertumbuhannya kelak. Dengan paparan sinar mentari pagi yang cukup maka anak dapat tumbuh dengan baik dan memiliki tulang yang kuat.


10. Membantu Mengobati Kelainan Kulit Tertentu



Manfaat berjemur di waktu pagi hari berikutnya adalah mampu membantu untuk menyembuhkan kelainan kulit tertentu. Kelainan seperti psoriasis, eksim, jerawat, jamur, dan penyakit kuning dapat disembuhkan dengan cahaya matahari pagi.


Namun, dalam melakukan terapi dengan cahaya matahari pagi tetap harus dilakukan dengan pengawasan dan pertimbangan medis sob. Hal tersebut agar efek negatif dari radiasi sinar UV tidak terlalu besar.


11. Meningkatkan Imunitas Tubuh



Terakhir, manfaat berjemur pada pagi hari adalah untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Paparan cahaya matahari dipercaya mampu untuk menekan imun yang dinilai terlalu aktif.


Hal lain yang terjadi saat kulit terkena cahaya matahari pagi adalah sel darah putih akan meningkat jumlahnya. Dengan begitu, darah putih dapat berperang melawan penyakit dan infeksi tubuh dengan lebih baik lagi. 


Kapan Waktu Tepat Untuk Mendapatkan Manfaat Berjemur Sinar Matahari di Pagi Hari ?



Dari pembahasan sebelumnya berulang kali mimin tegaskan tentang manfaat dari berjemur pada pagi hari. Namun, sebenarnya jam berapa sih waktu yang baik untuk berjemur?


Menurut beberapa informasi dari para ahli gizi, waktu paling baik untuk berjemur adalah pada jam 10 pagi. Kenapa? Karena pada saat tersebut sudah terdapat sinar Ultraviolet B di dalam partikel cahaya matahari.


Itulah beberapa manfaat berjemur sinar matahari di pagi hari dan tentang waktu yang baik untuk melakukannya yang dapat mimin sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat info semuanya. Keep healthy sob and see ya!