3 Fungsi OTG dan Bagaimana Menggunakannya

Halo sobat info. Kali ini blog Mister Songga akan memberikan sedikit info tentang USB On-The-Go (OTG). Mungkin sebagian besar dari kita masih banyak yang jarang menggunakan teknologi ini. Bahkan, mungkin ada juga yang belum tahu tentang teknologi ini.

apa-itu-otg





Baca juga: Apa itu Artificial Intelligence ? dan Bagaimana Cara Kerjanya?


Apa Itu USB OTG?


USB on-the-go atau biasa disebut OTG ini merupakan suatu teknologi yang memungkinkan untuk menghubungkan antar perangkat smartphone. 


Pada umumnya, kita selama ini mengira smartphone hanya dapat dihubungkan dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB saja. Nah, dengan menggunakan teknologi ini, kita juga dapat menghubungkan satu perangkat satu sama lain.


Tidak sampai di situ saja, kita juga dapat menghubungkan perangkat atau hardware lain seperti mouse, keyboard, media penyimpan seperti flashdisk atau harddisk, dan juga alat musik elektronik langsung ke smartphone kita.

Bagaimana USB OTG Digunakan?


Hal yang perlu sobat perhatikan sebelum menggunakan OTG ini adalah tidak semua perangkat smartphone telah mendukung teknologi ini. Untuk itu, sebelum sobat menggunakannya, sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah smartphone sobat telah mendukung teknologi ini.


Selain itu, untuk menggunakan OTG dibutuhkan suatu konektor yang harus sesuai dengan perangkat smartphone milik kalian. Jika semua itu telah diakukan, selanjutnya kalian dapat menggunakan menghubungkan perangkat smartphone ke hardware lain seperti flashdisk, harddisk, mouse, keyboard, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Bluetooth Beserta Kelebihan dan Kekurangannya


Apa Saja Fungsi USB OTG?


1. Menggunakan Keyboard


Teknologi ini dapat kalian gunakan untuk menggunakan keyboard di smartphone sobat. Hal tersebut tentu akan sangat membantu pada saat smartphone yang sobat miliki mengalami kerusakan pada bagian touchscreen.


Selain terhubung dengan keyboard, USB OTG juga memungkinkan perangkat smartphone kita terhubung dengan mouse. Pada saat terhubung, pada layar smartphone kita akan muncul kursor dari mouse yang telah kita hubungkan sebelumnya.

2. Memakai Game Controller


Menggunakan USB On-The-Go juga dapat membuat smartphone kita menggunakan perangkat game controller. Tentu bermain game di perangkat smartphone akan lebih seru dan mudah dengan menggunakan game controller.

3. Transfer Data ke Memori Eksternal


Teknologi On-The-Go juga dapat kita gunakan untuk memindahkan data dari smartphone ke perangkat memori eksternal seperti harddisk dan juga flashdisk. Dalam melakukan transfer data dengan OTG, sobat tidak perlu repot harus transfer data ke komputer.


Kita dapat langsung menghubungkan Smartphone dengan perangkat memori eksternal tersebut secara langsung menggunakan USB OTG. Hal yang perlu sobat perhatikan adalah tidak semua smartphone dapat membaca berbagai macam jenis harddisk dan flashdisk.


Baca juga: Pengertian NFC dan Kegunaan Dalam Kehidupan Sehari-hari


Semua itu tergantung pada smartphone sobat apakah telah mendukung untuk terhubung dengan perangkat tersebut atau belum. Untuk smartphone keluaran terbaru mungkin tidak begitu menemukan masalah, namun untuk smartphone lama mungkin tidak dapat mendetect semua jenis flashdisk dan harddisk.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi OTG Tidak terdeteksi di Android


Itulah tadi beberapa hal tentang apa itu USB OTG dan hal lain yang berkaitan dengannya. Semoga dengan sedikit info ini kita menjadi lebih tahu lagi tentang apa itu OTG. Well, sampai di sini saja artikel kali ini. Jangan lupa share artikel ini jika sobat merasa info ini dapat bermanfaat bagi banyak orang.