Kenali Apa itu Jingling dan Cara Mengatasi Jingling Berikut Ini!

Apa itu jingling? Dan apakah itu berbahaya untuk blog atau website kita? Jika berbahaya, lalu bagaimana cara mengatasi jingling itu? Well, mungkin itu pertanyaan yang seringkali dilontarkan oleh para blogger baru ataupun yang sudah lama. Oke, berikut ini mimin akan memberikan sedikit ulasan mengenai hal tersebut. Cekidot!

cara-mengatasi-jingling


Apa itu Jingling?


Mengetahui tentang jingling menjadi salah satu hal penting bagi para blogger. Jingling sendiri merupakan software atau alat yang mempunyai fungsi untuk menghadirkan banyak pengunjung di blog/website dengan sangat mudah.


Loh, banyak visitor bukannya bagus min? Ya memang bagus, tetapi kalau yang menjadi visitor bukan pengguna asli tentunya sangat berbahaya bagi blog kita apa lagi yang sudah terhubung dengan Google Adsense. 


Yap, benar. Pengunjung yang dihadirkan dari jingling bukanlah pengunjung real ataupun organik melainkan bot. Alhasil, meski secara statistik pengunjung kita banyak tetapi terdapat dampak kurang baik yang akan diterima blog kita. 


Untuk itu, kita sebagai blogger paling tidak harus tahu apa itu jingling dan bagaimana cara mencegah jingling itu sendiri. Dengan memahami hal tersebut kita dapat menjaga blog kita dari gangguan tangan jahil orang tidak bertanggung jawab.


Apa Saja Dampak Jingling bagi Blogger?


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, auto visitor/jingling memiliki dampak kurang bagus untuk blog. Berikut ini dampak-dampak negatif yang diberikannya.


1. Menurunkan Kemampuan Menulis Artikel


Tentu sobat setuju jika dalam membuat artikel dibutuhkan kreativitas dalam proses pembuatannya. Dan kreativitas itu dapat muncul jika kita sudah sering dan terbiasa untuk membuat artikel sendiri. Dengan begitu, kualitas artikel akan meningkat dan visitor pun pasti akan mulai berdatangan membaca tulisan kita.


Namun, dengan menggunakan jingling pada blog sendiri, kita tidak perlu repot-repot memperhatikan SEO atau semacamnya untuk mendapat visitor. Hal itu pastinya akan membuat kita tidak lagi peduli dengan kualitas tulisan. Jika terus dibiarkan, seperti ibarat pisau yang lama tak digunakan pasti akan tumpul juga kemampuan menulis kita sob.


2. Berbohong Pada Diri Sendiri


Yap, menggunakan jingling untuk mendapatkan visitor ibarat kata seperti membohongi diri sendiri. Blog seolah-olah memiliki pengunjung yang begitu banyak tetapi kenyataannya semua itu hanyalah bot saja. Mungkin dalam sesaat sobat merasa wah dengan statistik kunjungan yang banyak. Namun apa artinya jika hanyalah bot saja?


Dengan membohongi diri sendiri seperti ini, lama-kelamaan pasti akan menimbulkan dampak psikologis yang kurang baik untuk sobat. Ditambah lagi kemampuan menulis juga akan menurun. Sobat tidak mau bukan jika hal ini sampai terjadi?


3. Blog Terkena Banned Google karena Spamming


Dampak negatif jingling blog sendiri yang terakhir adalah blog kita dapat terkena ban dari pihak Google. Melakukan jingling secara terus menerus dapat membuat kita dianggap melakukan spamming. Pihak Google tentu tidak menyukai hal tersebut karena dinilai dapat merugikan. Hal terburuknya, blog dapat terkena ban jika proses spamming dilakukan secara terus menerus sob.


Bagaimana Cara Mengatasi Jingling yang Dilakukan Orang Lain?


Tidak selalu jingling dilakukan oleh seseorang ke blog sendiri. Ada juga orang iseng yang tidak bertanggung jawab melakukan jingling ke blog orang lain. Banyak sekali alasan yang mendasari hal tersebut seperti iseng, iri, dan lain sebagainya. 


Lalu? Apakah hal tersebut berbahaya? 


Jawabannya iya. Apalagi jika sobat sudah menjalin kerja sama dengan Google Adsense. Akan terdapat banyak sekali traffic yang dianggap tidak valid oleh pihak Google. Jika hal itu tidak segera di atasi, tentu dapat merugikan blog kita sob. Paling parah, seperti yang mimin bilang tadi, blog kita bisa-bisa terkena ban permanen. Kesal bukan?


Nah, untuk menghindari hal semacam itu terjadi di blog kita, ada baiknya sobat simak bagaimana cara mengatasi jingling berikut ini. Cekidot!


Cara Mengatasi Jingling pada Blogger


  1. Pertama, sobat buka browser kalian dan langsung saja login masuk ke akun blogger. Ini merupakan langkah awal untuk membuat pertahanan dalam melawan tangan-tangan usil yang tidak bertanggung jawab di luar sana. 
  2. Berikutnya, kita akan masuk ke halaman dashboard blogger. Di tahap selanjutnya dalam apa itu jingling dan cara mengatasinya, sobat dapat langsung menuju ke menu pengaturan.
  3. Setelah itu, lakukan perubahan preferensi penelusuran. Salah satunya adalah dengan membuat sedikit perubahan pada robot txt kita. Di sini kita akan memberikan instruksi pada robot txt untuk melindungi blog dari auto visitor.
  4. Pilih menu crawlers dan indexing di menu pengaturan blogger. 
  5. Selanjutnya, sobat aktifkan toggle “enable custom robot.txt”
  6. Kemudian, copy kode berikut ini dan paste di kolom robot txt di bawah ini
  7. User-agent: Mediapartners-GoogleDisallow:User-agent: GooglebotAllow: /Disallow: /searchUser-agent: *Disallow: /Sitemap: ciscotutorialballs.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
  8. Selesai, robot sudah diaktifkan. Dengan begitu paling tidak blog kita dapat terlindungi dari jingling.


Kesimpulan


Berdasarkan penjelasan tentang apa itu jingling dan bagaimana cara mengatasi jingling di atas, dapat kita pahami bahwa jingling itu tidak ada manfaatnya sama sekali kecuali sobat punya niat jahat pada orang lain. Pastinya tidak kan? Hehe


Selain itu, dengan tidak menggunakan auto visitor kita dapat meningkatkan kemampuan berpikir terutama dalam membuat artikel dengan kualitas yang baik. Jika artikel kita berkualitas pasti pengunjung blog pun lama kelamaan akan semakin banyak. Apalagi artikel yang kita buat dapat memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain.


Sobat dapat belajar tentang menulis artikel dan meningkatkan pengunjung dari berbagai macam sumber seperti YouTube ataupun jejaring sosial lainnya. Manfaatkan itu semua dan carilah ilmu yang sebanyak-banyaknya. Gunakanlah itu sebagai senjata dari blog kita untuk mendatangkan visitor. So pasti kita sebagai blogger akan tenang dalam berkarya tanpa dibayangi oleh ban dari Google.


So sekali lagi mimin ingatkan, jangan sekali-kali berpikiran untuk menggunakan jingling ini ke blog sendiri maupun orang lain. Terlalu banyak keburukan yang ada padanya sob. Carilah visitor yang fair dan terus berlomba-lomba untuk menciptakan artikel berkualitas yang bermanfaat bagi para pengunjung blog kita. Oke sobat?


Well, sepertinya itu saja yang dapat mimin sampaikan terkait dengan apa itu jingling dan cara mengatasi jingling. Mungkin informasi ini tergolong masih minim tetapi mimin harap dapat berguna bagi sobat blogger semuanya. 


Jangan lupa untuk share informasi ini jika sobat rasa dapat bermanfaat bagi orang banyak. Dan kunjungi juga artikel-artikel menarik lainnya yang ada di blog mistersongga.com ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya sobat info. See ya!